Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VII. PEMBUATAN KEPUTUSAN TIPE – TIPE KEPUTUSAN Pembuatan dapat didefinisikan seba- gai penentuan serangkaian kegiatan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VII. PEMBUATAN KEPUTUSAN TIPE – TIPE KEPUTUSAN Pembuatan dapat didefinisikan seba- gai penentuan serangkaian kegiatan untuk mencapai hasil yang diinginkan."— Transcript presentasi:

1 VII. PEMBUATAN KEPUTUSAN TIPE – TIPE KEPUTUSAN Pembuatan dapat didefinisikan seba- gai penentuan serangkaian kegiatan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Manajer akan membuat tipe-tipe keputusan yang berbeda sesuai perbedaan kondisi dan situasi yang ada.

2 Keputusan-keputusan yang diprogram (programmed decisions) adalah kepu- tusan yang dibuat menurut kebiasaan, aturan atau prosedur. Setiap organisasi mempunyai kebijakan- kebijakan tertulis atau tidak tertulis. Bila suatu masalah berulang, dan bila unsur-unsur komponen dapat dirumus- kan, diperkirakan dan dianalisa, maka hal itu dapat menjadi calon pembuatan keputusan yang diprogram.

3 PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN Banyak manajer membuat kepu- tusan dengan metoda-metoda pembuatan keputusan informal untuk sebagai pedoman. Misal, manajer dapat menggan- tungkan pada tradisi dan mem- buat keputusan sama seperti waktu yang lalu.

4 Proses pembuatan keputusan yang rasional, dapat digunakan dengan tahapan-tahapan : Tahap ke 1. Pemahaman dan peru- musan masalah. Apa masalah sebenarnya, kemudian menentukan masalah mana yang ha- rus dipecahkan serta bagian mana yang seharusnya dipecahkan.

5 Manajer dapat mempermudah identifi- kasi masalah dengan beberapa cara : a. Secara sistematik menguji hubungan sebab akibat. b. Mencari penyimpangan- penyimpangan. c. Konsultasi dengan pihak- pihak lain yang mampu memberikan pandangan dan wawasan.

6 Tahap ke 2. Pengumpulan dan Analisa Data yang Relevan. Tentukan data-data apa yang akan di- butuhkan dan informasi dari data-data tersebut. Tahap ke 3. Pengembangan Alternatif. Pengembangan sejumlah alternatif me- mungkinkan manajer menolak kecen- derungan untuk membuat keputusan terlalu cepat.

7 Tahap ke 4. Evaluasi Alternatif-alternatif. Alternatif-alternatif yang terkumpul di evaluasi untuk menilai efektivitas setiap alternatif. Tahap ke 5. Pemilihan Alternatif Terbaik. Hasil dari evaluasi berbagai alternatif, dipilih untuk dijadikan keputusan. Tahap ke 6. Implementasi Keputusan. Setelah alternatif terbaik dipilih, dibuat rencana-rencana untuk mengatasi berbagai kendala yang mungkin timbul.

8 Pada tahap implementasi keputus- an, manajer perlu mempersiapkan tindakan korektif bila masalah baru muncul dalam pelaksanaan. Tahap ke 7. Evaluasi Hasil-hasil Keputusan. Implementasi keputusan harus dimonitor terus menerus dan ma- najer harus mengevaluasi, apakah keputusan memberikan hasil-hasil yang diinginkan.


Download ppt "VII. PEMBUATAN KEPUTUSAN TIPE – TIPE KEPUTUSAN Pembuatan dapat didefinisikan seba- gai penentuan serangkaian kegiatan untuk mencapai hasil yang diinginkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google