Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

D ESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL Pembelajaran Bahasa dengan Bantuan Komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "D ESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL Pembelajaran Bahasa dengan Bantuan Komputer."— Transcript presentasi:

1 D ESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL Pembelajaran Bahasa dengan Bantuan Komputer

2 L ANGKAH - LANGKAH MERENCANAKAN PROGRAM CALL Perencanaan Awal Menentukan Tujuan Memilih Tipe Program Memilih Materi Memilih Softwere Merancang Struktur Menentukan Tugas

3 P ERENCANAAN A WAL Merancang model pembelajaran bahasa dengan bantuan komputer

4 M ENENTUKAN T UJUAN Sebelum melaksanakan langkah-langkah dalam pembelajaran perlunya menentukan tujuan, sasaran materi yang akan diajarkan.

5 M EMILIH P ROGRAM Linier : Mempresentasikan materi, menyerupai buku teks yang menitik beratkan pada kata-kata. Bercabang : Menyampaikan materi tanpa harus menyelesaikan seluruh elemen utama yang terdapat dalam program Linier : Mempresentasikan materi, menyerupai buku teks yang menitik beratkan pada kata-kata. Bercabang : Menyampaikan materi tanpa harus menyelesaikan seluruh elemen utama yang terdapat dalam program

6 M EMILIH MATERI Materi yang akan dibuat harus mempertimbangkan lima aspek permasalahan, antara lain: 1. Grammer 2. Nouns 3. Articles 4. Subject-verb agreement 5. Tenses dan conjuntions

7 2.5 MEMILIH SOFTWARE Terdapat berbagai macam software multimedia yang dapat digunakan untuk merancang atau mengembangkan program CALL. Program pembelajaran bahasa dengan mediasi komputer dikembangkan oleh Hartoyo misalnya, dirancang menggunakan ToolBook 3.0, sebuah sistem yang berjalan dalam windows.

8 Beberapa pertimbangan program pembelajaran bahasa dengan mediasi komputer 1.Merupakan sistem hypermedia. Aplikasi yang merancang program tutorial yang memungkinkan siswa untuk menjelajahi dan membaca materi atau informasi apapun yang menarik perhatian mereka. 2.Didukung oleh teks, grafik, dan ilustrasi visual, serta dapat pula diaplikasikan dengan audio maupun video, sehingga potensial untuk menciptakan sebuah program tutorial yang interaktif.

9 2.6 MENENTUKAN TUGAS Sebelum perancang membuat sistem CALL yang dapat digunakan penggunanya, mereka harus mampu menganalisa tugas belajar apa yang harus disediakan untuk menstimulasi interaksi antara pengguna dengan komputer.

10 Dalam program CALL yang dikembangkan oleh Hartoyo, tugas belajar ditampilkan dalam satu set latihan mengikuti 1) sesi presentasi materi, dan 2)siswa diminta mengerjakannya. PRESENTASI MATERI PENUGASAN TERHADAP SISWA

11 2.7 MERANCANG STRUKTUR PROGRAM Program call yang akan dirancang terdiri atas 3 bagian: 1 Informasi/penjelasan mengenai program tutorial guna membantu pengguna menjelaskan program dengan lebih mudah 2 Menampilkan materi pokok dalam program 3 Menampilkan satu set latihan yang memungkinkan pengguna menilai pemahamannya terhadap materi yang baru saja dipelajari.

12 P RINSIP - PRINSIP M ERANCANG DAN M ENGETES P ROGRAM CALL Interaktivitas Kegunaan (fleksibilitas) Keberterimaan Isi Efektifitas Penampilan (daya pikat)


Download ppt "D ESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL Pembelajaran Bahasa dengan Bantuan Komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google