Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISTRIBUSI PROBABILITAS DISKRIT. Misalkan sebuah eksperimen mempunyai ruang sampel S. Variabel random adalah fungsi berharga real yang didefinisikan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISTRIBUSI PROBABILITAS DISKRIT. Misalkan sebuah eksperimen mempunyai ruang sampel S. Variabel random adalah fungsi berharga real yang didefinisikan pada."— Transcript presentasi:

1 DISTRIBUSI PROBABILITAS DISKRIT

2 Misalkan sebuah eksperimen mempunyai ruang sampel S. Variabel random adalah fungsi berharga real yang didefinisikan pada ruang sampel S. Contoh III.1 Suatu pemungutan suara dilakukan untuk memilih wakil rakyat di provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari : Joko, Bambang dan Cokro. Kita tertarik untuk menyelidiki banyak suara yang memilih suatu wakil rakyat tertentu yang dicalonkan. Kejadian tersebut memunculkan adanya variabel random yaitu banyak suara di provinsi Jawa Tengah yang mencalonkan wakil rakyat tertentu.

3 Variabel random mempunyai akibat merubah kejadian dalam ruang sampel ke dalam kejadian numerik sehingga variabel random dapat dipandang sebagai f : Ruang Sampel S  Real R. Jika variabel random Y hanya dapat berharga sebanyak terbilang bilangan real maka Y disebut variabel random diskrit. Contoh III.2 : Banyak telur busuk dalam suatu kotak yang berisi 100 butir telur.

4 Distribusi Probabilitas dari Variabel Random Diskrit. Contoh III.3 : Seorang manajer mempunyai pekerja yang terdiri dari 2 pria dan 3 wanita. Ia ingin memilih dua pekerja untuk suatu pekerjaan khusus. Keputusan yang diambil adalah memilih 2 pekerja dari pekerja yang dimilikinya secara random. Jika Y adalah banyak wanita yang terpilih maka tentukan distribusi probabilitas Y.

5

6

7

8

9

10 Variabel random Misalkan sebuah eksperimen mempunyai ruang sampel S. Variabel random adalah fungsi berharga real yang didefinisikan atas ruang sampel S. f : Ruang sampel  Himpunan Bilangan Real.

11

12 Distribusi Probabilitas Diskrit

13

14

15

16

17

18 Distribusi Probabilitas Binomial Eksperimen Binomial adalah eksperimen yang mempunyai sifat-sifat sebagai berikut : Eksperimen mengandung n trial yang identik. Setiap trial menghasilkan 2 hasil yang mungkin yang dinamakan sukses ( S ) dan tidak sukses ( F ). Untuk tiap trial, probabilitas sukses adalah p = P(S) dan probabilitas tidak sukses adalah P(F) = 1- p = q. Trial-trial itu independen. Variabel random Y adalah banyak sukses yang ditemukan dalam n trial.

19

20

21 Distribusi Probabilitas Poisson

22

23 Distribusi Probabilitas Hipergeometrik

24

25 Distribusi Binomial Negatif dan Distribusi Geometrik

26

27

28

29

30

31

32

33

34 LATIHAN

35

36

37

38

39

40

41


Download ppt "DISTRIBUSI PROBABILITAS DISKRIT. Misalkan sebuah eksperimen mempunyai ruang sampel S. Variabel random adalah fungsi berharga real yang didefinisikan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google