Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP). 2 SOP merupakan pedoman kerja bagi setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Dalam SOP biasanya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP). 2 SOP merupakan pedoman kerja bagi setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Dalam SOP biasanya."— Transcript presentasi:

1 1 STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)

2 2 SOP merupakan pedoman kerja bagi setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Dalam SOP biasanya diatur ketentuan-ketentuan umum yang berlaku dalam suatu unit kerja, sedangkan ketentuan khususnya diatur tersendiri dalam bentuk Surat Edaran Direksi perusahaan yang bersangkutan.

3 3 Khusus SOP untuk departemen sistem informasi juga mengatur ketentuan-ketentuan yang berlaku di departemen tersebut, misalnya mengenai : 1. Penggunaan komputer 2. Pengiriman dan penerimaan 3. Sistem back-up 4. Contingency planning 5. Business continuity planning

4 4 Secara garis besar setiap materi dalam SOP terdiri atas : 1. Kebijakan Umum Kebijakan umum ini biasanya terdiri dari : Tujuan Ruang lingkup Penangung jawab Hal-hal yang akan diatur dalam kebijakan yang bersangkutan

5 5 2. Prosedur Prosedur biasanya berisi petunjuk pelaksanaan operasional pekerjaan yang dilakukan. Biasanya berupa urutan pekerjaan yang harus dilakukan dan lebih bagus lagi jika dilengkapi dengan flow of document serta contoh-contoh format lampiran.

6 6 ADA PERTANYAAN ?


Download ppt "1 STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP). 2 SOP merupakan pedoman kerja bagi setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Dalam SOP biasanya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google