Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 28 REVIEW Dasar Pemrograman. 1.Buatlah sebuah program yang menampilkan nama dan NPM Anda pada keluaran di layar. Contoh : 2.Buatlah sebuah program.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 28 REVIEW Dasar Pemrograman. 1.Buatlah sebuah program yang menampilkan nama dan NPM Anda pada keluaran di layar. Contoh : 2.Buatlah sebuah program."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 28 REVIEW Dasar Pemrograman

2 1.Buatlah sebuah program yang menampilkan nama dan NPM Anda pada keluaran di layar. Contoh : 2.Buatlah sebuah program yang menampilkan keluaran pada layar sebagai berikut :

3 3.Tentukan apakah identifier di bawah ini valid atau tidak : avanZA from-to $camry v10s _avaloN Roger7 Good/bad 4ever NiCknAMe% A Valid One Valid? (yes) namaKecilPanggil an netto|bruto PT-1 #brg Nama Barang 2semester jaWab4n Per?an hargaBarang

4 4.Buatlah program seperti tampilan di bawah ini dengan menggunakan variabel bertipe data yang sesuai atau konstanta bernama.

5 5.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan sebagai berikut :

6 6.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan sebagai berikut : NPM, Nama, dan Alamat diinput user.

7 7.Buatlah sebuah program C++ yang menerima input dua buah bilangan (a dan b) dan kemudian menampilkan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan sisa baginya seperti tampilan di bawah ini.

8 8.Buatlah sebuah program C++ untuk melakukan operasi-operasi aritmatika berturut-turut : penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan sisa bagi. Masing-masing terhadap hasil operasi sebelumnya. NB : hanya boleh menggunakan 2 variabel saja.

9 9.Buatlah sebuah program C++ untuk menghitung luas lingkaran (L = Пr 2 ) dengan nilai П = dan r adalah panjang jari-jari yang diinput user. 10.Buatlah sebuah program C++ untuk menghitung : 11.Buatlah sebuah program C++ untuk kondisi bila nilai yang diinput user kurang dari 60 maka “Tidak Lulus” dan bila di atas atau sama dengan 60 maka “Lulus”. (Gunakan operator ternary)

10 12.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan pilihan film yang berbeda berdasarkan input umur. Jika umur lebih dari sama dengan 17 tahun, maka dapat menonton film : - Terminator / Studio 1 - Twilight / Studio 2 - Insidious / Studio 3 Jika tidak, maka dapat menonton film : - Doraemon / Studio 4 - Harry Potter / Studio 5

11 13.Buatlah sebuah program C++ untuk menerima input dua buah bilangan dari user, kemudian bila bilangan pertama lebih besar sama dengan bilangan kedua maka tampilkan hasil pengurangan dua bilangan tersebut, bila sebaliknya maka tampilkan hasil penjumlahan dua bilangan itu. 14.Buatlah sebuah program C++ untuk menerima input pilihan berupa satu angka. Bila user menginput angka 1 maka user diminta memasukkan nilai jari-jari lalu tampilkan hasil perhitungan luas lingkaran. Bila input selain angka 1 maka user diminta memasukkan nilai panjang dan lebar lalu tampilkan juga hasil perhitungan luas perseginya.

12 15.Buatlah sebuah program C++ yang menerima input dari user berupa bilangan bulat dan mengecek apakah bilangan itu adalah bilangan bulat positif, bulat negatif, atau bilangan nol. 16.Buatlah sebuah program C++ yang menerima input dari user berupa angka dan mengecek apakah angka tersebut adalah bilangan genap atau bilangan ganjil. 17.Buatlah sebuah program C++ untuk login user. Apabila username sama dengan nama anda dan password sama dengan npm anda, maka masuk sebagai admin, apabila password sama dengan tanggal lahir anda, maka masuk sebagai user.

13 18.Buatlah sebuah program C++ seperti tampilan di bawah ini : Bila user memilih ‘1’ maka akan dilakukan perhitungan luas persegi, bila user memilih ‘2’ maka akan dilakukan perhitungan luas persegi panjang, bila user memilih ‘3’ maka akan dilakukan perhitungan luas segitiga, dan bila user memasukkan pilihan lain akan muncul pesan kesalahan memilih. (seperti tampilan berikut)

14

15 19.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan nama dan harga barang sesuai pilihan kode barang berikut ini : (gunakan IF dan SWITCH) kode_barangnama_barangharga AMouse Optik50000 BKeyboard CMonitor LCD DFlashdisk 2GB80000 ECooling Fan FSpeaker lainnyaKode Salah

16 20.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan berikut ini : (gunakan SWITCH) Bila user memilih ‘1’ maka akan dilakukan perhitungan luas persegi, bila user memilih ‘2’ maka akan dilakukan perhitungan luas persegi panjang, bila user memilih ‘3’ maka akan dilakukan perhitungan luas segitiga, dan bila user memasukkan pilihan lain akan muncul pesan kesalahan memilih. (seperti tampilan berikut)

17

18 21.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan hasil diagnosa kebutuhan susu sesuai input umur konsumen. (Lihat tabel) <= 17 tahun Susu Nutrisi >17 tahun Susu Kalsium < 5 thNutrisi AHA – DHA18 – 25 thCalsium Teen 6 – 10 thNutrisi Active26 – 50 thCalsium Active 11 – 17 thNutrisi Teen> 50 thCalsium Gold

19 22.Buatlah sebuah program C++ untuk menerima input dari user berupa suatu bilangan bulat, kemudian tampilkan hasil mengecek apakah bilangan itu adalah - bilangan bulat positif genap, - bilangan bulat positif ganjil, - bilangan bulat negatif genap, - bilangan bulat negatif ganjil, - bilangan bulat nol.

20 23.Buatlah sebuah program C++ untuk menghitung upah karyawan dengan menginput golongan dan lama jam kerja karyawan per hari dan hitung upah berdasarkan golongan. Bila jam kerja per hari lebih dari 10 jam maka dapat upah lembur. GolonganUpah per jamLembur per jam Misal seorang karyawan golongan 1 input jam kerja = 12 jam, maka upah per hari nya :  12 jam (10 jam biasa + 2 jam lembur) upah = (10 jam x 7000) + (2 jam x 10000) = 90000

21 24.Buatlah sebuah program C++ untuk menentukan apakah seseorang itu kurus, normal, ideal, kelebihan berat badan, atau obesitas, dengan : Input berupa tinggi badan(cm) dan berat badan(kg). Berat badan ideal = (100 - tinggi badan)*90% Kurus : 10% lebih kecil dari berat badan ideal. Normal : tidak kurang atau lebih dari 10% berat badan ideal. Kelebihan : 10% sampai 20% lebih dari berat badan ideal. Obesitas : lebih dari 20% berat badan ideal. Misal : Tinggi = 50cm, berat = 40kg, maka Berat idealnya = ( ) * 0.9 = 45 kategori KURUS (40 lebih kecil 10% dari 45)

22 25.Buatlah sebuah program C++ (dengan While) untuk : 1.Menampilkan 20 buah huruf C. 2.Menampilkan angka 1 – Menampilkan angka 20 – 1. 4.Menampilkan angka ganjil dari 1 – Menampilkan angka genap dari 1 – Menampilkan bilangan kelipatan 3 dari 1 – Bertanya kepada user “Apakah ingin membeli?” sampai dijawab “ya”. 8.Menampilkan bilangan kelipatan 8 dari rentang 1 sampai batas rentang yang diinput user.

23 26.Buatlah sebuah program C++ (dengan do…while) untuk : 1.Menampilkan 20 buah huruf C. 2.Menampilkan angka 1 – Menampilkan angka 20 – 1. 4.Menampilkan angka ganjil dari 1 – Menampilkan angka genap dari 1 – Menampilkan bilangan kelipatan 3 dari 1 – Bertanya kepada user “Apakah ingin membeli?” sampai dijawab “ya”. 8.Menampilkan bilangan kelipatan 8 dari rentang 1 sampai batas rentang yang diinput user.

24 27.Buatlah sebuah program C++ yang menerima input berupa jumlah barang dan harga barang, yang kemudian menampilkan total harganya. Setelah program berakhir, user ditanya apakah mau mengulang menjalankan program atau tidak. Jika menjawab ‘Y’ maka program diulang dari awal, jika menjawab ‘T’ maka program selesai.

25 28.Dengan perulangan FOR : 1.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan angka 1 – Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan bilangan genap di antara 1 sampai dengan Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan bilangan kelipatan 5 di antara 1 sampai 100.

26 29.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan berikut ini : 30.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan deret aritmatika sesuai input user (awal, beda, suku akhir) dan menampilkan total deret tersebut.

27 31.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan deret geometri sesuai input user (awal, rasio, jumlah suku) dan menampilkan total deret tersebut. 32.Buatlah program untuk menghitung total bunga yang dimiliki nasabah setelah n tahun dengan setoran awal x dan bunga y. (gunakan FOR)

28 33.Buatlah sebuah program C++ untuk menghasilkan tampilan sebagai berikut :

29 34.Buatlah sebuah program C++ untuk menghasilkan tampilan sebagai berikut :

30 35.Buatlah sebuah program C++ untuk menghasilkan tampilan sebagai berikut :

31 36.Buatlah sebuah program C++ untuk menghasilkan tampilan sebagai berikut :

32 37.Buatlah sebuah program C++ untuk menghasilkan tampilan sebagai berikut :

33 38.Buatlah sebuah program C++ untuk menghasilkan tampilan sebagai berikut :

34 39.Buatlah sebuah program C++ untuk menghitung total angka yang dimasukkan oleh user. Jika nilai yang dimasukkan di bawah 0 maka user diminta untuk menginput nilai lagi, jika nilai yang dimasukkan sama dengan 0 maka proses input berhenti dan tampilkan total angka.

35 40.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan berikut : Input nilai dari user, bila nilai yang diinput lebih dari 100 maka nilai tidak valid dan user diminta input ulang, bila nilai yang diinput negatif maka input diakhiri dan tampilkan total nilai serta rata-ratanya.

36 41.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan gambar segitiga berdasarkan input tinggi segitiga dari user.

37 42.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan gambar segitiga seperti tampilan di samping berdasarkan input jumlah bintang dari baris terpanjang.

38 43.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan gambar seperti tampilan berikut.

39 44.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan semua huruf konsonan dari A sampai Z. 45.Buatlah sebuah program C++ untuk menentukan suatu bilangan yang diinput user merupakan bilangan prima atau bukan. 46.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan bilangan prima antara 1 sampai Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan n bilangan prima pertama dengan n diinput user.

40 48.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan gambar nama anda masing-masing menggunakan karakter bintang. Contoh :

41 49.Buatlah sebuah program C++ untuk menghitung pajak penghasilan. Jika penghasilan dibawah 2juta maka pajak 5%, jika penghasilan antara 2juta – 10juta maka pajak 10%, selain itu pajak 15%.

42 50.Buatlah sebuah program C++ untuk menghitung uang pembayaran bimbel per paket (6 bln) berdasarkan kode paket yang diambil. Untuk pembayaran ada dua jenis : 1  Tunai : dapat potongan 15% dari total biaya dan tidak ada biaya adm. 2  Angsuran : tidak ada potongan biaya dan dikenakan biaya adm sebesar , angsuran dibayar per bulan. Yang harus dibayar = Uang pendaftaran + uang kursus per paket – diskon + biaya adm. Kode PaketNama PaketUang PendaftaranUang Kursus /bln AMIPA BBahasa Inggris CBahasa Mandarin

43 Tampilan eksekusi sebagai berikut : Bila user input Y maka program akan diulang dari awal, bila T maka program tidak diulang dan tampilkan terima kasih.

44 51.Buatlah sebuah program yang menerima input string dari user sebanyak tiga buah string, dan tampilkanlah gabungan dari ketiganya serta panjang gabungan string tersebut. 52.Tampilkan potongan kata STMIK GI MDP dari string “Saya melanjutkan kuliah di STMIK GI MDP dan MDP Bussiness School untuk 3,5 tahun kedepannya” dan tentukan posisi untuk kata MDP yang pertama dan kata MDP yang kedua.

45 53.Disajikan string data sebagai berikut : BRG001|Indomie Goreng Pedas|3000 Tampilkan data untuk kode barang, nama barang, serta harga barang seperti eksekusi di bawah ini : 54.Buatlah program untuk menghitung banyaknya kata dalam kalimat : "Hari ini kita mempelajari tentang operasi string“ Tampilkan banyak kata yang didapat.

46 55.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan di bawah ini : (input 5 buah nilai dari user)

47 56.Lanjutkan : tambahkan tampilan berikut untuk program C++ pada soal nomor 55.

48 57.Lanjutkan : tambahkan input banyak nilai yang mau dijumlahkan dari user, seperti tampilan di bawah ini.

49 58.Lanjutkan : tambahkan output rata-rata nilai yang dimasukkan user dan tampilkan pula nilai terbesar.

50 59.Dengan menggunakan array, buatlah sebuah program C++ untuk transaksi seperti tampilan di bawah ini. (array NamaBarang, Harga, Jumlah)

51 60.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan satu buah matriks A seperti tampilan di bawah ini. (Gambar yang Kiri). 61.Pada program tadi tambahkan satu buah lagi matriks B seperti tampilan di bawah ini. (Gambar yang Kanan).

52 62.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan dua buah matriks, matriks A dan matriks B, lalu tampilkan juga matriks C sebagai hasil penjumlahan dari dua matriks itu seperti tampilan di bawah ini.

53 63.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan satu buah matriks 4x4 berdasarkan input elemen matriks dari user seperti tampilan di bawah ini.

54 64.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan satu buah matriks dimana jumlah baris dan kolom matriks sesuai dengan input user, dan elemen matriks juga input dari user seperti tampilan di bawah ini.

55 65.Buatlah sebuah program C++ yang menyediakan input data dari user menggunakan struktur bernama Data berisi nama, berat, dan tinggi badan. Kemudian tampilkan data itu. 66.Buatlah sebuah program C++ yang menerima input lima buah nilai dari mahasiswa. Data mahasiswa terdiri dari npm, nama, mata kuliah, dan nilai, kemudian tampilkan jumlah dan rata-rata dari nilai yang diinput.

56 67.Buatlah sebuah program C++ yang menerima input empat buah data mahasiswa (terdiri dari npm, nama, alamat, semester, ipk dan jumlah sks). Jumlah sks yang dapat diambil berdasarkan ipk yang diinput : Jika ipk >= 3.00 maka sks = 24 Jika 2.50 <= ipk < 3.00 maka sks = 22 Jika 2.00 <= ipk < 2.50 maka sks = 20 Jika 1.75 <= ipk < 2.00 maka sks = 18 Jika 1.25 <= ipk < 1.75 maka sks = 16 selain itu sks = 12. Setelah input selesai, tampilkan di layar data mahasiswa berupa npm dan sks yang bisa diambil.

57

58 … tampilan akhir

59 68.Dengan menggunakan fungsi buatlah sebuah program C++ untuk tampilan di bawah ini.

60 69.Dengan menggunakan fungsi buatlah sebuah program C++ untuk tampilan di bawah ini.

61 70.Buatlah sebuah program C++ untuk menentukan bilangan terkecil dari lima buah bilangan yang diinput oleh user. Gunakan fungsi / method. 71.Buatlah sebuah program C++ untuk menerima input dua buah bilangan dari user kemudian tampilkan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dari bilangan tersebut dengan fungsi / method.

62 72.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan berikut : Jika pilihan = 1 maka hitung volume kubus dari input panjang rusuk, jika pilhan = 2 maka hitung volume balok dari input panjang, lebar, dan tinggi, jika pilihan yang lainnya tampilkan pesan kesalahan. (Gunakan fungsi / method)

63 73.Buatlah sebuah program C++ dengan definisikan dan gunakan fungsi bernama luasSegiEmpat. Jika argumen fungsi hanya satu, maka yang dihitung adalah luas bujur sangkar. Jika argumen fungsi ada dua, maka yang dihitung adalah luas persegi panjang. Nilai argumen yang diinput bisa berupa bilangan bulat ataupun bilangan desimal.

64 74.Buatlah sebuah program C++ dengan menggunakan fungsi rekursif untuk menghitung hasil faktorial dari bilangan yang diinput oleh user, kemudian tampilan perhitungan serta hasil faktorialnya.

65 75.Buatlah sebuah program C++ dengan menggunakan fungsi untuk mencari bilangan terbesar dari bilangan-bilangan yang diinput oleh user. Jumlah bilangan yang diinput juga bergantung pada user. (Pergunakan array)

66 76.Terka output dari potongan program berikut : void main () { int abc = 5, def = 15; int *p1, *p2; p1 = &abc; p2 = &def; *p1 = 10; *p2 = *p1; p1 = p2; *p1 = 20; cout<<"isi abc : "<

67 77.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan alamat dan yang ditunjuk dari variabel-variabel di bawah ini : int harga = 35000; double diskon = 3.50; float desimal = ; 78.Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan seluruh elemen dari array : int bilangan[10] = {10,20,30,40,50,60,70,80,90,100}; dengan menggunakan pointer.

68 79.Buatlah sebuah program C++ yang berisi sebuah fungsi untuk mengubah seluruh huruf dalam sebuah string menjadi sama dalam bentuk huruf kecil. Untuk fungsi gunakan pointer. 80.Buatlah sebuah program C++ dengan fungsi untuk mengembalikan nilai hasil perkalian dari input dua bilangan oleh user dengan menggunakan pointer.

69 81.Buatlah sebuah program C++ berisi sebuah kelas dengan nama Buku yang memiliki judul buku, nama pengarang, tahun terbit, jumlah halaman, dan jumlah buku serta method-method yang dibutuhkan untuk mengakses kelas itu, lalu tampilkan 3 buah objek dari kelas tersebut.

70 82.Buat suatu kelas dengan nama Keranjang yang memiliki properties nama pemilik, kapasitas keranjang, jumlah apel, jumlah jeruk, dan jumlah manggis. Tambahkan setter dan getter method seperlunya, lalu buatlah suatu method untuk menghitung sisa kapasitas keranjang dan menampilkan isi dari keranjang tersebut seperti tampilan di bawah ini : (Gunakan kelas dalam fungsi main).

71 83.Dari soal nomor (82) tambahkan lagi method untuk menghitung jumlah buah dan total yang harus dibayar. Untuk harga apel 4500, jeruk 3500, dan manggis Jika jumlah buah apel >= 15 maka ada potongan sebesar 15000, Jika jumlah buah jeruk >= 15 maka potongan sebesar 12500, Jika jumlah buah manggis >= 15 maka potongan sebesar 7000, dan selain itu tidak ada potongan. Tampilkan seperti di bawah ini.

72 84.Buatlah sebuah program C++ yang berisi sebuah class bernama Karyawan, yang memiliki karakteristik/ properties yakni ID karyawan, nama, alamat, dan jenis kelamin, serta memiliki setter method Identitas, getter method Cetak, dan fungsi Bekerja untuk menampilkan status Sedang Bekerja.

73 85.Buatlah sebuah objek sembarang berdasarkan class tersebut (84), lalu tampilkan pada layar. 86.Ciptakan pula dua buah class turunan dari class Karyawan yakni class Admin dan class Dosen. Untuk class Admin memiliki properties Bagian dan Shift(pagi/malam), dan untuk class Dosen memiliki properties Program Studi dan Pendidikan. Buatlah pula objek turunan untuk dua class ini dan tampilkan pada layar.

74 87.Buatlah sebuah program C++ untuk menambahkan input dari user (berupa string) ke baris-baris baru di sebuah file. Program meminta user menginput suatu string untuk disimpan. Setelah input string, user ditanya : “Tambah baris lagi?” dan bisa dijawab Y atau T. Jika user mengetikkan Y, maka user diminta menginput lagi. Jika user mengetikkan T, maka keluar dari program.

75 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.


Download ppt "Pertemuan 28 REVIEW Dasar Pemrograman. 1.Buatlah sebuah program yang menampilkan nama dan NPM Anda pada keluaran di layar. Contoh : 2.Buatlah sebuah program."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google