Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Istilah-istilah dalam obyek oriented Chapter 2. Object Bagian dasar dari object oriented software adalah OBJECT Merupakan model dari dunia nyata dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Istilah-istilah dalam obyek oriented Chapter 2. Object Bagian dasar dari object oriented software adalah OBJECT Merupakan model dari dunia nyata dalam."— Transcript presentasi:

1 Istilah-istilah dalam obyek oriented Chapter 2

2 Object Bagian dasar dari object oriented software adalah OBJECT Merupakan model dari dunia nyata dalam problem domain aplikasi.

3 TermDefinition ObjectPaket unit software yang berisi data dan methods yang digunakan untuk memanipulasi data tersebut ClassTemplate ( model dasar ) atau Pabrik untuk menbuat sebuah obyek AttributeData item yang didefiniskan sebagai bagian dari class atau obyek OperationProsedur atau fungsi yang didefinisikan sebagai bagian dari class atau obyek, biasanya digunakan untuk memyebut publik prosedur didalam obyek MethodProsedur atau fungsi yang didefinisikan sebagai bagian dari class atau obyek menggunakan istilah ini untuk mengambarkan implementasi prosedur MessagePermintaan yang dikirim ke sebuah obyek untuk mengeksekusi sebuah methods yang ada didalamnya EncapsulationPemaketab data dan operasi kedalam sebuah obyek Data hidingMembuat detail internal dari sebuah obyek tidak dapat diakses oleh obyek lain InheritanceMekanisme untuk mendefiniskan sebuah class baru dari class yang sudah ada. PolymorphismKemampuan untuk menyembunyikan perbedaan implementasi dengan menggunakan interface yang umum Object(lanj’)

4 Obyek didalam mail order sistem seperti customer, order dan produk Obyek didalam sistem perpustakaan seperti anggota, buku, peminjaman dan pembatalan pinjaman Obyek didalam sistem lalulintas seperti lampu, mobil, bicycles. Kesemuanya obyek tersebut adalah fitur yang berada didalam problem domain yang akan ditulis kedalam program.

5 Object(lanj’) Obyek didalam O-O sistem dapat mewakili hal-hal fisik( seperti pelanggan, produk, anggota, buku), konseptual (seperti order, peminjamanm reservasi, pengembalian) dan organisasi (seperti perusahaan, departemen) Obyek dapat juga berupa implementasi seperti GUI Windows, file atau linked list

6 Object(lanj’) Obyek dunia nyata mempunyai property atau atribut yang dibutuhkan dalam sistem developer, di dalam mail order sistem obyek pelanggan mempunyai nama, nomor telepon, dan alamat untuk kegunaan invoice. Obyek dunia nyata juga mempunyai tingkah laku yang karakteristik yang ingin diambil sistem developer kedalam software buatannya. Didalam mail order sistem obyek pelanggan dapat “mengubah” nomor telepon dan alamatnya.

7 Object(lanj’) Jemima adalah nama obyek tersebut Car adalah class dari obyek tersebut Operasi tidak dimasukkan didalam diagram obyek, tetapi didalam diagram class operation harus dicantumkan Model Obyek memudahkan untuk mengerti tentang problem domain. Jemima:Car Fuel = 6.4 liters Speed = 32 Mph Temperature = cool Figure 2.2

8 Class Class adalah sekumpulan obyek yang memiliki kesamaan struktur dan kesamaan behavior [Bahrami,1999] Sebuah class adalah pabrik dari obyek, sebuah template dari semua obyek yang tergabung dalam class tersebut. [britton,2001] Sebuah class mempunyai atribut dan operasi. Car Fuel Speed Temperature Stop( ) Start( ) Move forward( ) Reserve( )

9 Example: class diagram for mail order system Garis yang menghubungkan antar class tersebut adalah asosiasi Angka dan asterik mengambarkan multiplicity dari hubungan tersebut Asterisks (*) berarti sebuah angka arbitrary number(tak terhingga) sampai kepada nol — zero, one or many Gambar 2.5

10 Dari gambar 2.5 dapat menceritakan kepada kita Seorang pelanggan(customer) mempunyai mungkin mempunyai order dari nol sampai banyak order Sebuah order hanya dimiliki oleh oleh seorang pelanggan Sebuah order mungkin mempunyai saru atau banyak order line Sebuah order line hanya milik sebuah order Sebuah order line hanya mewakili sebuah produk Sebuah produk mungkin bisa muncul nol kali atau banyak dalam order line yang berbeda Sebuah produk mungkin saja disuplay oleh satu supplier Seorang supplier mungkin menyuplay satu atau banyak produk

11 Attribute Atribut dari sebuah class adalah data item yang terdefinisikan dalam class tersebut; sebagai contoh nama, alamat merupakan atribut dari class pelangangan. Gambar 2.6 Tiga Obyek dengan nilai yang spesifik

12 Operation Didalam O-O yang sama dengan fungsi dan prosedur adalah operasi(method). Operasi selalu didefinisikan sebagai bagian dari class, tidak dapat berdiri sendiri. Operasi, atribut dan asosiasi bersama-sama memenuhi tanggung jawab dari sebuah class Sebuah class biasanya bertanggung jawab terhadap sebagian dari fungsionalitas sistem Operasi dapat didefinisikan sebagai public atau private. Public operation adalah operasi, fungsi, prosedur yang dapat diakses oleh obyek lain didalam sistem ---- public interface Private operation adalah sebuah fungsi atau prosedur yang digunakan internal oleh class untuk memenuhi tanggung jawabnya

13 Method Method digunakan untuk menunjuk kepada implementasi aktual dari sebuah prosedur– bagian badan dari code program yang dapat di eksekusi untuk memenuhi permintaan dari obyek lain didalam sistem.

14 Message Sebuah sistem akan bekerja dengan baik jika obyek berinteraksi dengan yang lain, mereka mengirim kan message untuk meminta layanan dari obyek yang lain. Sebagai contoh asumsikan sebuah sistem menggunakan sebuah obyek mobil (sebut saja “jemima” dan obyek pengemudi yang ingin menjalankan mobil tersebut disebut saja “Tom”. Jika Tom ingin menjalankan mobil tersebut Tom harus mengirimkan message kepadal Jemima untuk menjalankan operasi start

15 Encapsulation and data hiding Pemaketan data dan operasi bersama sama menjadi sebuah obyek disebut encapsulation Encapsulation menyediakan tiga keuntungan terhadap kualitas software Proper modularity Data abstraction Data hiding

16 Encapsulation and data hiding(lanj’) Proper Modularity : Encapsulation data dan operasi kedalam satu struktur obyek menghasilkan blok software yang lebih berguna Data abstraction: Sebuah nama obyek, class dan nama nama operation adalah public interface, menyediakan gambaran atau informasi kepada obyek client. Data hiding: Data yang di encapsulasi kedalam obyek hanya dapat diakses oleh operasi obyek itu sendiri.

17 Encapsulation and data hiding(lanj’) Modul client lain tidak dapat mengakses langsung, mereka hanya dapat mengirimkan message untuk meminta mengeksekusi salah satu method yang ada Interface eksternal tidak memberitahukan kepada dunia bagaimana data disimpan dan dan algoritma yang digunakan oleh method.

18 Inheritance Inheritance adalah mekanisme yang memungkinkan sebuah class baru didefinisikan dari class yang sudah ada sebelumnya, sebiah class yang baru didefinisikan sebagai spesialisasi dari class yang sebelumnya. Spesialisasi class (Turunan) secara otomatis mempunyai fitur (operation dan atribut) class induknya.

19 Inheritance(lanj’) Spesialisasi class diturunkan dari general class Class turunan/child class diturunkan dari induk/parent atau ancestor class Sub-class diturunkan/inherits dari super-class

20 Inheritance(lanj’) Specialization of the customer class

21 Polymorphism Mean the ability to define program entities e.g. operations, that take more than one form. Polymorphism linked with an inheritance hierarchy allow a single message interpreted differently by different object. Which method is execute will depend on which object receive the message

22 Polymorphism(lanj’) Different implementation of talk operation ClassMethod implementation PersonI’m not saying anything BabyWah,wah ToddlerContent of attributes vocalbulary Teenager(male)Grunt, Grunt Teenager(female) where is my mascara? MotherHave you tidied your room? FatherI’m going to football GrandadI’m (currentyear minus yearofbirth) years old GrannyWhen’s the boxing on?

23 Polymorphism(lanj’) Jika kita menbuat obyek dari class hirarki diatas sebagai berikut: Seorang bayi dengan nama Amber Seorang balita dengan nama noah dengan vocabulary:Mama, No Seorang remaja dengan nama edward, jenis kelamin pria Seorang kakek dengan nama david lahir tahun 1901., sekarang tahun 1999 Jika kita mengirimkan message TALK kepada obyek2 tersebut maka mereka akan merespon : Amber Wah, wah NoahMama, No EdwardGrunt Grunt DavidI’m 98 years old


Download ppt "Istilah-istilah dalam obyek oriented Chapter 2. Object Bagian dasar dari object oriented software adalah OBJECT Merupakan model dari dunia nyata dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google