Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teflon adalah lapisan anti lengket,sejenis plastik yang di temukan oleh Roy J Plunkett di Du Pont pada tahun 1938.Teflon sangat licin,belakangan orang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teflon adalah lapisan anti lengket,sejenis plastik yang di temukan oleh Roy J Plunkett di Du Pont pada tahun 1938.Teflon sangat licin,belakangan orang."— Transcript presentasi:

1

2 Teflon adalah lapisan anti lengket,sejenis plastik yang di temukan oleh Roy J Plunkett di Du Pont pada tahun 1938.Teflon sangat licin,belakangan orang memanfaatkan Teflon untuk melapisi wajan agar wajannya tidak mudah lengket. Teflon sendiri adalah merek lapisan anti lengket dari perusahaan Du Pont.Teflon sudah menjadi merek generik untuk lapisan anti lengket di berbagai negara termasuk Indonesia.

3 Peralatan masak antilengket (teflon) Teflon adalah merek dagang dari plastic politetrafluoroetena. Plastic ini bersifat keras, kaku, tahan panas (titik leleh 3200C), dan tahan terhadap bahan kimia. Teflon digunakan sebagai pelapis alat masak, setrika dan alat-alat yang digunakan dalam proses produksi makanan, minuman serta bahan kimia. Teflon merupakan salah satu dari polimer yang banyak digunakan oleh manusia. Teflon tidak mengandung atom hydrogen, hanya karbon dan fluor. Sifat ini menyebabkan hamper tak ada zat yang dapat bereaksi dengan Teflon. Sifat lainnya, Teflon memiliki koefisien gesek yang rendah dan tidak basah jika dimasukkan zat cair. Itulah sebabnya mengapa Teflon digunakan sebagai alat masak.

4 Lapisan anti lengket/Teflon di indonesia banyak di gunakan pada peralatan rumah tangga sehari-hari, contohnya seperti penggorengan, kuali, penanak nasi elektrik dan juga setrika. Lapisan ini sangat menolong karena kegunaannya dalam memasak, yaitu Mengurangi penggunaan minyak goreng atau margarine yang berlemak tinggi; dan Mudah di bersihkan pada peralatan setelah di gunakan.

5 Bahaya penggunaan lapisan Teflon lebih di karenakan anti lengket tersebut mudah tergores dan terkelupas yang di gunakan pada peralatan masak. Lapisan yang terkelupas ini apabila tercampur dengan makanan sangat berbahaya, karena zat kimia pada lapisan anti lengket mengandung berbagai logam yang berbahaya seperti mercuri dan zat PFOA yang bersifat karsinogen.

6 Karena Teflon hanya bersifat lapisan,Teflon juga bisa terkelupas.Perawatan dan penggunaannya juga khusus mengingat lapisan Teflon ini juga terdiri dari bahan kimia yaitu polytetraflurotheytene (PTFE),maka terkelupasnya lapisan Teflon dapat di cegah dengan cara : 1.Teflon bisa di gunakan dari low hingga medium heat, memapar Teflon pada suhu di atas 250 derajat C bisa menyebabkan senyawa kimia menguap menjadi gas beracun. 2.Jangan menggunakan pengaduk,penggosok,sikat garpu dan pisau dari metal diatas alat Teflon karena bisa mengelupas lapisannya. Lapisan yang terkelupas jika ikut termakan akan berbahaya untuk kesehatan.

7 3.Jangan langsung menyiram Teflon panas dengan air dingin karena lapisan Teflon akan semakin mudah mengelupas akibat perbedaan suhu yang terlalu drastis 4.Jangan menggunakan sabun yang keras. Untuk mencuci biasa, gunakan air sabun yang lembut untuk pembersihan berkala, ukup larutkan 2 sdm baking soda ke dalam 250 ml air. 5.Tuangkan secukupnya pada Teflon dan panaskan Teflon dengan panas medium selama 5 menit, biarkan dingin, kemudian bilas dan keringkan.

8

9


Download ppt "Teflon adalah lapisan anti lengket,sejenis plastik yang di temukan oleh Roy J Plunkett di Du Pont pada tahun 1938.Teflon sangat licin,belakangan orang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google