Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENJADWALAN CPU By: Asriadi Pertemuan 9. Pendahuluan Penjadwalan CPU adalah suatu proses pengaturan atau penjadwalan proses - proses yang ada di dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENJADWALAN CPU By: Asriadi Pertemuan 9. Pendahuluan Penjadwalan CPU adalah suatu proses pengaturan atau penjadwalan proses - proses yang ada di dalam."— Transcript presentasi:

1 PENJADWALAN CPU By: Asriadi Pertemuan 9

2 Pendahuluan Penjadwalan CPU adalah suatu proses pengaturan atau penjadwalan proses - proses yang ada di dalam komputer. CPU scheduling sangat penting dalam menentukan performance sebuah komputer karena mengatur alokasi resource dari CPU untuk menjalankan proses-proses di dalam komputer. CPU scheduling merupakan suatu konsep dasar dari multiprogramming, karena dengan adanya penjadwalan dari CPU itu sendiri maka proses-proses tersebut akan mendapatkan alokasi resource dari CPU.

3 Penjadwalan CPU adalah basis dari multi-programming sistem operasi. Multiprogramming adalah suatu proses menjalankan proses-proses di dalam komputer secara bersamaan (yang disebut paralel). Multiprogramming dapat meningkatkan produktivitas dari sebuah komputer. Tujuan dari multiprogramming adalah menjalankan banyak proses secara bersamaan, untuk meningkatkan performance dari komputer.

4 Siklus Burst CPU M/K Keberhasilan dari penjadwalan CPU tergantung dari beberapa properti prosesor. Pengeksekusian dari proses tersebut terdiri atas siklus CPU ekskusi dan M/K Wait. Proses hanya akan bolak-balik dari dua state ini. Pengeksekusian proses dimulai dengan CPU Burst, setelah itu diikuti oleh M/K burst, kemudian CPU Burst lagi lalu M/K Burst lagi begitu seterusnya dan dilakukan secara bergiliran. Dan, CPU Burst terakhir, akan berakhir dengan permintaan sistem untuk mengakhiri pengeksekusian daripada melalui M/K Burst lagi. Kejadian siklus Burst akan dijelaskan padagambar di slide selanjutnya.

5 Gambar : Siklus Burst

6 Durasi dari CPU bust ini telah diukur secara ekstensif, walau pun mereka sangat berbeda dari proses ke prose. Mereka mempunyai frekeunsi kurva yang sama seperti yang diperlihatkan pada Gambar “Diagram Burst”.

7 Gambar: Diagram Burst

8 Dispactcher Komponen yang lain yang terlibat dalam penjadwalan CPU adalan dispatcher. Dispatcher adalah modul yang memberikan kontrol CPU kepada proses yang fungsinya adalah: 1.Switching context 2.Switching to user mode 3.Lompat dari suatu bagian di progam user untuk mengulang progam.

9 Penjadwalan CPU Penjadwalan CPU mungkin akan dijalankan ketika proses dalam keadaan: 1.Berubah dari running ke waiting state. 2.Berubah dari running ke ready state. 3.Berubah dari waiting ke ready. 4.Terminates.

10 Kriteria Penjadwalan Suatu Algoritma penjadwalan CPU yang berbeda dapat mempunyai nilai yang berbeda untuk sistem yang berbeda. Banyak kriteria yang bisa dipakai untuk menilai algoritma penjadwalan CPU.

11 Kriteria yang digunakan dalam menilai adalah: 1.CPU Utilization 2.Throughput 3.Turnaroud Time 4.Waiting Time 5.Response time


Download ppt "PENJADWALAN CPU By: Asriadi Pertemuan 9. Pendahuluan Penjadwalan CPU adalah suatu proses pengaturan atau penjadwalan proses - proses yang ada di dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google