Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR-DASAR JARINGAN INTERNET DAN INTRANET. 1. Sejarah Jaringan Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika. Pada mulanya proyek tersebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR-DASAR JARINGAN INTERNET DAN INTRANET. 1. Sejarah Jaringan Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika. Pada mulanya proyek tersebut."— Transcript presentasi:

1 DASAR-DASAR JARINGAN INTERNET DAN INTRANET

2 1. Sejarah Jaringan Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang dipakai secara bersamaan. Pada tahun an ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu, yang dikenal dengan TSS (Time Sharing System), sehingga sebuah komputer bisa melayani komputer lainnya.

3 Memasuki tahun 1970-an digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing), dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi telekomunikasi.

4 Selanjutnya penggunaan komputer dan jaringannya mulai beragam mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer tanpa adanya sever, mulailah berkembang LAN. Demikian pula ketika internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN behubungan dan membentuk jaringan raksasa WAN (Wide Area Network).

5 2. Akses Internet melalui jaringan Bila jaringan komputer terhubung ke internet, komputer server dapat berfungsi sebagai gateway atau gerbang atau jalur yang digunakan komputer client untuk mengakses internet.

6 3. Jaringan komputer menurut lingkup jangkauannya Logisnya, jaringan itu membutuhkan jarak antar host. Setiap host tidak pasti berada pada tempat dan jarak yang sama, karena memang mungkin faktor kebutuhan dan juga adaptasi dengan lingkungan.

7 Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, diciptakanlah berbagai perangkat yang dapat meminimalisir lambatnya transfer data yang diakibatkan jarak yang jauh dari server.

8 1. Sistem dan Manfaat Jaringan 1.1. Sistem jaringan Internet Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan- jaringan komputer di seluruh dunia. Internet berguna untuk berkomunikasi maupun tukar menukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya

9 1.2. Sistem jaringan Intranet Intranet merupakan sebuah jaringan yang dibangun berdasarkan teknologi Internet, yang didalamnya juga terdapat komponen yang dimiliki Internet, seperti ; Browser, kokputer server, perangkat jaringan, TCP/IP, Bahasa program, dll.

10 1.3. Manfaat jaringan a.Membagi sumber daya Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumberdaya yang dimaksud misalnya modem, printer, scanner, dll.

11 b. Reliabilitas tinggi Jaringan komputer memungkinkan untuk membuat salinan (copy) data-data ke komputer lain. Dengan demikian, apabila data di satu komkputer rusak/hilang, masih dapat menggunakan data di komputer lainnya.

12 c. Menghemat biaya (uang) Dengan menggunakan jaringan, satu buah sumber daya dapat digunakan bersama- sama antara dua komputer atau lebih, sehingga tidak perlu melengkapi satu komputer dengan satu sumber daya. Misalnya printer, tidak perlu satu komputer satu printer, akan tetapi satu printer dapat digunakan bersama-sama atar komputer lain dalam jaringan.

13 d. Sarana komunkasi Dengan adanya jaringan yang menghubung kan komputer satu dengan yang lain dimungkinkan adanya komunikasi dua arah antar pengguna komputer. Kelebihan ini digunakan unutk melakukan sosialisasi, misalnya undangan rapat

14 2. Macam-macam jaringan 1.1. Berdasarkan jarak jangkauan geografis A. LAN (LOCAL AREA NETWORK) LAN, merupakan jaringan didalam sebuah ruangan atau gedung yang ukurannya beberapa meter saja. LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan computer pribadi untuk memakai sumberdaya secara bersama-sama (resource)

15 B. MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK) MAN, pada dasarnya adalah LAN yang ukuran dan jangkauannya lebih luas. MAN dapat mencakup gedung-gedung yang letaknya berdekatan dalam sebuah kota. Teknologinya tidak berbeda dengan LAN

16 C. WAN (WIDE AREA NETWORK) WAN, (secara geografis) daerah jangkaunnya lebih luas bila dibandingkan dengan LAN atau MAN, bahkan WAN dapat mencakup wilayah antar Negara bahkan antar Benua

17 1. TOPOLOGI STAR Cara ini menggunakan satu komputer sebagai pusat (Sever) dan komputer yang lain terhubung sendiri-sendiri. 1.2 Berdasarkan bentuk jaringan

18 Kelebihan dan kelemahannya Kelebihan 1.Jaringan mudah dikembangkan, dengan cara menarik kabel. 2.Jika terdapat satu kabel putus, tidak akan mempengaruhi jaringan secara keseluruhan 3.Kontrol manajemen lebih mudah karena semuanya terpusat ke satu server

19 Kelemahannya 1.Jika sentral rusak, maka semua komputer dalam jaringan tidak berfungsi. 2.Bila pengiriman data secara bersamaan, dapat terjadi tabrakan data (collision)

20 MODEL STAR Server Clinet

21 2. TOPOLOGI BUS Pada cara ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang di sebut BUS.

22 Kelebihan dan kelemahannya Kelebihan 1.Harga lebih murah bila dibandingkan dengan star karena harga kabel yang digunakan lebih murah. 2.Pada jaringan dengan topologi ini tidak dibutuhkan konsentrator.

23 Kelemahannya 1.Sering terjadi tabrakan data (collition) yang dikirim. 2.Untuk pengembangan ke arah yang lebih luas mengalami hambatan.

24 MODEL BUS Server Clinet

25 3. MODEL CINCIN (Ring) Pada cara ini semua komputer saling berhubungan, seolah-olah membentuk sebuah lingkaran. Kelemahannya bila satu unit komputer terjadi kerusakan maka semua unit komputer tidak bisa bekerja.

26 Kelebihan dan kelemahannya Kelebihannya 1.Dapat menghindari tabrakan data yang dikirim, karena data mengalir dalam satu arah. 2.Untuk membangun jaringan lebih murah bila dibandingkan dengan model STAR. 3.Semua komputer mempunyai status yang sama.

27 Kelemahnnya 1.Apabila terjadi kabel yang putus, semua komputer tidak dapat digunakan. 2.Sulit untuk pengembangan jaringan ke arah yang lebih luas.

28 MODEL RING Clinet Server


Download ppt "DASAR-DASAR JARINGAN INTERNET DAN INTRANET. 1. Sejarah Jaringan Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika. Pada mulanya proyek tersebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google