Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kebudayaan maju tidak akan melakukan kompromi  Melalui kompromi, sebuah kebudayaan melepas sebagian nilai lama dan menggantinya dengan nilai baru. 

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kebudayaan maju tidak akan melakukan kompromi  Melalui kompromi, sebuah kebudayaan melepas sebagian nilai lama dan menggantinya dengan nilai baru. "— Transcript presentasi:

1

2 Kebudayaan maju tidak akan melakukan kompromi  Melalui kompromi, sebuah kebudayaan melepas sebagian nilai lama dan menggantinya dengan nilai baru.  Melalui kompromi, sebuah kebudayaan akan meramu berbagai nilai.  Dinamika terjadi manakala sebuah kebudayaan terbuka dan menyadap darah segar dari luar.

3 Syarat melakukan kompromi:  Ada kekuatan tawar menwar, ada keseimbangan.  Kekuatan itu bernama JATI DIRI.  Tanpa jati diri yang kokoh, sebuah kebudayaan akan dibinasakan oleh kebudayaan lain.

4 Jati Diri  Contoh jati diri yang kokoh ada pada Jepang. Dalam banyak perubahan, budayaa Jepang menolak roboh. Restorasi Meiji malah membawa Jepang ke dalam jajaaran negara maju. Kesengsaraan akibat kekalahan PD II hanya berakibat sesaat.  Jati diri ada di otak dan di hati, sehingg sulit dijabarkan. Yang mudah terlihat adalah jabaran jati diri, yaitu perilaku. Menolak contek massal di SD Gadel yang dilakukn oleh kelurga Siami adalah perilaku yang merupakan penjabaran jati diri keluarga tersebut.

5 Bahasa adalah produk budaya  Bahasa Indonesia merupakan penanda ke- Indonesia-an.  Bahasa Indonesia merupakan produk olah pikir dan olahhati bangsa Indonesia.  Bahasa Indonesia merupakan simpul perilaku bangsa Indonesia.  Perilaku bangsa Indonesia dipengaruhi oleh bahasa Indonesia, dan sebaliknya  Bahasa Indonesia merukan unsur terpokok budaya Indonesia.  Bahasaa Indonesi JATI DIRI bangsa Indonesi

6 Potensi Bahasa Indonesia Sngt Kut  Sebelum menjadi bahasa Indonesia, bahasa Melayu menjadi bahasa interetnik, kemudian menjadi lingua franca. Saat ini terdapat kesadaran kolektif yang tinggi untuk mempersatukan bangsa.  Tahun 1928 peran itu terkukuhkan dengan pengakuan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional.  Sekali lagi, 1945 sejarah terulng bahkan berkembang, bahasa Indonesia terkukuhkan sebagai bahasa resmi negara.

7 Perkembngn Bahasa Indonesia Sngt Bik  perekam keputusan-keputusan politik  pemerlancar percaturan sosial  llu lints ekonomi  pemikirn-pemikirn dm duni ilmu  pendokumentsi perundng-undngn  Sebgi B-1, penutur sli bhs Indonesia berkembng terus  Sebgi B-2, penutur memencr; kurikulum SD kels rendh BD, tetpi prktikny BI  Sebgi B-, S, Belnd, Ceko, Inggris, Itli, Jermn, Jepng, ustrli, Mesir, Pkistn, dsb.

8  Bahasa Indonesia masih digunakan di kawasan regional ASEAN. Untuk menembus percaturn nsionl BI masih ngos-ngosn.  Lemah dalam tradisi kekuatan sosial, budaya, politik, ekonomi, IPTEK secara internasional.  Jurnal internasional kita, penelitian di Indonesia yang terpublikasi dan terkutip oleh penulis lain; PT kita memfasilitasi mahasiswa asing meneliti, dibiayai, dan dipubliksikn dalam HAKI Indonesia. Kita Masih Makhluk Lokal

9  Manusia menyimbulkan yang abstrak Jika terbisa bekerja opersional, sulit mengasah kemampuan berpikir abstrak.  Mengapa di Papua dn Makssar yang kita lihat? Karena kreativitas akdemik mereka amat kurang. Kreativitas penelitian, Lomba Kretivits Siswa/Mahasiswa rendah.  Kita masih menjadi tukang Belum sempat berpikir abstrak/filosofis, kita digenjot berpikir wadak, memecahkan masalah di depan hidung. Kita harus mau menerima bahasa teknologi yang menjajah kita. Homo simbolitikum

10  Bahasa adalah logika Keduanya di kepala. Bahasa dekat dengan matematika. angka kepanjangan matematika, dan kata kepanjangan bahasa.  Logika lemah Matemtika rendah Jika logika kurang, sulit menyelesaikan hitungan matematika multivariabel.  Logika Jongkok, Bahasa yang dihasilkan Bobrok Bahasa dan Logika

11  Deduksi yang salah Pak Didi bukan dosen yang baik karena mahasiswa yang lulus hanya sepuluh persen.  Perempatan yang berlebihan Mahasiswa Indonesia malas. Pejabat Indonesia korup. Orang Indonesia tidak disiplin.  Salah nilai terhadap penyebab Karena presidennya B, maka nasib saya menjadi begini. Karena berkuliah di UMS maka dia menjadi putri Indonesia.  Pembenaran masalah melalui pokok samping Dalam UN boleh menyontek karena semua siswa juga begitu. Saya boleh tidak disiplin karena orang lain juga melakukan itu.

12 Simpulan Budaya yang tinggi, tidak mengenal kompromi. Kompromi hanya ada pada budaya yang berkembang. Syarat kompromi harus seimbang. Selama budaya kita masih lebih rendah dari bangsa lain, kita tidak akan pernah bisa berkompromi, apalagi bersaing dengan bangsa lain. Bahasa adalah produk budaya. Maka bahasa adalah JATI DIRI BANGSA. Dalam bahasa ada logika. Bangsa yang logikanya baik, bahasanya akan baik. Bangsa yang logiknya rendah, bahasanya juga cenderung tidak berkulitas. Memperbaiki bahasa dilakukan dengan memperbaiki logika. Memperbaiki logika dilakukan dengan membiasakan berpikir abstrak, bukan hanya berpikir opersional. Untuk bisa berpikir abstrak sebaiknya kebiasaan membaca karya-karya berkulitas, karya ilmiah pemenang nobel. Jarak terdekat yang dapat ditempuh mempertinggi logika adalah memperkaya diri dengan kreativitas akdemis: membaca, menulis, dan meneliti.

13


Download ppt "Kebudayaan maju tidak akan melakukan kompromi  Melalui kompromi, sebuah kebudayaan melepas sebagian nilai lama dan menggantinya dengan nilai baru. "

Presentasi serupa


Iklan oleh Google