Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bismillahirrohmanirrohim Semoga kegiatan kita hari ini mendapat ridho Alloh SWT Amiin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bismillahirrohmanirrohim Semoga kegiatan kita hari ini mendapat ridho Alloh SWT Amiin."— Transcript presentasi:

1

2 Bismillahirrohmanirrohim Semoga kegiatan kita hari ini mendapat ridho Alloh SWT Amiin

3

4 Pernahkah anda mendengar kata ornament?

5

6 Pengertian ornament Istilah ornamen berasal dari kata ornare (bahasa latin) yang berarti menghiasi.sedangkan dalam bahasa inggris ornament berarti perhiasan.Gambar ornamen biasa pula disebut gambar hias. Secara umum ornamen adalah suatu hiasan (elemen dekorasi) yang diperoleh dengan meniru atau mengembangkan bentuk-bentuk/ objek-objek yang ada di alam.

7 Objek apa yang bisa di jadikan ornament?

8 Obyek yang dijadikan gambar hias dapat dari seluruh benda yang ada di lingkungan kita ini, misalnya manusia, binatang, tumbuhan, batu, gunung dan sebagainya.

9 Tahukah anda sejak kapan ornament diciptakan?

10 Keberadaan ornamen atau gambar hias/ragam hias/motif hias sudah ada sejak jaman prasejarah tepatnya pada jaman batu muda yang terdapat pada alat alat dari batu yang di beri hiasan sederhana berupa g0resan-goresan.

11 TAHUKAH ANDA APA SAJA UNSUR PEMBENTUK SEBUAH GAMBAR ORNAMENT/RAGAM HIAS?

12 Secara garis besar, unsur pembentuk suatu gambar ornament/ragam hias khususnya ragam hias corak kedaerahan/tradisisonal terdiri dari: Unsur motif pokok Unsur motif isen, dan Motif pengisi bidang

13 TAHUKAH ANDA, BAGAIMANA CARA PENGEMBANAGAN OBJEK DALAM MERANCANG ORNAMENT?

14 Pengembangan objek yang ada dialam bisa dengan cara stylasi/ penggayaan, deformasi/pengurangan, imitasi/peniruaan, abstarksi.

15 Apa fungsi ornament?

16 Berdasarkan fungsinya ornamen digunakan sebagai; pendukung konstruksi, pembatas, simbol,,sebagai hiasan pada suatu gambar atau rencana hiasan pada karya tiga dimensional, maupun dua dimensional misaInya sebagai hiasan tepi, hiasan sudut baik karya dua maupun tiga dimensional. dengan tujuan utama menambah keindahan benda yang ditempati.

17 Tahukah anda, ada berapa corak ornament itu?

18 Berdasarkan coraknya ornamen terbagi 2 yaitu corak tradisional (primitif dan klasik) dan corak modern

19 menurut anda apa itu ornament corak tradisional?

20 ornamen tradisional,yaitu seni hias yang dalam teknik maupun pengungkapannya dilaksanakan menurut peraturan, norma, dan pola yang telah digariskan lebih dahulu dan menjadi kesepakatan bersama serta telah diwariskan secara turun-temurun.

21 Contoh motif tradisional primitif

22 Contoh motif tradisional klasik dari dayak kalimantan

23 Menurut anda apa yang dimaksud ornament corak modern

24 Ornamen modern merupakan seni hias yang berkembang dari pembaharuan-pembaharuan atau suatu bentuk seni yang dalam penggarapannya didasarkan atas cita rasa baru, proses kreatif dan penemuan. Ormanen modern merupakan seni yang bersifat kreatif, tidak terbatas pada obyek-obyek tertentu, waktu dan tempat, melainkan ditentukan oleh sikap batin penciptanya. Dalam penjabaran visualnya Terlepas dari ikatan- ikatantradisi merupakan nafas baru dalam dunia imajinasi yang mendorong daya kreatifitas dan mengajak seseorang ke suatu pemikiran baru.Ciri-ciri ornamen modern adalah “multiplied” (tidak terikat pada satu aturan tertentu

25 Contoh motif modern geometris dan organis

26 Tahukah anda ada berapa motif penyusunan ornament?

27 Secara garis besar motif yang digunakan untuk menyusun sebuah ornamen dibedakan menjadi dua, yakni motif geometris dan motif organis.

28 Motif geometris adalah bentuk-bentuk yang bersifat teratur, terstruktur, dan terukur. Contoh bentuk geometris adalah segitiga, lingkaran, segiempat, polygon,swastika, garis, meander, dan lain- lain.

29 Contoh motif geometris meander

30 Contoh motif pilin

31 Contoh motif tumpal

32 Motif organis adalah bentuk-bentuk yang tidak beraturan/ tidak terukur contoh daun-daunan, binatang, tumbuhan merambat dll Berikut ini contoh motif organis;

33 Motif organis klasik dari jepara jateng

34 Motif organis klasik dari surakarta

35 Mampukah anda membuat gambar ornament? Ya Tidak

36 Tugas untuk pertemuan berikut! Setiap siswa/I membawa kertas gambar ukuran 30x30 cm, pensil 2b, mistar, kwas, ontan/pensil gambar/cat air/cat poster, palet

37 selesai, semoga bermanfaat amiiiin!


Download ppt "Bismillahirrohmanirrohim Semoga kegiatan kita hari ini mendapat ridho Alloh SWT Amiin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google