Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan 22 BackTracking Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan 22 BackTracking Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan 22 BackTracking Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >

3 3 Outline Materi Materi 1 Materi 2 Materi 3 Materi 4 Materi 5

4 4 Pendahuluan Menurut Kruse, backtracking adalah algoritma pelacakan yang mencoba mencari penyelesaian masalah dengan membangun ruang solusi pohon partial. Dari namanya, maka algoritma ini akan mundur ke solusi partial sebelumnya (backtracking), jika ter-dapat situasi yang tidak cocok dengan tuntutan masalah. Kemudian mencoba mencari kemungkinan lainnya.

5 5 Aplikasinya Gambarkan persoalan dalam ruang solusi pohon yang lengkap yaitu dengan menggambarkan semua yang mungkin. Kemudian telusuri solusi dengan metoda backtracking (gunakan fungsi objektip dan kendala) Cara lain, yaitu dengan membangun ruang solusi pohon partial dengan metoda backtracking.

6 6 Fungsi Obyektif (Objective Function) Bangun set solusi yang diinginkan, sesuai kendala sebagai (X 1,X 2,…X n ), dimana X i S i Cari Vektor solusi yang mengoptimalkan fungsi objektip yang memenuhi kendali P i

7 7 Ruang Solusi Pohon Partial Bangun simpul (Node) awal sebagai simpul hidup (E-node). Dengan E-Node, bangun Simpul berikut dengan metoda Depth-First-Search. Periksa kendala, jika kendala dipenuhi maka sebagai E-Node, jika tidak sebagai Simpul mati (D-Node) Jika yang didapat D-Node, backtrack ke E-Node diatasnya. Kemudian bangun Simpul berikutnya (cabang lain) Dan seterusnya, hingga di dapat solusi yang di inginkan.

8 8 Ruang Solusi Pohon Partial contd’ Contoh : N-Queen problem Ambil N = 4, 4 – queen problem Problemnya –Tempatkan 4 queen problem pada papan 4 x 4 (4 baris x 4 kolom) –Kendala: Tidak ada 2 atau lebih queen pada baris, kolom atau diagonal yang sama

9 9 Ruang Solusi Pohon Partial contd’ Contoh : N-Queen problem Ambil N = 4, 4 – queen problem Problemnya –Tempatkan 4 queen problem pada papan 4 x 4 (4 baris x 4 kolom) –Kendala: Tidak ada 2 atau lebih queen pada baris, kolom atau diagonal yang sama Solusi (a) (b)

10 10 Ruang Solusi Pohon Partial contd’ Ruang solusi pohon partial hasil backtracking dari solusi (a)

11 11 Ruang Solusi Partial Pohon contd’ x i = j, queen ke i pada baris ke i kolom ke j Cari solusi N-queen problem untuk N=8 Cari Solusi Sum of Subset –Problemnya, mencari kombinasi dari n bilangan positif yang jumlah-nya sama dengan M

12 12 End of Pertemuan 22


Download ppt "1 Pertemuan 22 BackTracking Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google