Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Standar Kompetensi : Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Standar Kompetensi : Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan."— Transcript presentasi:

1 Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Standar Kompetensi : Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

2 Perangkat Keras Komputer Tujuan Pembelajaran Melalui pencarian informasi tentang alat- alat telekomunikasi, siswa dapat : 1.Mengidentifikasi alat-alat telekomunikasi. 2.Menjelaskan cara kerja alat-alat teknologi Informasi dan komunikasi.

3 Diagram Komputer Secara Umum Komputer terdiri dari perangkat- perangkat keras yang bekerja sebagai suatu sistem yang terkait untuk mengolah data, memproses dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Minimal komputer mempunyai perangkat yang terdiri dari keyboard, CPU (Central Processing Unit), monitor, dan printer.

4 Diagram Umum Komputer Peralatan Input Keyboard Mouse Scanner Kamera Digital Peralatan Pemroses Central Processing Unit (CPU) Control Unit Unit Logika Aritmetika Memori Peralatan Output Monitor Printer Plotter Speaker Tempat Penyimpanan Harddisk Disket CD/DVD

5 Perangkat Keras dan Fungsinya Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : –I–Input Device (Unit Masukan) –P–Process Device (Unit Proses) –O–Output Device (Unit Keluaran) –B–Backing Storage (Unit Penyimpanan)

6 1. Unit Masukan Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dariluar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input Device yang yang umum digunakan pada Personal Computer (PC) adalah keyboard, mouse, joystick, scanner, touch pad, dan microphone.

7 Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk : –Signal Input, berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. –Maintenance input, berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.

8 Unit masukan terdiri dari beberapa macam, yaitu : Keyboard, merupakan peranti masukan yang terdiri dari kumpulan huruf, angka dan karakter khusus. Keyboard juga memberikan kemudahan bagi user untuk memberikan perintah yang diperlukan apabila menekan kombinasi antara karakter yang ada pada keyboard dengan tombol-tombol tertentu. Mouse, Peranti masukan dengan bentuk seperti tikus ini berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat. Scanner, berfungsi untuk menyalin (copy) file atau dokumen baik berupa teks atau gambar menjadi teks atau gambar digital. Floopy Disk Drive, adalah alat untuk menulis, membaca data, dan merekam data. CD-ROM ( Compact Disc-Read Only Memory), adalah alat untuk membaca CD (Compact Disc) atau VCD (Video Compact Disk) pada komputer. CD-RW (Compact Disk-Read and Write), yaitu alat sertupa CD-ROM namun selain dapat membaca CD, dapat juga merekam data ke CD.

9 DVD-ROM (Digital Video Disc-Read Only Memory) adalah alat untuk membaca CD, VCD, atau DVD pada komputer. DVD RW (Digital Video Disc-Read and Write), yaitu alat seperti DVD-ROM namun selain dapat membaca CD, VCD dan DVD, dapat juga merekam data pada keping DVD. Touchpad, biasanya terdapat pada notebook. Memiliki fungsi yang sama dengan mouse namun dalam penggunaannya hanya cukup dengan memberikan sentuhan jari. Joystick, merupakan alat yang biasa digunakan pada permainan (games) komputer Light pen, yaitu pointer elektronik untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor).

10 Barcode, berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak atau garis-garis vertikal tipis dan tebal yang selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Biasanya kode barcode ini ditemukan pada kemasan makanan, minuman, buku, alat elektronik serta produk-produk. Biasanya barcode ini memudahkan kasir yang ada di toko swalayan atau departemen store untuk mengidentifikasi suatu barang yang dibeli. Kamera digital, merupakan kamera modern yang telah dimodifikasi sehingga tidakmemerlukan roll film. Kamera ini dapat langsung dihubungkan dengan komputer melalui kabel data, sehingga memudahkan user untuk mentransfer data baik berupa image (gambar) digital ataupun video. Voice input, adalah alat yang berfungsi merubah suara sehingga terekam ke dalam komputer menjadi suara digital. Graphics pads, Merupakan suatu peranti yang dapat digunakan untuk menggambar suatu objek pada monitor.

11 Gambar Unit Input

12 2. Unit Proses 2. Unit Proses Unit proses yaitu perangkat komputer yang berfungsi untuk memproses atau mengelola data yang masuk sehingga menjadi suatu informasi yang diinginkan. Otak komputer terdapat pada CPU (Central Processing Unit). Ada pendapat yang mengatakan bahwa CPU adalah seperangkat casing beserta isi yang ada di dalamnya. Namun pendapat yang lain juga ada yang mengatakan bahwa CPU adalah processor yang ada di dalam komputer. Kedua pendapat ini sama benarnya karena semuanya berfungsi sebagai unit proses.

13 yang termasuk dalam unit proses, diantaranya : Casing, yaitu kotak yang membungkus isi seluruh perangkat unit proses. Processor, merupakan otak komputer atau chip pengolah utama yang berfungsi untuk mengolah data yang dimasukkan oleh unit input. Unsur penting yang ada pada processor yaitu : Arithmatic logic Unit (ALU), yaitu sebagai alat yang berfungsi melakukan perhitungan pada proses komputer; Control Unit, sebagai alat pengontrol proses kerja komputer. Motherboard, yaitu papan rangkaian utama dimana merupakan tempat diletakkannya seluruh unit proses. Memory, yaitu alat yang befungsi mengolah data dan instruksi serta menyimpan informasi.

14 Power Supply, Sebagai penyedia arus listrik untuk peralatan dalam CPU. I/O Card (Input/Output Card), yaitu kartu elektronik yang menjadi penghubung antara motherboard dengan perangkat masukan serta perangkat keluaran pada komputer. VGA Card, yaitu kartu elektronik yang menghubungkan motherboard dengan monitor

15 Gambar Unit Proses Memory Card LAN Card Processor Power SupplyCasing I/O Card Motherboard

16 3. Unit Output 3. Unit Output Output yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan data yang telah diproses sehingga menjadi suatu informasi.

17 Yang termasuk Unit Output diantaranya : Yang termasuk Unit Output diantaranya : Monitor, yaitu alat berbentuk layar kaca yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi yang telah diproses, baik dalam bentuk teks atau grafik. Printer, merupakan alat untuk mencetak data sehingga menjadi hard copy. Speaker, yaitu alat untuk mengeluarkan suara dari dalam komputer.

18 Gambar Unit Output Monitor LCD Monitor CRT Speaker Printer Laser Printer Dot Matrix Printer Inkjet

19 4. Unit Penyimpanan 4. Unit Penyimpanan Unit penyimpanan dapat diartikan sebagai perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data, informasi, software ataupun program.

20 Perangkat penyimpanan ini memiliki kapasitas tampung yang dihitung dalam satuan byte. Perhitungannya atau pengukurannya sebagai berikut : –1 byte = 8 bit (sama dengan satu karakter) –1 kilo byte = 1024 byte –1 mega byte = 1024 kilo byte –1 giga byte = 1024 mega byte –1 terra byte = 1024 giga byte –1 peta byte = 1024 terra byte

21 Unit penyimpanan diantaranya : Hard Disk, merupakan perangkat komputer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hard disk terbagi menjadi dua jenis, yaitu Hard Disk IDE (Integrated Devive Elektronik) yang memiliki kapasitas 1,2 GB hingga diatas 8,2 GB. Hard Disk ini biasa digunakan untuk komputer personal. Selain itu ada hard disk SCSI (Small Computer User Interface) yang kapasitasnya lebih besar lagi dan biasanya digunakan sebagai server. Disket, yaitu unit penyimpanan data berbentuk cakram dan terbuat dari bahan yang bersifat magnetik.

22 USB Flash Drive, merupakan unit penyimpanan data yang dapat menyimpan data hingga lebih dari 1 GB. USB Flash Drive terhubung dengan port USB dan memiliki bentuk yang mungil dan ringan sehingga mudah untuk dibawa. Compact Disc (CD), yaitu media penyimpanan data yang berbentuk piringan dengan kapasitas 700MB. CD RW (Compact Disk Read and Write), yaitu media penyimpanan data yang berbentuk piringan yang dapat membaca dan menuliskan data secara berulang.

23 Gambar Unit Penyimpanan CD-R Harddisk CD-RW Disket Flash Disk

24 Uji Kompetensi 1.Gambarkan Diagram Umum dari Komputer ! 2.Apa yang dimaksud dengan unit input dan berikan 3 contoh ! 3.Apa yang dimaksud dengan unit Proses dan berikan 3 contoh ! 4.Apa yang dimaksud dengan unit Output dan berikan 3 contoh ! 5.Apa yang dimaksud dengan unit Penyimpanan dan berikan 3 contoh ! 6.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Scanner, Processor, Motherboard dan Harddisk!

25

26

27 Uji Kompetensi 1.Gambarkan Diagram Umum dari Komputer ! 2.Apa yang dimaksud dengan unit input dan berikan 3 contoh ! 3.Apa yang dimaksud dengan unit Proses dan berikan 3 contoh ! 4.Apa yang dimaksud dengan unit Output dan berikan 3 contoh ! 5.Apa yang dimaksud dengan unit Penyimpanan dan berikan 3 contoh ! 6.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Scanner, Processor, Motherboard dan Harddisk! 7.Apakah yang dimaksud dengan perangkat lunak? 8.Bagaimanakah informasi tersusun hingga menjadi pengetahuan ( knowledge )? 9.Perkembangan perangkat lunak sampai sekarang dibagi menjadi empat, sebutkan dan jelaskan! 10.Sebutkan dan berikan contoh tiga level bahasa pemrograman! 11.Sebutkan akibat-akibat yang dapat ditimbulkan oleh serangan virus!

28

29

30 The End Raliyanti Teknologi Informasi dan Komunikasi MAN 4 Jakarta


Download ppt "Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Standar Kompetensi : Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google