Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen Proyek dan Teknologi Informasi Information Technology Project Management, Fourth Edition.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen Proyek dan Teknologi Informasi Information Technology Project Management, Fourth Edition."— Transcript presentasi:

1 Manajemen Proyek dan Teknologi Informasi Information Technology Project Management, Fourth Edition

2 2 Manajemen Proyek Secara Menyeluruh  Proyek harus berjalan dalam lingkungan organisasi keseluruhan.  Manajer proyek harus menggunakan systems thinking:  Mengerti bagaimana proyek berhubungan dengan organisasi.  Manajer senior harus memastikan bahwa proyek mendukung kebutuhan bisnis sekarang.

3 Information Technology Project Management, Fourth Edition3 Sudut Pandang Sistem  Istilah systems approach muncul pada tahun 1950an untuk menggambarkan pendekatan holistik dan analitis terhadap penyelesaian masalah-masalah kompleks.  Mencakup tiga hal:  Filosofi sistem: memandang segala hal sebagai sistem, yang merupakan komponen-komponen yang berinterksi yang bekerja dalam suatu lingkungan untuk memenuhi beberaoa tujuan.  Analisis sistem: pendekatan penyelesaian masalah.  Manajemen sistem: mempertimbangkan isu-isu bisnis, teknologi, dan organisasi sebelum membuat perubahan terhadap sistem.

4 Information Technology Project Management, Fourth Edition4 Three Sphere Model for Systems Management

5 Information Technology Project Management, Fourth Edition5 Memahami Organisasi Kerangka Struktural : Fokus pada peran dan tanggung jawab, koordinasi, dan pengendalian. Dijelaskan dalam struktur organisasi. Kerangka SDM: Fokus pada menjaga keserasian antara kebutuhan organisasi dan kebutuhan orang. Kerangka Politis: Mengasumsikan bahwa organisasi merupakan koalisi yang tersusun dari berbagai kelompok individu dan minat. Konflik dan kekuasaan merupakan isu utama. Kerangka simbolis: Fokus pada simbol dan arti yang berhubungan dengan kejadian. Budaya adalah penting.

6 Information Technology Project Management, Fourth Edition6 Masalah apa yang ada? Banyak proyek enterprise resource planning (ERP) gagal karena isu organisasi, bukan teknis. Misalnya, Sobey’s Canadian grocery store chain membatalkan sistem ERP senilai $90 juta karena masalah organisasi. (Pelajari kasus ERP di Sobey!) *Hoare, Eva. “Software Hardships,” The Herald, Halifax, Nova Scotia (2001).

7 Information Technology Project Management, Fourth Edition7 Banyak Organisasi Fokus pada Kerangka Struktural  Sebagian besar orang mengerti struktur organisasi.  Banyak manajer yang mencoba mengubah struktur organisasi ketika perubahan lain yang justru diperlukan.  Tiga struktur organisasi dasar:  Fungsional: Manajer fungsional melapor pada CEO (Chief Excecutive Officer).  Proyek: Manajer program melapor pada CEO.  Matriks: di antara struktur proyek dan fungsional; personil seringkali melapor pada dua atau lebih atasan

8 Information Technology Project Management, Fourth Edition8 Struktur Organisasi Fungsional, Proyek, and Matriks

9 Information Technology Project Management, Fourth Edition9 Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Proyek

10 Information Technology Project Management, Fourth Edition10 Fase Proyek dan Siklus Hidup Proyek  Siklus hidup proyek adalah kumpulan fase-fase proyek yang menetapkan:  Pekerjaan apa yang akan dilakukan di tiap fase.  Hasil (deliverable) apa yang akan dihasilkan dan kapan.  Siapa yang terlibat dalam tiap fase.  Bagaimana manajemen akan mengendalikan dan menyetujui pekerjaan yang dihasilkan di tiap fase.  Hasil (deliverable) adalah produk atau layanan yang dihasilkan atau disediakan sebagai bagian proyek.

11 Information Technology Project Management, Fourth Edition11 Fase Siklus Hidup Proyek Tradisional

12 Information Technology Project Management, Fourth Edition12 Konteks Proyek TI  Proyek-proyek TI dapat berbeda ukuran, kompleksitas, produk yang dihasilkan, bidang terapan, dan kebutuhan sumberdaya.  Anggota TIM proyek TI seringkali berbeda latar belakang dan keahlian.  Proyek-proyek TI menggunakan teknologi yang berbeda yang berubah cepat. Bahkan dalam satu bidang teknologi, orang harus sangat spesialis.


Download ppt "Manajemen Proyek dan Teknologi Informasi Information Technology Project Management, Fourth Edition."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google