Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOTIVASI DALAM PELAYANAN Organisasi bisa maju dan berhasil jika para pelayan/pekerjanya memiliki Motivasi yang benar Pertanyaan Klasik yang muncul : -Apa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOTIVASI DALAM PELAYANAN Organisasi bisa maju dan berhasil jika para pelayan/pekerjanya memiliki Motivasi yang benar Pertanyaan Klasik yang muncul : -Apa."— Transcript presentasi:

1

2 MOTIVASI DALAM PELAYANAN Organisasi bisa maju dan berhasil jika para pelayan/pekerjanya memiliki Motivasi yang benar Pertanyaan Klasik yang muncul : -Apa motivasi anda menjadi Pelayan/pekerja Gereja? -Apakah saat ini masih memiliki motivasi? Mengapa?

3 Tujuan organisasi bisa tercapai jika semua pelayan mau membangun kerjasama PENDETA TUA-TUA/DIAKEN SEKRETARIS GEREJA SEKRETARIS MAJELIS

4 DASAR PELAYANAN Matius 20 :28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.“ I Petrus 4:10 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.

5 Matius 4:23 Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.

6 TUJUH KARAKTERISTIK SEORANG PELAYAN (uncompromosing integrity) 1.Memiliki integritas yang kuat (uncompromosing integrity) Seorang yang benar-benar berjiwa pelayan tidak mudah terpengaruh dengan pendapat orang yang merendahkan arti pelayanan. Dia melihat karakter sebagai modal utama untuk sukses dalam pelayanan.

7 (high competency level) 2. Memiliki tingkat kompetensi yang tinggi (high competency level) Pelayan sejati memiliki kemahiran dalam satu bidang spesialisasi. Disamping itu, dia memiliki ketulusan hati dan semangat untuk terus meningkatkan kemampuan dalam praktek serta secara terus menerus belajar membangun pengetahuan dan keahliannya sampai tingkat dimana orang lain (klien) benar-benar akan menghargainya.

8 3. Sangat memperhatikan pada klien (high degree of client focus) Pelayan sejati sangat sensitif dan responsif terhadap klien (orang yang dilayani). Apapun peran yang dimainkan, maka dia harus dapat memberikan yang terbaik bagi kliennya tersebut. Selain itu, pelayan sejati juga harus bersedia memahami kebutuhan klien meski harus dengan cara yang tidak mudah.

9 (excellent interpersonal skills) 4. Memiliki kemampuan antar personal (excellent interpersonal skills) Pelayan sejati memiliki karakter sebagai seorang diplomat/guide dalam menangani permasalahan yang sulit, terutama menyangkut hubungan dengan orang lain. Disamping itu, dia harus memiliki kemampuan mendengarkan dengan baik dan berkomunikasi secara efektif, juga tidak kalah pentingnya pelayan harus dapat bekerja baik secara individual maupun tim.

10 5. Memiliki komitmen yang kuat (strong commitment to a calling) Pelayan sejati tidak bekerja sekedar untuk uang dan kehidupannya, tetapi lebih dari itu pelayanannya harus dipahami sebagai suatu panggilan jiwa untuk membantu orang lain dalam memecahkan persoalan. Karena itu, pelayan sejati harus memiliki kebanggaan pada pelayanannya dan akan bersedia berbuat apa saja untuk menjaga reputasinya.

11 6. Memiliki sikap mental positif (positive mental attitude) Pelayan sejati memiliki optimisme yang kuat, memiliki mental dan perilaku yang positif terhadap kehidupan secara umum. Selain itu, dia harus mampu menghadapi berbagai persoalan dengan tenang serta terkendali, sehingga mampu mengajak orang lain melihat kehidupan dari sisi yang lebih cerah.

12 7. Seimbang dalam kehidupan (balance in life) Pelayan sejati harus memiliki keseimbangan antara kehidupan di tempat pelayanan dengan kehidupan keluarganya sehingga keduanya dapat berjalan secara harmonis. Seorang pelayan dapat saja berhasil dalam pelayanannya, tetapi seorang pelayan sejati akan mencapai sukses secara keseluruhan, dan kebahagiaan akan sejalan dengan kehidupannya yang berkembang tersebut.

13 10 Kekuatan Pelayanan ( Warren W. & David W. Wiersbe) 1. Fondasi Pelayanan adalah Karakter 2. Sifat alami Pelayanan adalah Melayani 3. Motivasi Pelayanan adalah Kasih 4. Ukuran Pelayanan adalah Pengurbanan 5. Otoritas Pelayanan adalah Penundukan 6. Tujuan Pelayanan adalah Kemuliaan allah 7. Alat Pelayanan adalah Firman Allah dan Doa

14 8. Keistimewaan Pelayanan adalah Pertumbuhan 9. Kuasa Pelayanan adalah Roh Kudus 10. Teladan Pelayanan adalah Yesus Kristus

15 Hati-hati dengan Comfort Zone

16

17 The Motivation Balance Quadrant

18 Membenarkan Motivasi Meninggikan Motivasi

19 WHEN YOU CHANGE … BUT IF YOU DON’T CHANGE… YOU WILL DIE

20 * Mental Block Memicu Kecemasan anda * Mental Block Memicu Rasa Benci anda * Mental Block Memicu Rasa Putus asa anda * Mental Block Memicu anda untuk menyalahkan keadaan dan Tuhan * Mental Block Memicu Rasa Minder anda * Mental Block Memicu Rasa malu anda Akhirnya….anda terus menerus berada di level kesadaran rendah

21 MENTAL BLOCKS BLOKADE MENTAL

22

23 Kunci-Kunci Pembebasan dari Blokade mental 1.Memaafkan 2.Mimpi 3.Syukur 4.Memberi 5.Pasrah 6.Yakin 7.Do’a

24 Memaafkan adalah membiarkan rasa sakit berlalu serta menerima apa yang telah terjadi sebab apa yang terjadi takkan bisa diubah. Memaafkan adalah menghilangkan keinginan untuk mengalahkan

25 Keajaiban Bersyukur

26 OXYCANOXYCAN (bisa beli di Apotik) 1 botol Rp ,-  cara pakai sbb: - hirup selama 2 detik - 75 kali pemakaian habis - total 1 tabung habis dalam waktu (2 detik X 75) = 150 detik = 2,5 menit 1 jam (24 tabung x 2,5 menit)= 24xRp ,- = Rp ,- 1 hari (24 jam) = 24 x Rp ,- = Rp ,- 1 tahun (360 hari) = 360 x Rp ,- = Rp ,-

27 Berapa usia kita ? usia (tahun) Rupiah , , ,

28 Coba Kita Catat semua karunia-Nya Saya bersyukur…saya punya mata yang bisa melihat Saya bersyukur...saya punya telinga yang bisa mendengar Saya bersyukur…saya memiliki pekerjaan/pelayanan Saya bersyukur...saya dikaruniai anak Saya bersyukur...saya diberi kesehatan Saya bersyukur...saya masih dapat bertemu ayah dan ibu saya Saya bersyukur...saya bisa merasakan kebahagiaan Saya bersyukur….

29 Terimalah diri anda tanpa syarat….. Bersyukurlah

30 MEMILIKI ADALAH MEMBERI BUKAN MENGOLEKSI

31

32 Kis Ras 20 : Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima I Korintus 9 :13 Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu?

33 Jadilah pelayan sepenuh hati (Tanda Meaningful Activities) Kita menyukai aktivitas tersebut Kita mau melakukan aktivitas tersebut meski tidak dibayar Kita merasa mudah melakukanya sedangkan orang lain merasa sulit Semakin sering kita melakukan semakin baik kita dalam aktivitas tersebut Kita sering dipuji orang ketika melakukan aktivitas tersebut Kita selalu bersemangat dan memiliki energi untuk melakukan pekerjaan itu Kita sering lupa waktu saat melakukan aktivitas itu, dan kita tidak pernah menyesalinya Kita merasa bangga melakukan aktivitas tersebut Kita mudah mempengaruhi orang untuk melakukan aktivitas kita tersebut

34 Ada Istilah 7T dalam hidup Teken Tegen Teken Takon Tukon Tekan Teken TekenTegenTekenTakonTukonTekanTeken

35 Lihatlah beberapa Tokoh yang hebat dalam Motivasinya untuk melayani : Tokoh dalam Alkitab Tokoh dalam sejarah Perkembangan Gereja, a.l.Jonathan ParapakJonathan Parapak

36 FOTO FOTO SULTAN HB X BERSAMA PETRUS MARIJA Pada saat menghadiri Pembukaan Konferensi Gereja dan Masyarakat PGI di The Sahid Rich Jogja Hotel, Senin 12 Mei 2014 Pukul WIB

37


Download ppt "MOTIVASI DALAM PELAYANAN Organisasi bisa maju dan berhasil jika para pelayan/pekerjanya memiliki Motivasi yang benar Pertanyaan Klasik yang muncul : -Apa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google