Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ISLAM, IPTEK DAN SENI. ILMU PENGETAHUAN Suatu sistem dari pelbagai pengetahuan masing-masing mengenai suatu lapangan pengetahuan tertentu yang disusun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ISLAM, IPTEK DAN SENI. ILMU PENGETAHUAN Suatu sistem dari pelbagai pengetahuan masing-masing mengenai suatu lapangan pengetahuan tertentu yang disusun."— Transcript presentasi:

1 ISLAM, IPTEK DAN SENI

2 ILMU PENGETAHUAN Suatu sistem dari pelbagai pengetahuan masing-masing mengenai suatu lapangan pengetahuan tertentu yang disusun sedemikian rupa menurut asas tertentu sehingga menjadi kesatuan suatu sistem. Pelbagai pengetahuan masing-masing didapatkan sebagai hasil pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan memakai metode tertentu, yakni induksi dan deduksi (Ensiklolpedi Indonesia).

3 ILMU PENGETAHUAN Pengetahun yang disusun dalam suatu sistem yang berasal dari penngamatan, pembelajaran, dan pengalaman untuk menentukan hakekat prinsip yang sedang dipelajari (Ashey Montagu). Common service yang disusun dan diorganisasikan untuk mengadakan pendekatan terhadap objek benda maupun peristiwa dengan menggunakan metode- metode observasi yang teliti dan kritik.

4 SUMBER Instink (gharizah), misal butuh makan karena lapar Indera (hawas) yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, perasa. Intuisi (irhas), yaitu ilham, firasat Akal, yaitu kerja otak berfikir, meneliti Wahyu, untuk para Nabi dan Rasul, kalau manusia biasa dari Al Quran dan Hadits

5 CIRI-CIRI Bersifat umum, semua orang dapat menguji kebenaran dan mengunakannya Kebenarannya tidak mutlak, dapat keliru atau salah Rasional, sesuai pemikiran manusia Empiris, obyektif, berdasar uji coba dan observasi Akumulatif, milik bersama, semua orang dapat mengembangkan dan menggunakan

6 KEWAJIBAN Islam mewajibkan manusia menuntut ilmu (QS Al Alaq 96:1-5, QS An Nahl 16:43, QS At Taubah 9:122, Hadist) Fardhu ‘ain, setiap individu muslim wajib mempelajari pokok-pokok ibadah mahdhah. Fardhu kifayah, kewajiban bersama untuk menuntut ilmu pengetahuan tentang kepentingan masyarakat muslim dan umum. Bila sebagian muslim telah mempelajarinya, maka sebagian lain tidak wajib mempelajarinya.

7 AYAT-2 IPTEK Astronomi, meteorology, fisika, kimia dan matematika (QS Adz Dzariyat 51:47-48, QS Al Furqan 25:61-62, QS Yasin 36:38-40, QS Al Anbiya 21:30-33, QS Ar Rahman 55:33, QS Al Waqi’ah 56: 75-76) Biologi, botani, pertanian, zoologi (QS Al An’am 6:99, QS Ar Ra’du 113:4, QS An Nahl 16:10, QS Qaf 50:9-11 dan QS ‘Abasa 80:24-32, QS An Nur 24:45, QS Al Ghasiyah 88:17) Kedokteran, ilmu penyakit, lingkungan hidup (QS Al Mu’minun 23:12-24, QS Al Baqarah 2:26)

8 HADITS-2 IPTEK Pertanian : Tidaklah seorang muslimpun yang bertani atau bercocok tanam, lalu hasilnya dimakan burung, orang atau hewan, kecuali hal itu akan menjadi sedekah baginya (HR Bukhari Muslim) Kedokteran : Wahai hamba Allah. Berobatlah kalian kerana sesungguhnya Allah tidak menurunkan penyakit melainkan Dia memberi obat (penawarnya), kecuali satu penyakit tua (pikun) (HR Ahmad).

9 HADITS-2 IPTEK Pertanian : Barangsiapa menggarap tanah yang tidak dimiliki siapapun, dia lebih berhak atas tanah tersebut (HR Bukhari) Seni : Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan. Dia juga suka melihat tanda-tanda kenikmatan-Nya itu terlihat pada hamba-Nya. Allah tidak suka kemelaratan dan sifat pura- pura melarat (HR Baihaqy)

10 IPTEK KONTEMPORER Bayi Tabung (BT) dalam Islam disebut thifl al anabib, sedangkan inseminasi buatan (IB) disebut at talqih al shinai. Teknik BT dilakukan dengan mengambil sperma suami dan ovum istri disatukan diluar kandungan (in vitro). Mediumnya adalah tabung khusus. Setelah beberapa hari hasil pembuahan (embryo atau zigot) dipindahkan ke rahim istri.

11 IPTEK KONTEMPORER BTdilakukan karena suami mengalami oligospermia (sperma sangat sedikit atau sperma lemah) BT dilakukan karena istri mengalami kerusakan saluran telur, lendir rahim tidak normal, gangguan kekebalan, tidak hamil meski saluran telur telah dibedah, syndrome LUV (tidak pecah gelembung cairan telur), syndrome rokytansky (kelainan bawaan rahim), infeksi alat kandungan, tumor rahim dan bekas operasi rahim

12 IPTEK KONTEMPORER Teknik IB dilakukan dengan sperma diambil dari suami lalu disuntikkan kedalam rahim istri sehingga terjadi pembuahan dan kehamilan. IB dilakukan karena menglami kesulitan dalam pembuahan alami, sperma suami lemah atau tidak terjadi pertemuan sperma dengan ovum

13 IPTEK KONTEMPORER Aborsi sejak terjadi pembuahan sel telur oleh sperma hukumnya haram. Atas pertimbangan medis abortus boleh. Dalilnya qaidah fiqh “Menempuh salah satu tindakan yang lebih ringan dari dua hal yang berbahaya itu adalah wajib” Mati dini (euthanasia) hukumnya haram. Dalilnya “Dan jangan kamu membunuh dirimu. Sesungguhnya Allah Maha penyayang kepadamu” (QS An Nisa 4: 29)

14 SENI Seni (art) adalah suatu kemahiran dalam membuat barang-barang atau mengerjakan sesuatu. Dari segi kegiatan manusia, seni adalah kegiatan menciptakan sesuatu beda yang indah dan menyenangkan. Karya seni adalah benda ciptaan atau produk dari kegiatan seni.Terdapat dua teori seni, yatitu teori bentuk (Formalist Theory) dan Teori Pengungkapan (Expression Theory).

15 SENI Seni sebagai bentuk yang menimbulkan tangapan perasaan estetis pada diri seseorang (QS Al Fatir 535: 27-28, QS Al Hijr 15:19, QS Al Mulk 67 : 3-5) Manusia diciptakan Allah sebagai makhluk yang paling indah (QS Al Mukminun 40:64, QS Ath Thaghabun 64:35, QS As Sajdah 32:7)

16 SENI Keindahan adalah ungkapan perasaan manusia yang timbul dari dalam diri mereka (QS An Nahl 16:5-6) Perasaan seni alat mempertajam kepekaan rasa (QS Al Hijr 15:16) Penyaksian keagungan Allah sebagai puncak ungkapan seni (QS Al Furqan 25:61-62, QS Al Qaaf 50:6-8, QS Al Anam 6: 95)


Download ppt "ISLAM, IPTEK DAN SENI. ILMU PENGETAHUAN Suatu sistem dari pelbagai pengetahuan masing-masing mengenai suatu lapangan pengetahuan tertentu yang disusun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google