Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENELITIAN SURVEY Disusun oleh :  B Baratama Wicaksana09104241009  V Vivie Widayati09104241011  S Siyam Putri Arti09104241013  D Delan Setyawan09104241022.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENELITIAN SURVEY Disusun oleh :  B Baratama Wicaksana09104241009  V Vivie Widayati09104241011  S Siyam Putri Arti09104241013  D Delan Setyawan09104241022."— Transcript presentasi:

1 PENELITIAN SURVEY Disusun oleh :  B Baratama Wicaksana  V Vivie Widayati  S Siyam Putri Arti  D Delan Setyawan  C Cempaka Lutfiana I  T Teguh Pangesti Rahayu

2 PENGERTIAN Penelitian survey merupakan suatu teknik pengumpulan informasi yang dilakukan dengan cara menyusun daftar pertanyaan yang diajukan pada responden. Dalam penelitian survey, peneliti meneliti karakteristik atau hubungan sebab akibat antar variabel tanpa adanya intervensi peneliti (wikipedia). Penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sample dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok (Singarimbun, 1998).

3 Sumber lain menyebutkan bahwa penelitian survey adalah jenis penelitian dengan cara mengumpulkan data baik berupa informasi, pendapat atau karakteristik dari sekelompok responden yang representative terhadap penelitian tersebut. Jadi, penelitian survey adalah jenis penelitian dengan cara mengumpulkan data berupa informasi dari sekelompok responden yang representative terhadap penelitian tersebut.

4 TUJUAN PENELITIAN Untuk memperoleh fakta dari gejala yang ada Mencari keterangan secara faktual dari suatu kelompok, daerah Melakukan evaluasi serta perbandingan terhadap hal yang telah dilakukan orang lain dalam menangani hal yang serupa Dilakukan terhadap sejumlah individu / unit baik secara sensus maupun secara sampel Hasilnya untuk pembuatan rencana dan pengambilan keputusan

5 JENIS PENELITIAN 1.Penelitian survey berdasarkan lingkup dan fokus dibedakan menjadi dua jenis yaitu : a)Survey Sensus, yaitu Penelitian survey yang melibatkan seluruh populasi dalam penelitian. a)Survey Sample, yaitu Penelitian survey yang tidak melibatkan seluruh populasi melainkan menarik sampel dari populasi tersebut.

6 2.Penelitian survey dibedakan menurut dimensi waktu : a)Longitudinal survey, yaitu Penelitian survey yang mencari informasi pada beberapa waktu tertentu untuk mengetahui dan mengkaji terjadinya perubahan dalam periode waktu tertentu. a)Cross-sectional survey, yaitu Penelitian survey yang meneliti sampel atau populasi pada satu waktu tertentu.

7 Longitudinal survey dibagi lagi menjadi : 1)Panel Study, yaitu Subyek yang diteliti sama selama waktu yang berbeda. 2)Trend Study, yaitu Subyek penelitian berbeda dari populasi yang sama pada waktu yang berbeda. 3)Cohort Study, hampir sama dengan trend study tetapi populasinya lebih spesifik dalam jangka waktu tertentu. Perbedaannya adalah pada trend study tidak ada perubahan pada anggota populasi, sedangkan pada cohort ada perubahan anggota populasi dalam durasi waktu penelitian.

8 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN 1.Menentukan Permasalahan Mencari masalah apa yg akan di angkat. Bisa melalui observasi, pengalaman atau melalui bantuan media. 2.Hipotesis Menebak secara ilmiah dan logis tentang pemecahan suatu masalah penelitian atau dugaan sementara yang memerlukan jawaban secara ilmiah. 3.Menentukan Tujuan Penelitian Penetapan tujuan survey dilakukan dalam rangka menunjukkan fokus perhatian dan upaya yang akan dilakukan.

9 4.Menentukan Tipe Survey Mempertimbangkan tipe, ruang lingkup dan karakteristik komunitas. Peneliti perlu memahami secara mendalam tentang tipe, ruang lingkup dan karakteristik komunitas. 5.Sample Design Menyeleksi personil yang akan dilibatkan dalam kegiatan survei. 6.Menentukan Besarnya Sample Jumlah sample yang sesuai dengan penelitian yang telah mencerminkan seluruh populasi (sample harus sesuai dengan permasalahan yang akan di teliti).

10 7.Membuat Pertanyaan dan Memilih Alat Tes Apa Yang Akan Digunakan Alat tes terdiri dari tiga macam yaitu : Questioner, Skala (Likert-type scale), dan Tes. 8.Menentukan Bentuk ‘Data Collection’ Sesuai Definisi Konseptual Alat Penelitian Pengumpulan data dapat dilakukan dengan teknik : Questionare Observasi Wawancara

11 9.Memproses Data Dari perumusan masalah, hipotesis, dan data sample di kaitkan menjadi satu sehingga menghasilkan data. 10. Melakukan Analysis Data Mengkaji data dari hasil memproses data sebelumnya. 11. Pembahasan Hasil Menarik kesimpulan dari penelitian yang telah di lakukan dan sudah dapat menjawab hipotesis yang telah di buat tadi.

12 TEKNIK PENGUMPULAN DATA Melalui Surat (mail-questionare) Metode wawancara tatap muka (face-to-face interview) Wawancara telepon (telephone interview)

13 ALAT SURVEY Questioner Skala (Likert-type scale) Tes Interview Guide Observation Checklist

14 Questioner Dalam penggunaan alat ini, penelitian banyak mendapatkan data secara faktual. Yes – No question atau skala dikotomus Forced choice Pilihan ganda Open ended question Skala (Likert-type scale) Dalam penggunaan alat ini, jawaban dari subjek akan lebih bersifat konseptual sesuai dengan self-concept masing-masing individu, adanya peran interpretasi dalam menjawab pertanyaan.

15 Tes Dalam penggunaan alat ini, pertanyaan yang di ajukan sudah memiliki standardisasi dan norma yang berlaku terhadap jenis tes yang di gunakan sebagai alat tes. Achievement test Aptitude test Personality test

16 Interview Guide Pedoman wawancara mencakup beberpa hal, diantaranya adalah : Tujuan wawancara Topik yang akan digali Kemungkinan urutan topik yang akan disampaikan Susunan kata – kata untuk pertanyaan khusus Catatan kapan konteks dan transisi akan dilakukan Kemungkinan urutan pertanyaan dalam masing – masing topik

17 Observation Checklist Lembar observasi adalah pedoman terperinci yang berisi langkah – langkah melakukan observasi, mulai dari perumusan masalah, kerangka teori untuk menjabarkan hal yang akan diobservasi, prosedur dan teknik perekaman, dan kriteria analisis dan interpretasi.

18 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN Kelebihan : Survei tidak dihalangi oleh batas-batas geografi dan dapat dilakukan di mana saja, tergantung kepentingan dan sumber daya yang dimiliki oleh peneliti Data yang telah ada di lapangan memberikan kemudahan survei Biasanya melibatkan sejumlah besar orang sehingga dapat digeneralisasi hasilnya Dapat digunakan berbagai teknik pengumpulan Sering ditemukan sesuatu yang belum pernah ditemukan, sehingga sekaligus bersifat eksploratoris Biayanya relatif murah

19 Kekurangan : Mutu informasi sangat bergantung pada kemampuan dan kemauan responden untuk bekerjasama, khususnya jika topik yang sedang diteliti terlalu sensitif Terlalu sering para responden merasa diharuskan mengajukan opini padahal mereka tidak memilikinya, sehingga keabsahan jawaban menjadi sulit Para responden juga bisa menerjemahkan pertanyaan atau konsep secara berbeda dari yang dimaksud oleh peneliti

20 KASUS DENGAN PENELITIAN SURVEY Seorang tamu asing yang mengamati para tukang becak di malioboro yang menawarkan jasa kepada para turis dengan bahasa Inggris, dan ucapannya cukup baik. Timbul minat dalam diri tamu untuk meningkatkan kemampuan para tukang becak tersebut agar terbuka kesempatan bagi mereka untuk mencari lapangan kerja lain. Memang turis yang satu ini tergolong ilmuwan yang mempunyai kegemaran meneliti, sekaligus seorang sosiawan. Tamu yang tinggal beberapa hari ditempat itu sempat melakukan penelitian.

21 Disusunlah rencana penelitian sederhana, dan dirumuskankanlah beberapa problematika penelitian : 1.Ada beberapa tukang becak yang berminat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris? 2.Seberapa tinggi tingkat penguasaan berbahasa Inggris para tukang becak ini? 3.Berapa orangkah ( atau berapa persen) di antara mereka yang berminat mengikuti kursus tambahan bahasa Inggris andaikata kepada mereka diberi kesempatan kursus secara cuma-cuma?

22 4.Adakah kemungkinan mereka menghidupi diri (mungkin dengan keluarga mereka) dengan mata pencaharian lain, misalnya pramuwisata atau penerjemah? 5.Ada berapa orangkah yang berminat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris agar dapat melayani turis secara lebih baik?

23 Dengan mengetahui pendapat umum para tukang becak, peneliti dapat memberikan saran kepada pihak pemerintah atau badan swasta yang berminat untuk menyelenggarakan kursus bahasa Inggris atau pembinaan lain. Sekurang-kurangnya Dinas Pariwisata dengan hasil semacam ini dapat terbantu data yang sangat berharga guna menentukan tindakan lebih lanjut.

24 DAFTAR PUSTAKA Suharsimi, Arikunto Manajemen Penelitian. Jakarta : PT RINEKA CIPTA diunduh pada tanggal 22 Maret diunduh pada tanggal 22 Maret diunduh pada tanggal 22 Maret membahas-tuntas-penelitian-survei/

25


Download ppt "PENELITIAN SURVEY Disusun oleh :  B Baratama Wicaksana09104241009  V Vivie Widayati09104241011  S Siyam Putri Arti09104241013  D Delan Setyawan09104241022."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google