Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh : Widy Indriyati 2111310057. 1.1 Latar Belakang Lembaga maupun organisasi telah banyak memanfaatkan aplikasi web dalam kegiatan promosi,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh : Widy Indriyati 2111310057. 1.1 Latar Belakang Lembaga maupun organisasi telah banyak memanfaatkan aplikasi web dalam kegiatan promosi,"— Transcript presentasi:

1 Disusun oleh : Widy Indriyati

2 1.1 Latar Belakang Lembaga maupun organisasi telah banyak memanfaatkan aplikasi web dalam kegiatan promosi, dan penjualan. CV.Water’o yang bergerak dibidang usaha depot air minum, perusahaan ini membutuhkan website untuk mempromosikan perusahaan agar para masyarakat mengetahui sumber informasi.

3 1.2 Permasalahan penelitian di CV.WATER’O belum pernah membuat sarana promosi dan sistem penjualan online sebelumnya. Maka dengan adanya perancangan website dapat membantu meluasnya jaringan dan kesempatan perusahaan dapat mempertahankan usaha depot air minum ini

4 1.2.1 Identifikasi Masalah 1. Belum tersedianya informasi yang lengkap mengenai CV.WATER’O sehingga memberi informasi kepada masyarakat. 2. Belum adanya sistem penjualan online di CV.WATER’O

5 1.2.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimana membangun sarana promosi berbasis web agar dapat menyampaikan informasi dengan baik? 2. Bagaimana membuat sistem penjualan secara online?

6 1.3 Ruang Lingkup Masalah 1. Penelitian terfokus pada sarana promosi khususnya di CV.WATER’O 2. Perancangan sarana promosi & penjualan online berbasis web pada CV.WATER’O untuk meningkatkan jumlah klien dan menerapkan pemanfaatan air minum R.O dan UV

7 1.4 Tujuan dan Manfaat tujuan Menghasilkan website pada CV.WATER’O sebagai sarana promosi dan sistem penjualan online yang dapat meningkatkan jumlah konsumen dan meyakinkan para masyarakat untuk mengkonsumsi air minum R.O dan UV.

8 1.4.2 Manfaat 1. Bagi penulis dapat menambah wawasan 2. Bagi instansi meningkatkan jumlah konsumen yang berpengaruh pada pendapatan perusahaan 3. Bagi amik memberikan tambahan informasi atau referensi bagi mahasiswa selanjutnya.

9 1.5 Metode Penelitian 1. Wawancara 2. Observasi 3. Studi pustaka

10 2.1 Tinjauan Pustaka a. Perancangan sistem informasi pemesanan barang berbasis web pada depot madina (M.Amiruddin Akbar, 2009) Dalam penelitian ini peneliti menggunakan e-commerce yaitu Electrical commerce merupakan konsep dari pemasaran global yang digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada dunia online atau pertukaran informasi melalui jaringan informasi internet. Dari penelitian tersebut tergambar sebauh kelemahan dari e-commerce yaitu ketidaksesuaian jenis barang yang dijanjikan oleh penjual, tidak tepatnya waktu pengiriman barang atau jasa yang dibutuhkan user. Tetapai e-commerce juga mempunyai kelebihan diantaranya, e-commerce memiliki jangkauan yang luas (dunia maya), memiliki berbagai macam sumber informasi yang begitu luas untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

11 b. Perancangan sistem penjualan depot air minum tirta gayudra dengan menggunakan microsoft visual basic 6.0. (Ferdi Ari Lesmana, 2006) Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. penulis mencoba merancang suatu sistem dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada Microsoft Visual Basic 6.0. Hasil transaksi yang dilakukan masiih dicatat dalam buku besar yang sewaktu-waktu buku itu akan hilang atau rusak. Sehingga pemilik harus menggantikan kembali pencatatan ulang data-data yang telah hilang atau rusak. Dimana hilangnya data ini dapat mengakibatkan terhambatnya jalan usaha penjualan barang. Sistem ini merupakan suatu sistem berbasis windows sehingga dapat memberikan tampilan yang lebih menarik. Selain itu aplikasi ini mampu memudahkan dalam pencarian data pelanggan, data penjualan, dan data barang serta memudahkan dalam pembuatan laporan pejualan harian dengan cepat.

12 2.2 Teori Bersifat Umum Sistem Menurut Lucas, 1987, mendefinisikan suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen atau variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain Informasi Menurut Murdick et al (1984) mendefinisikan informasi adalah data yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bermakna dan bermanfaat karena dapat dikomunikasikan kepada seseorang yang menggunakannya untuk membuat keputusan.

13 2.2.3 Sistem Informasi Sistem informasi didefinisikan oleh Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis sebagai berikut, Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

14 2.2.4 Sistem Informasi Manajemen Menurut Barry E. Chusing, suatu SIM adalah kumpulan dari manusia dan sumber – sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencenaan dan pengendalian.

15 2.3 Teori Khusus Website Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia,memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasidan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisigeografis.Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi.

16 2.3.2 PHP PHP atau kependekan dari Hypertext Preprocessor adalah salah satu bahasa pemrograman open source yang sangat cocok atau dikhususkan untuk pengembangan Web dan dapat ditanamkan pada sebuah skrip HTML. a. Kelebihan PHP 1. Kemudahan sintax programming salah satu tujuan programming web adalah menghasilkan kode html. 2. Dapat dijalankan berbagai sistem operasi. 3. Dokumentasi mudah dalam sederhana manual PHP. 4. Mendukung banyak database.

17 2.3.3 MySQL MySQL adalah salah satu perangkat lunak sistem manajemen basis data (database) SQL atau sering disebut dengan DBMS (database Management System) XAMPP Xampp adalah perangkat lunak yang mendukung banyak sistem operasi. Xampp merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost) yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemograman PHP dan Perl.

18 2.2.5 UML UML sebagai sebuah bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata-kata dalam ‘MS Word’ untuk kegunaan komunikasi. Sebuah bahasa model adalah sebuah bahasa yang mempunyai vocabulary dan konsep tatanan / aturan penulisan serta secara fisik mempresentasikan dari sebuah sistem. Seperti halnya UML adalah sebuah bahasa standard untuk pengembangan sebuah software yang dapat menyampaikan bagaimana membuat dan membentuk model-model, tetapi tidak menyampaikan apa dan kapan model yang seharusnya dibuat yang merupakan salah satu proses implementasi pengembangan software.

19 Diagram UML a. Use case diagram : menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem b. Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek c. Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima d. Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing)

20 e. Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. f. Sequence biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. g. Collaboration diagram menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message. h. Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak

21 2.2.6 Perangkat Lunak (software) Dreamweaver Dreamweaver adalah suatu bentuk program editor web yang dibuat oleh macromedia. Dengan program ini seorang programmer web dapat dengan mudah membuat dan mendesain webnya.Dreamweaver adalah editor yang komplit yang dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana yang berbentuk layer. Dengan adanya program ini akan memudahkan mengetik script- script format HTML, PHP, ASP maupun bentuk program yang lainnya.

22 Kelebihan dan kekurangan Dreamweaver : 1. Kemampuan membuat halam web yang terlihat konsisten 2. Kemudahan dan efisiensi dalam penggunaan 3. Mudah untuk mengupload melalui FTP 4. Dapat dikostum

23 Corel Draw X-3 Corel Draw 13 atau lebih dikenal dengan sebutan Corel Draw X3 adalah sebuah software gratis versi terbaru yang sangat populer di Indonesia maupun mancanegara. Karena corel draw begitu banyak digunakan untuk desain grafis dan tak tertandingi, kegunaan corel draw ini adalah sebuah program grafik untuk desain grafis yang banyak digunakan untuk mendesain, antara lain : kartu ucapan, kartu nama, pamflet, iklan, percetakan, teknik persentasi seperti : Corel Rave, Flash MX, Dreamweaver, dan lain-lain.

24


Download ppt "Disusun oleh : Widy Indriyati 2111310057. 1.1 Latar Belakang Lembaga maupun organisasi telah banyak memanfaatkan aplikasi web dalam kegiatan promosi,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google