Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

01 Feb 20051 M0414 Analisa Sistem Informasi TINGKATAN DIAGRAM PADA DFD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "01 Feb 20051 M0414 Analisa Sistem Informasi TINGKATAN DIAGRAM PADA DFD."— Transcript presentasi:

1 01 Feb M0414 Analisa Sistem Informasi TINGKATAN DIAGRAM PADA DFD

2 01 Feb TINGKATAN DIAGRAM PADA DFD Context Diagram (Diagram Hubungan, Level 0) Diagram Zero (Diagram 0, Level 1) Diagram Rinci (Level 2, Level 3, dst)

3 01 Feb CONTEXT DIAGRAM Merupakan level tertinggi dari DFD yang menggambarkan seluruh input ke atau output dari sistem. Memberikan gambaran tentang keseluruhan sistem. Sistem dibatasi boundary Hanya ada satu proses. Tidak boleh ada data store.

4 01 Feb DIAGRAM 0 Perlihatkan data store yang digunakan. Untuk proses yang tidak dirinci lagi pada level selanjutnya (functional primitive), tambahkan * pada akhir nomor proses. Keseimbangan input dan output (balancing) antara diagram 0 dengan diagram hubungan harus terpelihara.

5 01 Feb DIAGRAM RINCI Merupakan rincian dari diagram nol atau diagram level di atasnya. Di dalam satu level seyogyanya tidak terdapat lebih dari 7 buah proses dan maksimal 9, bila lebih maka harus dilakukan dekomposisi.

6 01 Feb PENOMORAN LEVEL PADA DFD

7 01 Feb BALANCING DALAM DFD Aliran data yang masuk ke dalam dan keluar dari suatu proses harus sama dengan aliran data yang masuk ke dalam dan keluar dari rincian proses tersebut.

8 01 Feb BALANCING DALAM DFD

9 01 Feb Contoh Kasus: Pada sebuah perusahaan kartu kredit terdapat 3 orang yang bertugas mengelola kegiatan administrasi-nya. Orang pertama menerima tagihan kredit dari pedagang, kemudian melakukan verifikasi terhadap tagihan tersebut. Tagihan yang tidak valid akan dikembalikan kepada pedagang. Orang kedua bertugas membayar tagihan dari pedagang, namun sebelumnya dia harus membuat summary tagihan dari setiap pedagang, kemudian mengumpulkan tagihan tersebut sesuai dengan nama pemegang kartu kredit untuk diserahkan kepada orang ketiga. Orang ketiga mendatakan tagihan tersebut ke dalam setiap account pemilik kartu. Orang kedua melakukan pemotongan sebesar 3% dari total summary tagihan dari setiap pedagang dan kemudian membuat cek untuk dibayarkan kepada pedagang yang bersangkutan. Pembayaran yang telah dilakukan disimpan pada data store. Tugas orang ketiga:  Menerima tagihan untuk pemilik kartu (dari orang kedua) dan melakukan posting ke data store pemilik kartu  Membuat tagihan ke pemilik kartu dan mengirim-kannya  Menerima pembayaran dari pemilik kartu dan mendatakannya ke data store pemilik kartu

10 01 Feb Diagram Context

11 01 Feb Diagram Context ( Level 0 )

12 01 Feb Diagram 0 ( Level 1 )

13 01 Feb Diagram 0 ( Level 1 ) Modifikasi Dekomposisi dapat juga dilakukan walaupun jumlah prosesnya belum mencapai 7 buah

14 01 Feb Diagram 2.0 ( Level 2 )

15 01 Feb Diagram 3.0 ( Level 2 )

16 01 Feb Hal-hal yang perlu diperhatikan pada DFD yang memiliki lebih dari satu level Harus terdapat keseimbangan input dan output antara satu level dengan level berikutnya. Keseimbangan antara level 0 dan level 1 dilihat pada input / output dari aliran data ke / dari terminal pada level 0; sedangkan keseimbangan antara level 1 dan level 2 dilihat pada input / output dari aliran data ke / dari proses yang bersangkutan. Nama aliran data, data store dan terminal pada setiap level harus sama, apabila objeknya sama. Ada sumber buku yang menyatakan terminal tidak perlu digambarkan pada level 1, 2, dst; namun untuk memperjelas diagram, maka sebaiknya terminal tetap digambarkan pada level 1, 2, dst.


Download ppt "01 Feb 20051 M0414 Analisa Sistem Informasi TINGKATAN DIAGRAM PADA DFD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google