Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Function (Fungsi). Pengertian Fungsi Fungsi adalah modul program yang memberikan/mengembalikan sebuah nilai dari tipe tertentu Fungsi juga dapat mengandung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Function (Fungsi). Pengertian Fungsi Fungsi adalah modul program yang memberikan/mengembalikan sebuah nilai dari tipe tertentu Fungsi juga dapat mengandung."— Transcript presentasi:

1 Function (Fungsi)

2 Pengertian Fungsi Fungsi adalah modul program yang memberikan/mengembalikan sebuah nilai dari tipe tertentu Fungsi juga dapat mengandung daftar parameter formal. Parameter pada fungsi selalu merupakan parameter masukan

3 Pendefinisian Fungsi Function namaFungsi (input parameter formal)  tipe hasil {spesifikasi fungsi, menjelaskan apa yang dilakukan dan yang dikembalikan fungsi} DEKLARASI {mendeklarasikan nama yang digunakan} DESKRIPSI {instruksi untuk menghasilkan nilai kembalian} return hasil {pengembalian nilai}

4 Pemanggilan Fungsi Fungsi diakses dengan memanggil namanya dari program utama diikuti dengan daftar paramater aktual (jika ada). Karena menghasilkan nilai harus ada variabel penampungnya variabel  namafungsi(daftar parameter aktual) variabel  namafungsi(daftar parameter aktual)

5 Contoh Fungsi Function luasPersegi (input p,l : integer)  integer {mengembalikan nilai luas} Deklarasi {tidak ada} Deskripsi Return p*l

6 Contoh Pemanggilan Fungsi Algoritma HitungLuasPersegi {menghitung luas persegi} Deklarasi panjang, lebar, hasil : integer Deskripsi Read (panjang,lebar) hasil  luasPersegi (panjang,lebar) Write (hasil)


Download ppt "Function (Fungsi). Pengertian Fungsi Fungsi adalah modul program yang memberikan/mengembalikan sebuah nilai dari tipe tertentu Fungsi juga dapat mengandung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google