Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Persekutuan Firma (Formasi) Persekutuan firma (partnership) adalah kumpulan antara dua atau lebih individu sebagai pemilik untuk menjalankan perusahaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Persekutuan Firma (Formasi) Persekutuan firma (partnership) adalah kumpulan antara dua atau lebih individu sebagai pemilik untuk menjalankan perusahaan."— Transcript presentasi:

1

2 Persekutuan Firma (Formasi) Persekutuan firma (partnership) adalah kumpulan antara dua atau lebih individu sebagai pemilik untuk menjalankan perusahaan dengan tujuan mendapatkan laba.

3 Persekutuan Firma (Formasi) Ciri-ciri dari persekutuan firma : Keagenan atau perwakilan bersama. Umur terbatas. Tanggung jawab tak terbatas. Pemilik kepentingan dalam persekutuan firma. Partisipasi (keikutsertaan) dalam laba persekutuan firma.

4 Jenis-Jenis Persekutuan : Persekutuan firma dagang dan non dagang. Persekutuan firma umum dan terbatas. Perusahaan saham patungan. Ilustrasi mengenai pembentukan persekutuan lihat buku (Beams).

5 Pencatatan Investasi Sekutu Investasi para sekutu dapat dilakukan dalam bentuk uang kas atau aktiva lainya seperti yang ditetapkan dalam perjanjian persekutuan. Apabila yang ditanamkan adalah aktiva dan bukan uang kas, maka penetapan nilai untuk aktiva tersebut harus dilakukan dengan persetujuan para sekutu.

6 Pencatatan Investasi Sekutu Perorangan yang menjalankan perusahaan seringkali bekerja sama dengan orang-orang lain untuk mendirikan firma. Di sini aktiva dan kewajiban perusahaan perorangan dapat dipindahkan ke persekutuan firma yang baru didirikan.

7 Pada tanggal 31 Desember 2000, Bapak Luki dan Ibu Lea bersepakat untuk mendirikan Firma “Luki Lea”. Neraca PD Luki sesaat sebelum dibentuknya firma adalah sebagai berikut : PD. LukiNeraca per 31 Des 2000Kas Hutang Dagang Piutang Dagang Cad. Ker. Piutang( )Modal Luki Persediaan BarangDagang Perlengkapan Peralatan Ak. Peny. Peralatan( ) Total aktiva Total Hutang & Modal

8 Perjanjian antara Luki dan Lea adalah sebagai berikut : Seluruh kas yang ada pada PD. Luki diambil oleh Luki Penghapusan Piutang Dagang sebesar Cadangan Kerugian Piutang ditetapkan 5% dari saldo piutang yang baru. Persediaan dinilai kembali menjadi Nilai pengganti peralatan sebesar telah disusutkan 50% dan dicatat sebesar

9 Lea menyertakan uang tunai Rp sebagai kepemilikan 50% modal persekutuan yang baru. Kepada Luki diberikan Goodwill sebesar Diminta: (abaikan jurnal dalam buku PD Luki) buat jurnal yang diperlukan apabila Firma melanjutkan buku PD Luki buat jurnal yang diperlukan apabila Firma membuka buku baru tersendiri

10 Tugas 1: Tugas Kelompok Tugas_01.doc pada Folder Tugas_01


Download ppt "Persekutuan Firma (Formasi) Persekutuan firma (partnership) adalah kumpulan antara dua atau lebih individu sebagai pemilik untuk menjalankan perusahaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google