Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

a. Letak Astronomis dan Batas Wilayah Benua Australia adalah benua tersempit dan terjarang penduduknya. Benua Australia terletak di antara 113 0 Bt.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "a. Letak Astronomis dan Batas Wilayah Benua Australia adalah benua tersempit dan terjarang penduduknya. Benua Australia terletak di antara 113 0 Bt."— Transcript presentasi:

1

2

3 a. Letak Astronomis dan Batas Wilayah Benua Australia adalah benua tersempit dan terjarang penduduknya. Benua Australia terletak di antara Bt dan 10 0 LS – 43 0 LS. Luasnya adalah km 2. Australia adalah sebuah negara benua atau wilayah yang negaranya meliputi sebuah benua. Batas wilayah benua Australia adalah sebagai berikut: Sebelah utara : Indonesia, Selat Timor dan Samudra Pasifik. Sebelah selatan : Samudra Hindia. Sebelah timur : Samudra Pasifik. Sebelah barat : Samudra Hindia. a. Letak Astronomis dan Batas Wilayah Benua Australia adalah benua tersempit dan terjarang penduduknya. Benua Australia terletak di antara Bt dan 10 0 LS – 43 0 LS. Luasnya adalah km 2. Australia adalah sebuah negara benua atau wilayah yang negaranya meliputi sebuah benua. Batas wilayah benua Australia adalah sebagai berikut: Sebelah utara : Indonesia, Selat Timor dan Samudra Pasifik. Sebelah selatan : Samudra Hindia. Sebelah timur : Samudra Pasifik. Sebelah barat : Samudra Hindia.

4 Benua Australia dan Osenia meliputi wilayah Australia, Papua Nugini, Selandia Baru dan kepulauan lain di Kepulauan Osenia. Benua Australia bidang km 2 : , daratan 5,2 %, titik tertingginya gunung Koscius, Austraia m, titik terendah bawah laut adalah danau Eyre, Australia Selatan 13 m, temperatur tertinggi Doncurry Queensland 53,1 0 C, dan temperatur terendahnya adalah Charlotte Pas New South Wales -22,2 0 C. Benua Australia dan Osenia meliputi wilayah Australia, Papua Nugini, Selandia Baru dan kepulauan lain di Kepulauan Osenia. Benua Australia bidang km 2 : , daratan 5,2 %, titik tertingginya gunung Koscius, Austraia m, titik terendah bawah laut adalah danau Eyre, Australia Selatan 13 m, temperatur tertinggi Doncurry Queensland 53,1 0 C, dan temperatur terendahnya adalah Charlotte Pas New South Wales -22,2 0 C.

5 Perekonomian Di Negeri kangguru ini mengenalkan sistem ekonomi campuran atau mixed economy dengan kategori negara makmur. Negara sekaligus benua ini memiliki pendapatan per kapita $914,482 miliar (data 2011); lebih unggul daripada Inggris dan Jerman sekali pun. Australia memiliki sistem ekonomi pasar dengan pendapatan per kapita yang tinggi dan tingkat kemiskinan yang rendah. Dolar Australia, mata uang resmi yang digunakan, memiliki nilai tukar sebesar Rp9.300 per 1 dolar. Pendapatan utama Australia berasal dari hasil pertanian, industri riil,pajak ekspor impor, industri IT, pariwisata, serta hasil tambang (terutama uranium dan emas). Perekonomian Di Negeri kangguru ini mengenalkan sistem ekonomi campuran atau mixed economy dengan kategori negara makmur. Negara sekaligus benua ini memiliki pendapatan per kapita $914,482 miliar (data 2011); lebih unggul daripada Inggris dan Jerman sekali pun. Australia memiliki sistem ekonomi pasar dengan pendapatan per kapita yang tinggi dan tingkat kemiskinan yang rendah. Dolar Australia, mata uang resmi yang digunakan, memiliki nilai tukar sebesar Rp9.300 per 1 dolar. Pendapatan utama Australia berasal dari hasil pertanian, industri riil,pajak ekspor impor, industri IT, pariwisata, serta hasil tambang (terutama uranium dan emas).

6

7 Sejak masa kemerdekaan, Australia merupakan tetangga baik yang selalu mendukung perjuangan Indonesia mengusir penjajah Belanda. Hubungan Indonesia dengan Australia secara umum cukup dekat dan mesra. Australia menyadari pentingnya memelihara hubungan Indonesia. Hubungan antara kedua negara ini diwujudkan melalui berbagai aspek, mulai dari ekonomi, pendidikan, budaya, dan sebagainya. Salah satu bentuk hubungan bilateral adalah Forum Dialog Pasifik Barat Daya dan Trilateral Consultation Indonesia. Arus ekspor impor di antara kedua negara pun lancar. Contohnya, Australia secara berkala mengirimkan hasil ternak seperti bibit sapi serta produk- produk unggul pertanian ke Indonesia. Sebaliknya Indonesia rutin mengekspor produk-produk unggulan ke negeri kangguru seperti minyak sawit, hasil tambang, garmen, kerajinan yang diproduksi oleh UKM, dan masih banyak lagi. Sejak masa kemerdekaan, Australia merupakan tetangga baik yang selalu mendukung perjuangan Indonesia mengusir penjajah Belanda. Hubungan Indonesia dengan Australia secara umum cukup dekat dan mesra. Australia menyadari pentingnya memelihara hubungan Indonesia. Hubungan antara kedua negara ini diwujudkan melalui berbagai aspek, mulai dari ekonomi, pendidikan, budaya, dan sebagainya. Salah satu bentuk hubungan bilateral adalah Forum Dialog Pasifik Barat Daya dan Trilateral Consultation Indonesia. Arus ekspor impor di antara kedua negara pun lancar. Contohnya, Australia secara berkala mengirimkan hasil ternak seperti bibit sapi serta produk- produk unggul pertanian ke Indonesia. Sebaliknya Indonesia rutin mengekspor produk-produk unggulan ke negeri kangguru seperti minyak sawit, hasil tambang, garmen, kerajinan yang diproduksi oleh UKM, dan masih banyak lagi. Hubungan Bilateralnya dengan Indonesia

8 Ciri-ciri Alam Utara Benua Australia mempunyai ciri-ciri alam yang membedakan dengan benua lainnya, yaitu sebagai berikut: 1. Benua paling tandus. 2. Benua paling sempit. 3. Benua paling datar permukaan buminya. 4. Terdapat binatang khas Australia, yaitu kangguru. 5. Terdapat karang penghalang besar (Great Barrier Reef) 6. Terdapat banyak binatang berkantung. Ciri-ciri Alam Utara Benua Australia mempunyai ciri-ciri alam yang membedakan dengan benua lainnya, yaitu sebagai berikut: 1. Benua paling tandus. 2. Benua paling sempit. 3. Benua paling datar permukaan buminya. 4. Terdapat binatang khas Australia, yaitu kangguru. 5. Terdapat karang penghalang besar (Great Barrier Reef) 6. Terdapat banyak binatang berkantung.

9 Ciri Sosial dan Budaya Keadaan sosial di Benua Australia adalah sebagai berikut: 1. Kepadatan penduduk benua Australia paling rendah (jarang) dibandingkan benua lainnya, yaitu 2 orang per km Mayoritas penduduk benua Australia dari Negara Inggris. 3. Mayoritas penduduk negara Australia (85 %) tinggal di kota pelabuhan (tepi pantai). 4. Australia sebagai tujuan imigran (pendatang) dari Asia dan Afrika. 5. Penduduk Australia memiliki budaya yang beragam. Penduduk asli Australia adalah Aborigin, dengan senjata tradisional Bumerang. Ciri Sosial dan Budaya Keadaan sosial di Benua Australia adalah sebagai berikut: 1. Kepadatan penduduk benua Australia paling rendah (jarang) dibandingkan benua lainnya, yaitu 2 orang per km Mayoritas penduduk benua Australia dari Negara Inggris. 3. Mayoritas penduduk negara Australia (85 %) tinggal di kota pelabuhan (tepi pantai). 4. Australia sebagai tujuan imigran (pendatang) dari Asia dan Afrika. 5. Penduduk Australia memiliki budaya yang beragam. Penduduk asli Australia adalah Aborigin, dengan senjata tradisional Bumerang.

10

11 1. Tentang Australia Sebagai Negara Benua Berbicara tentang Australia secara tidak langsung akan menuntut kita pada sebuah negara benua yang ada di dunia. Ya, Australia merupakan satu-satunya negara di dunia ini yang menguasai seluruh benua dan tidak berbatasan langsung dengan negara lain (terpisah oleh lautan). Daratan Australia disebut sebagai sebuah keunikan tersendiri yang dapat dijumpai di muka bumi. Ya, Australia merupakan pulau terbesar, sekaligus benua terkecil dan terdatar di dunia. Negara terbesar keenam di dunia ini, memiliki kepadatan penduduk terendah di dunia, yaitu dua orang per kilometer persegi. 1. Tentang Australia Sebagai Negara Benua Berbicara tentang Australia secara tidak langsung akan menuntut kita pada sebuah negara benua yang ada di dunia. Ya, Australia merupakan satu-satunya negara di dunia ini yang menguasai seluruh benua dan tidak berbatasan langsung dengan negara lain (terpisah oleh lautan). Daratan Australia disebut sebagai sebuah keunikan tersendiri yang dapat dijumpai di muka bumi. Ya, Australia merupakan pulau terbesar, sekaligus benua terkecil dan terdatar di dunia. Negara terbesar keenam di dunia ini, memiliki kepadatan penduduk terendah di dunia, yaitu dua orang per kilometer persegi.

12 2. Tentang Australia Sebagai Benua Terkering di Bumi Cerita tentang Australia bukan hanya sebagai satu-satunya negara benua di dunia. Cerita menarik lain tentang Australia masih berlanjut pada keunikan lainnya, yakni sebagai negara sekaligus benua terkering di muka bumi. Ya, daerah pedalaman Australia memiliki curah hujan terendah di dunia dan sekitar daratannya gersang atau setengah gersang yang mencakup gurun pasir. Bukan hanya itu, tanah di daerah ini sangat tidak subur jika dibandingkan dengan tanah gurun pasir lain yang memiliki kegersangan mirip, seperti di Benua Asia atau Afrika. Meski demikian, alam yang kurang bersahabat di benua ini tidak lantas menghalangi masyarakatnya untuk mengubah negara ini menjadi salah satu negara maju di kawasan Asia. 2. Tentang Australia Sebagai Benua Terkering di Bumi Cerita tentang Australia bukan hanya sebagai satu-satunya negara benua di dunia. Cerita menarik lain tentang Australia masih berlanjut pada keunikan lainnya, yakni sebagai negara sekaligus benua terkering di muka bumi. Ya, daerah pedalaman Australia memiliki curah hujan terendah di dunia dan sekitar daratannya gersang atau setengah gersang yang mencakup gurun pasir. Bukan hanya itu, tanah di daerah ini sangat tidak subur jika dibandingkan dengan tanah gurun pasir lain yang memiliki kegersangan mirip, seperti di Benua Asia atau Afrika. Meski demikian, alam yang kurang bersahabat di benua ini tidak lantas menghalangi masyarakatnya untuk mengubah negara ini menjadi salah satu negara maju di kawasan Asia.

13 3. Tentang Australia Sebagai Surga Pantai Semua orang tentu akan mengamini jika ada yang membicarakan tentang Australia dan menyebutnyasebagai surga pantai. Bagaimana tidak, garis pantai Australia memiliki rentang hampir sepanjang kilometer dengan lebih dari pantai. Ini membuat Australia memiliki lebih banyak pantai daripada negara mana pun di dunia. Ya, lebih dari 80 persen orang Australia tinggal di dalam jarak 50 kilometer dari pantai. Oleh sebab itu, pantai menjadi bagian tidak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat Australia. Jika Anda ingin menikmati surganya pantai, maka Australia adalah pilihan yang tepat untuk ditinggali. 3. Tentang Australia Sebagai Surga Pantai Semua orang tentu akan mengamini jika ada yang membicarakan tentang Australia dan menyebutnyasebagai surga pantai. Bagaimana tidak, garis pantai Australia memiliki rentang hampir sepanjang kilometer dengan lebih dari pantai. Ini membuat Australia memiliki lebih banyak pantai daripada negara mana pun di dunia. Ya, lebih dari 80 persen orang Australia tinggal di dalam jarak 50 kilometer dari pantai. Oleh sebab itu, pantai menjadi bagian tidak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat Australia. Jika Anda ingin menikmati surganya pantai, maka Australia adalah pilihan yang tepat untuk ditinggali.

14 4. Tentang Australia Sebagai Budaya Tertua di Dunia Australia merupakan budaya tertua yang masih bisa dijumpai di muka bumi. Kaum atau suku Aborigin yang merupakan penduduk asli negara Australia diperkirakan telah ada sejak abad es terakhir, yaitu sekitar tahun lalu. Suku aborigin dipercaya sebagai peradaban tertua di dunia, suku Aborigin pun memiliki peradaban yang unik jauh sebelum masa kolonisasi Eropa. Suku Aborigin telah berhasil menciptakan sebuah senjata unik yang digunakan untuk berburu berupa bumerang dan pelempar tombak (woomera). Aborigin juga termasuk masyarakat pertama yang mengasah sudut pada alat pemotong batu, dan pertama menggunakan alat batu untuk menggiling biji-bijian. 4. Tentang Australia Sebagai Budaya Tertua di Dunia Australia merupakan budaya tertua yang masih bisa dijumpai di muka bumi. Kaum atau suku Aborigin yang merupakan penduduk asli negara Australia diperkirakan telah ada sejak abad es terakhir, yaitu sekitar tahun lalu. Suku aborigin dipercaya sebagai peradaban tertua di dunia, suku Aborigin pun memiliki peradaban yang unik jauh sebelum masa kolonisasi Eropa. Suku Aborigin telah berhasil menciptakan sebuah senjata unik yang digunakan untuk berburu berupa bumerang dan pelempar tombak (woomera). Aborigin juga termasuk masyarakat pertama yang mengasah sudut pada alat pemotong batu, dan pertama menggunakan alat batu untuk menggiling biji-bijian.

15 5. Tentang Australia dan Masyarakat Berbudaya Majemuk Fakta dan keunikan lain tentang Australia adalah dari segi penduduknya. Dengan penduduk lebih dari 21 juta, Australia yang pada abad ke-17 disebut New Holland merupakan masyarakat yang multikultural. Penduduk Australia mencakup penduduk asli dan imigran dari sekitar 200 negara. Kemajemukan budaya menjadi kunci identitas nasional Australia. Saat ini, lebih dari 40 persen penduduk Australia memiliki asal budaya campuran dengan 226 bahasa yang digunakan. Dengan kenyataan itu, Australia diklaim sebagai sebuah negara dengan penggunaan bahasa berbeda yang paling banyak di dunia. 5. Tentang Australia dan Masyarakat Berbudaya Majemuk Fakta dan keunikan lain tentang Australia adalah dari segi penduduknya. Dengan penduduk lebih dari 21 juta, Australia yang pada abad ke-17 disebut New Holland merupakan masyarakat yang multikultural. Penduduk Australia mencakup penduduk asli dan imigran dari sekitar 200 negara. Kemajemukan budaya menjadi kunci identitas nasional Australia. Saat ini, lebih dari 40 persen penduduk Australia memiliki asal budaya campuran dengan 226 bahasa yang digunakan. Dengan kenyataan itu, Australia diklaim sebagai sebuah negara dengan penggunaan bahasa berbeda yang paling banyak di dunia.

16 6. Tentang Australia Sebagai Tujuan Wisata Paling Populer Jika Indonesia memiliki industri pertanian sebagai salah satu penyumbang devisa atau pendapatan negara, maka berbeda halnya dengan yang terjadi di Australia. Di Australia, industry pariwisata menyumbang 12 persen pendapatan ekspor total Australia dan merupakan salah satu industri terbesar dengan pertumbuhan tercepat. Hal ini disebabkan Australia tidak hanya memiliki pemandangan alam yang terdaftar sebagai world heritage, seperti Great Barrier Reef di utara, alam bebas Tasmania di selatan, Sydney di timur, Uluru di pusat dan kawasan Pedalaman di barat, tetapi masyarakat multi budayanya yang menawarkan beragam seni dan tradisi pun menjadi salah satu faktor lainnya yang membuat Australia diklaim sebagai salah satu tujuan wisata paling popular di dunia.. 6. Tentang Australia Sebagai Tujuan Wisata Paling Populer Jika Indonesia memiliki industri pertanian sebagai salah satu penyumbang devisa atau pendapatan negara, maka berbeda halnya dengan yang terjadi di Australia. Di Australia, industry pariwisata menyumbang 12 persen pendapatan ekspor total Australia dan merupakan salah satu industri terbesar dengan pertumbuhan tercepat. Hal ini disebabkan Australia tidak hanya memiliki pemandangan alam yang terdaftar sebagai world heritage, seperti Great Barrier Reef di utara, alam bebas Tasmania di selatan, Sydney di timur, Uluru di pusat dan kawasan Pedalaman di barat, tetapi masyarakat multi budayanya yang menawarkan beragam seni dan tradisi pun menjadi salah satu faktor lainnya yang membuat Australia diklaim sebagai salah satu tujuan wisata paling popular di dunia..

17 7. Tentang Australia dan Minat Tinggi Akan Budaya Berbicara tentang Australia secara tidak langsung akan membicarakan masyarakatnya yang memiliki minat tinggi akan budaya. Ya, mulai dari teater hingga sastra, orang Australia memiliki kecintaan mendalam terhadap budaya dan seni. Sebutlah Patrick White, yang dianugerahi penghargaan Nobel Sastra dan jadi satu-satunya orang Australia yang meraihnya. Ia juga diakui sebagai salah satu penulis berbahasa Inggris besar sepanjang abad ke-20. Kota-kota besar di Australia pun sering menjadi tuan rumah berbagai festival budaya, pertunjukan musik, teater, tari, serta pameran seni. Apalagi, dengan adanya gedung-gedung budaya dan seni tingkat dunia, yaitu Sydney Opera House di Sydney dan Royal Exhibition Building di Melbourne, semakin mendukung minat kuat masyarakat Australia akan seni dan budaya. 7. Tentang Australia dan Minat Tinggi Akan Budaya Berbicara tentang Australia secara tidak langsung akan membicarakan masyarakatnya yang memiliki minat tinggi akan budaya. Ya, mulai dari teater hingga sastra, orang Australia memiliki kecintaan mendalam terhadap budaya dan seni. Sebutlah Patrick White, yang dianugerahi penghargaan Nobel Sastra dan jadi satu-satunya orang Australia yang meraihnya. Ia juga diakui sebagai salah satu penulis berbahasa Inggris besar sepanjang abad ke-20. Kota-kota besar di Australia pun sering menjadi tuan rumah berbagai festival budaya, pertunjukan musik, teater, tari, serta pameran seni. Apalagi, dengan adanya gedung-gedung budaya dan seni tingkat dunia, yaitu Sydney Opera House di Sydney dan Royal Exhibition Building di Melbourne, semakin mendukung minat kuat masyarakat Australia akan seni dan budaya.

18 8. Tentang Australia dan Jalan, Rel Kereta, serta Pagar Terpanjang Masih banyak keunikan dan fakta menarik tentang Australia, di antaranya adalah tiga hal unik yang dimiliki Australia, yaitu jalan, rel kereta, dan pagar terpanjang di dunia. Jalan lurus terpanjang di Australia (148 km) adalah Eyre Highway di Australia Barat. Ini hanya bagian kecil dari total km jalan tertutup aspal dari Perth sampai Adelaide. Adapun jalur kereta lurus yang terpanjang di dunia, memiliki rentang 478 kilometer melewati dataran Nullarbor Plain di Australia Selatan. Sementara pagar tanpa jeda terpanjang di dunia (pagar dingo) berjarak km melewati Queensland Tengah dan Australia Selatan. Dibangun untuk menjaga domba dari anjing asli Australia. 8. Tentang Australia dan Jalan, Rel Kereta, serta Pagar Terpanjang Masih banyak keunikan dan fakta menarik tentang Australia, di antaranya adalah tiga hal unik yang dimiliki Australia, yaitu jalan, rel kereta, dan pagar terpanjang di dunia. Jalan lurus terpanjang di Australia (148 km) adalah Eyre Highway di Australia Barat. Ini hanya bagian kecil dari total km jalan tertutup aspal dari Perth sampai Adelaide. Adapun jalur kereta lurus yang terpanjang di dunia, memiliki rentang 478 kilometer melewati dataran Nullarbor Plain di Australia Selatan. Sementara pagar tanpa jeda terpanjang di dunia (pagar dingo) berjarak km melewati Queensland Tengah dan Australia Selatan. Dibangun untuk menjaga domba dari anjing asli Australia.

19 9. Tentang Australia dan Opal, Emas, serta Domba Australia Australia menghasilkan 95 persen batu opal yang berharga di dunia dan 99 persen opal hitam. Opal terbesar di dunia ada di sini dengan bobot 5,27 kg. Emas yang berlimpah ditemukan di Kalgoorlie, Australia Barat. Menjadikan kota ini sebagai produsen emas terbesar di Australia. Australia juga terkenal akan dombanya yang berjumlah 85,7 juta ekor (umumnya jenis merino), menghasilkan sebagian besar wol dunia. Dengan 25,4 juta ternak yang dimiliki, Australia merupakan eksportir daging terbesar di dunia. 9. Tentang Australia dan Opal, Emas, serta Domba Australia Australia menghasilkan 95 persen batu opal yang berharga di dunia dan 99 persen opal hitam. Opal terbesar di dunia ada di sini dengan bobot 5,27 kg. Emas yang berlimpah ditemukan di Kalgoorlie, Australia Barat. Menjadikan kota ini sebagai produsen emas terbesar di Australia. Australia juga terkenal akan dombanya yang berjumlah 85,7 juta ekor (umumnya jenis merino), menghasilkan sebagian besar wol dunia. Dengan 25,4 juta ternak yang dimiliki, Australia merupakan eksportir daging terbesar di dunia.

20 10. Tentang Australia dan Keanekaragaman Hayati Australia memiliki 10 persen keanekaragaman hayati dunia, meliputi tanaman dan hewan asli yang tidak terdapat di tempat lain. Australia memiliki sekurangnya spesies tumbuhan. Jumlah yang menakjubkan dibanding Eropa yang hanya memiliki spesies. Untuk hewan, Australia terkenal dengan kanguru dan koala. Hewan khas dan merupakan salah satu mamalia paling mudah dikenali


Download ppt "a. Letak Astronomis dan Batas Wilayah Benua Australia adalah benua tersempit dan terjarang penduduknya. Benua Australia terletak di antara 113 0 Bt."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google