Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EDITOR LINUX. MATERI  Vi  Joe  Pico PENDAHULUAN  Editor merupakan aplikasi dasar yang sangat kita butuhkan. Seperti juga pada lingkungan Microsoft.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EDITOR LINUX. MATERI  Vi  Joe  Pico PENDAHULUAN  Editor merupakan aplikasi dasar yang sangat kita butuhkan. Seperti juga pada lingkungan Microsoft."— Transcript presentasi:

1 EDITOR LINUX

2 MATERI  Vi  Joe  Pico

3 PENDAHULUAN  Editor merupakan aplikasi dasar yang sangat kita butuhkan. Seperti juga pada lingkungan Microsoft Windows, dimana kita dapat menggunakan editor Miscrosoft Word.  Untuk lingkungan Linux maupun semua varian UNIX terdapat editor file yang dinamakan vi atau vim (vi improved with syntax color highlighting).  Selain vi terdapat program editor lain yang lebih mudah pemakaiannya serperti pico, joe, jove, mc (midnight commander), dll. Pada tulisan ini, akan dikenalkan bagaimana menggunakan editor vi, joe, pico dan mc.

4 EDITOR vi  Vi merupakan editor yang paling terkenal di lingkungan UNIX. Vi ialah kepanjangan dari "Visual" editor.  Sedangkan Vim merupakan pengembangan dari editor vi yang mempunyai keunggulan dalam penggunaan warna. Vim mendukung penggunaan warna untuk menandakan kode program dan juga penanda teks seperti penggunaan huruf normal, tebal maupun cetak miring. Untuk menjalan perintah vi, kita gunakan sintaks sbb : vi

5 Cont’d Status vi  Editor vi mempunyai 3 mode, yaitu : command mode, untuk menggunakannya tekan ESC terlebih dahulu. input mode, dengan mengetikkan perintah-perintah yang spesifik, seperti a I o 0 dan diakhiri dengan ESC atau dengan interrupt. line mode, suatu keadaan setelah ada proses input : ?, /, !

6 Cont’d  Notasi yang digunakan CTRL-c, CTRL adalah tombol control pada keyboard, sehingga CTRL-c berarti "control c". CR (Carriage Return) ialah tombol enter.

7 Cont’d  Manipulasi File

8 Cont’d  Perpindahan Kursor

9 Cont’d  Penghapusan

10 Cont’d  Copy And Paste  Perintah Cari Dan Ganti

11 Editor PICO  Pico adalah teks editor jenis lain yang berdasarkan pada program compose Pine. Navigasi untuk perintahnya diletakkan di bawah dari layar. Semua karakter yang diketik langsung disisipkan ke dalam teks. Perintah untuk menjalankan editor pico adalah sbb :

12 Cont’d

13  Keterangan  ^ G Dapatkan Bantuan yang jelas dan ringkas dari bantuan Pico, dalam hal sesuatu yang tidak terduga terjadi atau Anda memerlukan informasi tambahan tentang perintah.  X Keluar Jika Anda membuat perubahan ke file atau Anda telah bekerja pada file baru, tetapi Anda menyimpan perubahan, Anda melihat pesan ini: Save modified buffer (ANSWERING "No" WILL DESTROY CHANGES) (y/n)? Simpan penyangga dimodifikasi (JAWAB "Tidak" AKAN MENGHANCURKAN PERUBAHAN) (y / n)? Menjawab tidak ada (tekan n) akan menutup Pico dan membawa Anda kembali ke prompt tanpa menyimpan file Anda. Menjawab ya (tekan y) akan memungkinkan Anda untuk menyimpan file Anda telah bekerja pada (lihat bagian WriteOut di bawah untuk rinciannya).

14 Cont’d  ^ O WriteOut Simpan file Anda tanpa gangguan atau kekhawatiran. Isi nama file Anda di samping untuk menulis File Name: prompt. Jika file Anda sudah memiliki nama, kemudian tekan enter.  ^T Untuk File pilihan memungkinkan Anda menyimpan teks Anda melalui file yang ada dalam direktori Anda Dengan memilih opsi File Untuk, Pico membawa Anda ke direktori Browser.

15 Editor Joe  Own Editor JOE atau Joe adalah terminal berbasis editor teks untuk Unix sistem, tersedia di bawah GPL. It is designed to be easy to use. Hal ini dirancang agar mudah digunakan.  Perintah-perintah dalam editor joe ini sangat mirip dengan perintah-perintah pada WordStar. Jika kita telah terbiasa dengan perintah pada WordStar maka tidak akan kesulitan dalam menggunakan editor joe.

16 Cont’d  Untuk menjalankan joe, kita dapat menggunakan perintah sbb :

17 Terima Kasih


Download ppt "EDITOR LINUX. MATERI  Vi  Joe  Pico PENDAHULUAN  Editor merupakan aplikasi dasar yang sangat kita butuhkan. Seperti juga pada lingkungan Microsoft."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google