Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGISTICS & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT. Menurut Simchi-Levi  Suatu pendekatan dalam mengintegrasikan berbagai organisasi yang menyelenggarakan pengadaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGISTICS & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT. Menurut Simchi-Levi  Suatu pendekatan dalam mengintegrasikan berbagai organisasi yang menyelenggarakan pengadaan."— Transcript presentasi:

1 LOGISTICS & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

2 Menurut Simchi-Levi  Suatu pendekatan dalam mengintegrasikan berbagai organisasi yang menyelenggarakan pengadaan atau penyaluran barang, yaitu supplier, manufacturer, warehouse, dan stores sehingga barang-barang tersebut dapat diproduksi dan didistribusikan dalam jumlah yang tepat, lokasi yang tepat, waktu yang tepat, dan biaya yang seminimal mungkin.

3

4 Supply Chain Management  Pelaku industri mulai sadar bahwa untuk menyediakan produk yang murah, berkualitas dan cepat, perbaikan di internal perusahaan manufaktur tidak cukup.  Peran serta supplier, perusahaan transportasi, dan jaringan distributor sangat dibutuhkan.  Kesadaran akan adanya produk yang murah, cepat dan berkualitas inilah yang melahirkan konsep baru tahun 1990-an yaitu Supply Chain Manajement ( SCM ).

5  Supply Chain: jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menyalurkan suatu produk ke pengguna akhir.  Perusahaan-perusahaan tersebut termasuk supplier, pabrik, distributor, toko atau ritel, sertu perusahaan pendukung seperti jasa logistik.

6 SupplierCustomersResellersCompany Reverse Logistics

7 A New Supply Chain Paradigm

8  Supply chain management terdiri dari:  Primary activity:  Inbound logistic  Operation  Outbound logistic  Marketing and sales  Service  Support activity:  Procurement  Technological development  HRM  Firm infrastructure

9 Tujuan SCM  Supply chain management mempunyai dampak terhadap pengendalian biaya  Mencapai efektifitas dan efisiensi mulai dari suppliers, manufacturers, warehouse dan stores.  SCM mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan kepada customer.

10 Cost-Responsiveness Efficient Frontier

11 Hubungan &Pelaku Utama dalam SCM  Supplier (chain 1)  Supplier-manufacturer (chain 1-2)  Konsep supplier partnering  Supplier-manufacturer-distribution (chain1-2-3)  Supplier-Manufacturer-Distribution-Retail outlets (chain )  Supplier-Manufacturer-Distribution-Retail Outlets- Customer (chain )

12 Tahapan SCM  Stage 1: Baseline (Dasar)  Stage 2: Functional Integration  Stage 3: Internal Integration  Stage 4: External Integration

13

14 Hambatan pada SCM  Dalam implementasi SCM membutuhkan tahapan mulai tahap perancangan sampai tahap evaluasi dan continuous improvement.  SCM membutuhkan dukungan dari berbagai pihak mulai dari internal dalam hal ini seluruh manajemen puncak dan eksternal, dalam hal ini seluruh partner yang ada

15 Menurut Chopra & Meindl, 2001 Hambatan SCM:  Incerasing Variety of Products  Fokus perusahaan pada customer oriented  Banyaknya jenis produk membuat produsen semakin kewalahan dalam memuaskan keinginan dari konsumen.  Decreasing Product Life Cycles  Perusahan semakin kerepotan dalam mengatur strategi pasokan barang, karena untuk mengatur pasokan barang tertentu maka perusahaan membutuhkan waktu yang tertentu juga.  Increasingly Demand Customer  Fragmentation of Supply Chain Ownership  Melibatkan banyak pihak yang mempunyai masing-masing kepentingan  Globalization

16 Physical Distribution (Marketing Logistics)  Bagi produsen, distribusi fisik/ logistik tidak hanya menyangkut pemindahan barang jadi dari proses akhir distribusi sampai ke konsumen akhir.  Tetapi juga menyangkut arus bahan baku dari suatu sumber pada akhir proses produksi.  Proses distribusi fisik meliputi:  Lokasi persediaan barang dan gudang  Penanganan barang  Pengendalian inventory  Pemrosesan pemesanan  Pemilihan metode pengangkutan

17 Logistics Service Classification*)

18

19


Download ppt "LOGISTICS & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT. Menurut Simchi-Levi  Suatu pendekatan dalam mengintegrasikan berbagai organisasi yang menyelenggarakan pengadaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google