Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CHAPTER 10 JUST-IN-TIME DAN BIACKFLUSHING. JUST-IN-TIME Karakterisrik : Karakterisrik : a. Pengurangan biaya melalui eliminasi a. Pengurangan biaya melalui.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CHAPTER 10 JUST-IN-TIME DAN BIACKFLUSHING. JUST-IN-TIME Karakterisrik : Karakterisrik : a. Pengurangan biaya melalui eliminasi a. Pengurangan biaya melalui."— Transcript presentasi:

1 CHAPTER 10 JUST-IN-TIME DAN BIACKFLUSHING

2 JUST-IN-TIME Karakterisrik : Karakterisrik : a. Pengurangan biaya melalui eliminasi a. Pengurangan biaya melalui eliminasi persediaan. persediaan. b. Eliminasi persediaan dapat tercapai bila b. Eliminasi persediaan dapat tercapai bila bahan baku siap saat dibutuhkan dan bahan baku siap saat dibutuhkan dan barang jadi siap saat konsumen barang jadi siap saat konsumen menginginkan. menginginkan.

3 JUST-IN-TIME PROBLEM JIT : PROBLEM JIT : a. JIT and Velocity a. JIT and Velocity b. JIT and Production Losses b. JIT and Production Losses c. JIT and Purchasing c. JIT and Purchasing d. JIT and Factory Organization d. JIT and Factory Organization e. JIT and a Balance View e. JIT and a Balance View

4 BACKFLUSHING Karakteristik : Karakteristik : a. Mempersingkat aliran biaya pada a. Mempersingkat aliran biaya pada perusahaan manufaktur. perusahaan manufaktur. b. Sebagai jawaban atas cepatnya b. Sebagai jawaban atas cepatnya produksi yang mendahului pencatatan produksi yang mendahului pencatatan akuntansi tradisional. akuntansi tradisional. c. Backflushing digunakan untuk c. Backflushing digunakan untuk mengimbangi produksi dengan JIT mengimbangi produksi dengan JIT d. Ditandai dengan rendahnya work in process d. Ditandai dengan rendahnya work in process sebagai akibat tidak terhentinya produksi. sebagai akibat tidak terhentinya produksi.

5 Akuntansi dengan backflushing Raw material dan Work in process dimasukkan ke dalam akun RIP ( raw and in process ) Raw material dan Work in process dimasukkan ke dalam akun RIP ( raw and in process ) Berbeda dengan pencatatan akuntansi tradisional yang tidak mengenal adanya penggabungan Raw Material dengan Work in Process. Berbeda dengan pencatatan akuntansi tradisional yang tidak mengenal adanya penggabungan Raw Material dengan Work in Process. Dibuka akun RIP dikarenakan perusahaan menerapkan zero-inventory Dibuka akun RIP dikarenakan perusahaan menerapkan zero-inventory Yang lain-lain sama dengan pencatatan akuntansi tradisional. Yang lain-lain sama dengan pencatatan akuntansi tradisional.

6 Akuntansi dengan Backflushing Komponen biaya bahan baku atas pekerjaan yang telah selesai dibackflush dari RIP. Komponen biaya bahan baku atas pekerjaan yang telah selesai dibackflush dari RIP. Komponen biaya bahan baku atas pekerjaan yang telah terjual dibackflush dari Finished Goods. Komponen biaya bahan baku atas pekerjaan yang telah terjual dibackflush dari Finished Goods. Saldo akhir ditetapkan dalam akun persediaan dengan melakukan penyesuaian terhadap bagian conversion cost. Saldo akhir ditetapkan dalam akun persediaan dengan melakukan penyesuaian terhadap bagian conversion cost.

7 Akuntansi dengan backflushing Penerapan backflushing hanya dijadikan alternatif untuk kasus-kasus perusahaan manufaktur yang tingkat produksnya sangat cepat. Kalau menunggu pencatatan akuntansi tradisional tentu saja sangat ketinggalan. Penerapan backflushing hanya dijadikan alternatif untuk kasus-kasus perusahaan manufaktur yang tingkat produksnya sangat cepat. Kalau menunggu pencatatan akuntansi tradisional tentu saja sangat ketinggalan. Untuk perusahaan yang tingkat produksi yang umum, tetap menggunakan pencatatan akuntansi yang lazim. Untuk perusahaan yang tingkat produksi yang umum, tetap menggunakan pencatatan akuntansi yang lazim.

8 Akuntansi dengan backflushing Biaya tenaga kerja langsung dibebankan ke akun COGS Biaya tenaga kerja langsung dibebankan ke akun COGS Biaya Overhead pabrik dibebankan ke FOH control, dari FOH control dibebankan ke COGS Biaya Overhead pabrik dibebankan ke FOH control, dari FOH control dibebankan ke COGS See : Case McIntire Company page 10-13/14/15 See : Case McIntire Company page 10-13/14/15


Download ppt "CHAPTER 10 JUST-IN-TIME DAN BIACKFLUSHING. JUST-IN-TIME Karakterisrik : Karakterisrik : a. Pengurangan biaya melalui eliminasi a. Pengurangan biaya melalui."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google