Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Aturan Produksi Bahasa Regular  Sebuah otomata berhingga menspesifikasikan sebuah bahasa sebagai semua untai yang menggerakkannya dari state awal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Aturan Produksi Bahasa Regular  Sebuah otomata berhingga menspesifikasikan sebuah bahasa sebagai semua untai yang menggerakkannya dari state awal."— Transcript presentasi:

1

2 1. Aturan Produksi Bahasa Regular  Sebuah otomata berhingga menspesifikasikan sebuah bahasa sebagai semua untai yang menggerakkannya dari state awal ke salah satu dari state yang diterimanya.

3 q0/Sq1/E q3/B q2/A q4 a ε ε a b b b Ekspresi Regular : a (a*  b* ) b Contoh :

4  Selain dengan ekspresi regular, kita dapat mengkonstruksi aturan-aturan produksi untuk suatu tata bahasa regular.  Batasan aturan produksi untuk bahasa regular :  →   adalah sebuah simbol variabel.  maksimal memiliki sebuah simbol variabel yang terletak di paling kanan jika ada.   →  bisa dibaca : alpha menghasilkan betha.  Simbol variabel/non terminal adalah simbol yang masih bisa diturunkan.(dinyatakan dengan huruf besar)  Simbol terminal sudah tidak bisa diturunkan lagi.(dinyatakan dengan huruf kecil)

5 Suatu tata bahasa didefinisikan dengan 4 tupel yaitu :  G = { V, T, P, S }, dimana :  V = himpunan simbol variabel / non terminal.  T = himpunan simbol terminal.  P = kumpulan aturan produksi.  S = simbol awal.

6 Mengkonstruksikan Aturan Produksi dari suatu FSA

7 q0/Sq1/E q3/B q2/A q4 a ε ε a b b b Contoh : S → aA E → A E → B A → aA A → b B → bB B → b


Download ppt "1. Aturan Produksi Bahasa Regular  Sebuah otomata berhingga menspesifikasikan sebuah bahasa sebagai semua untai yang menggerakkannya dari state awal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google