Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LABEL VB.NET menyebut komponen pada Form seperti tombol, Textbox dan lainnya sebagai control yang ditemukan pada class : System.Windows.Foems.Control Label.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LABEL VB.NET menyebut komponen pada Form seperti tombol, Textbox dan lainnya sebagai control yang ditemukan pada class : System.Windows.Foems.Control Label."— Transcript presentasi:

1 LABEL VB.NET menyebut komponen pada Form seperti tombol, Textbox dan lainnya sebagai control yang ditemukan pada class : System.Windows.Foems.Control Label dapat menampilkan text, tetapi tidak mengijinkan user mengedit secara langsung seperti pada Textbox. Properti penting dari label antara lain : - Font Menentukan bentuk font seperti Arial, Tahoma dan juga besaran dari Font tersebut (Size) - TextAlign Letak dari teks, melalui kombinasi left, center, right, top dan middle - Text Isi dari Label berupa teks - BorderStyle Bentuk dari keliling label dalam bentuk FixedSingle atau Fixed3D

2 TextBox Seperti juga label, textbox mempunyai properti yang hampir sama. Textbox umumnya digunakan untuk mengisi dan menampilkan teks yang berasal dari database (sebagai data entry) Properti Text dari textbox umumnya adalah kosong dan akan diisi pada saat Run Time

3 Radio Button RadioButton digunakan untuk memilih satu dari beberapa pilihan. Jika Obyek Radio Button ditambah, maka secara otomatis semua radio button menjadi satu kelompok, artinya jika terdapat banyak radio button, maka hanya ada satu radio button yang aktif dalam satu waktu. Untuk mengambil nilai radio button diperlukan properti checked. Jika True, maka radio button tersebut aktif. Untuk membuat beberapa kelompok radio button diperlukan bantuan groupbox atau Panel, yaitu dalam satu GroupBox ada satu kelompok radioButton. CheckBox CheckBox memberikan status input berupa nilai boolean True atau False. Objek CheckBox umumnya diberikan prefix chk untuk penamaan obyek tersebut.

4 PictureBox Picturebox digunakan untuk menempatkan gambar dalam format Bitmap, Icon, Metafile wmf, JPEG, GIF atau PNG (Portable Network Graphic) Untuk menggambar image diperlukan metode dari : System.Drawing.Image.FromFile(“NamFile”) Properti yang bisa diatur antara lain : BorderStyle : Untuk memberikan frame pada PictureBox SizeMode (Stretch,Autosize) untuk mengatur ukuran gambar yang tampil

5 ListBox Listbox merupakan input control terdiri atas elemen yang merupakan sebuah daftar teks yang dapat dipilih berdasarkan index dimulai dari 0 sampai maksimum jumlah index dikurangi 1 Untuk mengaktifkan Listbox, tarik icon Listbox dari Toolbox dan letakkan pada form. Inisialisasi Listbox dapat dilakukan pada saat Form ditampilkan, yaitu pada event Form_Load() Metoda Add() digunakan untuk menambah elemen pada Class Lisbox.Items Untuk membaca baris teks yang dipilih, gunakan properti SelectedItem dan untuk mengetahui index aktual, gunakan SelectedIndex ComboBox Seperti juga Listbox, Combobox terdiri atas daftar teks yang diatur melalui index. Combobox tidak menampilkan seluruh isi daftar tersebut, malainkan melalui mekanisme “Drop Down” daftar tersebut akan ditampilkan dan kemudian dipilih. Untuk mengambil nilai teks yang dipilih, gunakan properti SelectedItem.

6 Membuat Menu VB.Net tidak lagi menggunakan Menu Editor seperti pada Visual Basic 6, obyek menu langsung diciptakan melalui control yang disebut MainMenu (berada pada ToolBox) Tarik MainMenu dari Toolbox, letakkan diatas Form. Simbol MainMenu1 muncul pada bagian bawah form, merupakan area penempatan tersendiri yang disebut sebagai ‘Component Tray’ Pada area dengan tulisan ‘Type Here’ tulis judul dari menuitem yang diinginkan. Pada saat penulisan, maka akan muncul menu dan sub menu berikutnya. Separator Separator adalah garis pemisah antara 2 buah menu. Separator umunya digunakan untuk memisahkan menu yang secara fungsional berbeda. Untuk menempatkan separator, pada ‘Type Here’, klik kanan dan pilih Insert Separator Multiple Form di VB.Net MDI(Multiple Document Interface) di dalam Vb. Net tidak lagi menggunakan form khusus seperti yang terdapat pada VB 6.0, dikenal sebagai MDI Form. Di dalam VB.Net semua form adalah sama. Untuk menjadikan suatu form menjadi sebuah MDI Parent, maka properti dari form yaitu IsMDIContainer diberikan nilai True.


Download ppt "LABEL VB.NET menyebut komponen pada Form seperti tombol, Textbox dan lainnya sebagai control yang ditemukan pada class : System.Windows.Foems.Control Label."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google