Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELAHIRAN MANUSIA Pertemuan 12 Matakuliah: L0082 - Filsafat Manusia Tahun : 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELAHIRAN MANUSIA Pertemuan 12 Matakuliah: L0082 - Filsafat Manusia Tahun : 2007."— Transcript presentasi:

1

2 KELAHIRAN MANUSIA Pertemuan 12 Matakuliah: L Filsafat Manusia Tahun : 2007

3 Bina Nusantara Membantu para mahasiswa agar semakin memiliki wawasan pengetahuan/pemahaman yang lebih luas, lengkap dan mendalam tentang manusia sebagai misteri dalam ziarah intelektualnya sebagai seorang ilmuwan psikolog. FILSAFAT MANUSIA 3

4 Bina Nusantara Pengantar Filsafat Manusia Dimensi-Dimensi Aku Eksistensi dan Dinamika Aku RUANG LINGKUP FILSAFAT MANUSIA 4

5 Bina Nusantara BAB XII KELAHIRAN MANUSIA

6 Bina Nusantara PERMASALAHAN Titik tolak kita: Bab 1-10 bicara tentang manusia yang aktual, AKU sekarang ini, menurut semua dimensi dan kegiatannya. Aku aktual itu dasar utama bagi pemahaman hakikat manusia. Dari titik tolak ini kita mau cari asal usul manusia, sebab struktur hakiki (aktual) ini juga akan berlaku pada kelahiran manusia.

7 Bina Nusantara Aku Konkret: bukan bicara manusia pada umumnya, namun hanya bicara tentang manusia individual (AKU), kelahiran pribadiku. Dimensi Horizontal: Dicari penyebaban manusia hanya pada taraf manusiawi saja, Tuhan didiamkan dulu, baru akan dipersoalkan sebagai penciptaan dalam Filsafat Ketuhanan. Lahirnya Subjek baru: lahirnya susbstansi otonom baru.

8 Bina Nusantara PENDAPAT PARA FILSUF Dua ekstrem: Materialisme (seluruh manusia melulu materi/dilahirkan orang tua menurut proses alamiah); Spiritualis panteistis (Jiwa diemanasikan dari substansi ilahi, entah dengan telah ada sebelum kehidupan duniawi/praekesistensi atau belum. Jiwa: suatu modifikasi, bagian, fase dari substansi ilahi. Dualisme: jiwa telah diciptakan sebagai sunstansi utuh sebelum kehidupan duniawi/praeksistensi. Kemudian jiwa itu dipersatukan dengan badan, dengan alasan berwarna-warna (Kant, Scheling).

9 Bina Nusantara Usaha Sintesis –Tradusianisme (badan dan jiwa dilahirkan/diberi alih oleh orang tua dari substansi mereka): Tradusiansme materil (jiwa dikembangbiakan langsung melalui mani badaniah dan lahir dari substansi badaniah orang tua); Tradusianisme spiritual (atau mati badaniah hanya merupakan semacam alat pengantara utk mencurahkan jiwa orang tua kepada manusia baru, atau jiwa itu lahir dari semacam mani spiritual yang dihasilkan oleh jiwa orang tua. –Kreasionisme: Tuhan sumber satu-satunya bagi adanya Jiwa, orang tua menciptakan materi pada manusia baru, jiwa diciptakan ortu sekaligus dimasukkan ke dalam materi sebagai prinsip formal manusiawi.

10 Bina Nusantara –Rosmini (abad 19): pada manusia baru, jiwa sensitif lahir dari orang tua seperti juga terjadi dalam hal nyawa hewan. Lalu karna pada suatu saat berintuisi akan “ide berada”, maka jiwa sensitif itu berubah menjadi nyawa rasional. –Frohschammer (abad 19): jiwa tidak diberi alih oleh ortu (baik spiritual pun materil) namun jiwa orang baru diciptakan ortu karena suatu daya istimewa yang dikaruniakan Tuhan kepada mereka. –Hominisasi (de Chardin: badan maupun jiwa dihasilkan ortu)

11 Bina Nusantara MANUSIA MENGADAKAN MANUSIA Komunikasi Lama dan Baru: Kreatif Manusia Unik Jasmani-Rohani

12 Bina Nusantara MANUSIA MELAHIRKAN MANUSIA BARU Komunikasi Lama dan baru: kreatif Otonomi unik Jasmani-rohani

13 Bina Nusantara BEBERAPA CATATAN Permulaan dan proses Kapan menjadi manusia? Penciptaan (hubungan aktual antara Pencipta dan ciptaan, seluruh manusia jiwa- badan diciptakan oleh Tuhan, Satu macam penciptaan.


Download ppt "KELAHIRAN MANUSIA Pertemuan 12 Matakuliah: L0082 - Filsafat Manusia Tahun : 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google