Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh: Nama: Firdaus Tri W(05022029) Sony(08022008) Arshad(08022005) PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh: Nama: Firdaus Tri W(05022029) Sony(08022008) Arshad(08022005) PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD."— Transcript presentasi:

1 Disusun oleh: Nama: Firdaus Tri W( ) Sony( ) Arshad( ) PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

2  Monitor komputer merupakan sejenis peranti persisian output yang berupaya memaparkan aksara dan/atau image, baik diam atau bergerak, yang digunakan oleh komputer dan diproseskan oleh Graphic Card.  Tedapat empat jenis Monitor, yaitu Monitor monokrom, Monitor warna, dan Monitor ELD (Elektro Luminescent Display). Setiap Monitor mempunyai ciri-ciri dan sejarah tersendiri.

3 Jenis – jenis monitor  Monitor Catoda Ray Tube (CRT) Monitor ini merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar, sehingga tercipta gambar di layar seperti cara kerja di televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3 baris.  Monitor Liquid Crystal Display (LCD) Cara kerja monitor ini adalah dengan pemberian stimulasi arus listrik dari luar kepada liquid crystal (materi biphenyl), sehingga akan mengubah properti dari cahaya yang dilewatkan crystal.

4  Monitor TFT LCD Teknologi TFT LCD berupa liquid crystal yang diisikan di antara dua pelat gelas, yaitu colour filter glass dan TFT glass. Colour filter glass mempunyai filter warna yang bertugas memancarkan warna, sedangkan TFT glass mempunyai Thin Film transistor sebanyak pixel yang ditampilkan. Liquid crystal bergerak sesuai dengan perbedaan voltase antara colour filter glass dengan TFT glass. Jumlah cahaya yang dipasok oleh Back Light ditentukan oleh jumlah pergerakan liquid crystal yang pada gilirannya akan membentuk warna.

5  Tabung Gambar

6  Rangkaian RGB Rangkaian RGB juga disebut sebagai rangkaian matrix. Adapun prinsip kerja rangkaian matrix adalah mengubah tegangan perbedaan warna yang telah dicampur dengan sinyal sinkronisasi yang diberikan demulator warna kembali menjadi tegangan perbedaan warna.

7 A. Monitor CRT Kelebihan : - Harganya lebih murah dibandingkan monitor LCD - Kualitas gambar yang lebih tajam dan cerah dibandingkan monitor LCD - Mampu menghasilkan resolusi gambar yang lebih tinggi dibandingkan dengan monitor LCD - Memiliki sudut viewable lebih baik dibandingkan monitor LCD

8 Kekurangan : - Menimbulkan efek radiasi yang bisa mengganggu kesehatan. - Dimensinya menyita ruangan yang cukup besar. Apalagi bila ukurannya makin besar - Menimbulkan efek kedip (flicker) yang mengganggu mata - Butuh konsumsi listrik yang lebih tinggi dibandingkan LCD - Sinyal gambar analog - Area layarnya tidak optimum karena harus dialokaskan untuk bezel/frame - bentuknya kurang sedap dilihat dibandingkan dengan monitor LCD.

9 B. MONITOR LCD KELEBIHAN : - KONSUMSI LISTRIK RENDAH - TIDAK MENGHASILKAN RADIASI ELEKTROMAGNET YANG MENGGANGGU KESEHATAN - TIDAK MENIMBULKAN EFEK KEDIPAN (FLICKER FREE) - AREA LAYARNYA OPTIMUM KARENA TIDAK TERMAKAN UNTUK BEZEL/FRAME - DIMENSINYA TIDAK AKAN MENYITA RUANGAN TERLALU BESAR DAN RINGAN UNTUK DIJINJING - BENTUKNYA STYLISH DAN ENAK DILIHAT - SINYAL GAMBAR DIGITAL

10 Kekurangan : - Harganya lebih mahal dibandingkan dengan monitor CRT - Kualitas gambar yang dihasilkan belum sebaik monitor CRT - Resolusi gambar yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan monitor CRT - Sudut viewable-nya terbatas. Begitu kita mengeset sudut pandang, gambar terlihat akan berubah di mata kita. Ada dua jenis layar LCD, yaitu matriks aktif dan pasif. Kebanyakan LCD sekarang sudah menggunakan matriks aktif, sedangkan teknologinya menggunakan thin film transistor (TFT)

11 Menghindari Gangguan Mata akibat Radiasi Monitor Komputer 1. Pakai pelindung layar komputer / filter untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer. 2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display). 3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.

12 4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata. 5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata. Brightness yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata.

13 TERIMA KASIH


Download ppt "Disusun oleh: Nama: Firdaus Tri W(05022029) Sony(08022008) Arshad(08022005) PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google