Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN Usaha yang positif untuk mempengaruhi/mengerahkan orang lain untuk tetap atau lebih bersemangat melakukan tugas atau mengubah tingkahlaku.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN Usaha yang positif untuk mempengaruhi/mengerahkan orang lain untuk tetap atau lebih bersemangat melakukan tugas atau mengubah tingkahlaku."— Transcript presentasi:

1

2

3 PENGERTIAN Usaha yang positif untuk mempengaruhi/mengerahkan orang lain untuk tetap atau lebih bersemangat melakukan tugas atau mengubah tingkahlaku mereka

4  Adanya pengikut atau bawahan  Adanya pembagian kekuasaan (yang tidak seimbang)  Pemimpin dapat mempengaruhi bawahan Unsur pokok kepemimpinan

5 PENGERTIAN KEPEMIMPINAN berdasarkan Theory 1. Menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan, Pemimpin adalah seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan. 2. Menurut Robert Tanembaum, Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasikan, mengarahkan, mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan perusahaan. 3. Menurut Davis and Filley, Pemimpin adalah seseorang yang menduduki suatu posisi manajemen atau seseorang yang melakukan suatu pekerjaan memimpin.

6 Sedangakan menurut Pancasila, Pemimpin adalah : Ing Ngarsa Sung Tuladha : Pemimpin harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang – orang yang dipimpinnya. Ing Ngarsa Sung Tuladha : Pemimpin harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang – orang yang dipimpinnya. Ing Madya Mangun Karsa: Pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang – orang yang dibimbingnya. Ing Madya Mangun Karsa: Pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang – orang yang dibimbingnya. Tut Wuri Handayani : Pemimpin harus mampu mendorong orang – orang yang diasuhnya berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab. Tut Wuri Handayani : Pemimpin harus mampu mendorong orang – orang yang diasuhnya berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab.

7 Dalam bahasa Inggris, pemimpin disebut sebagai leader, yang berakar dari kata to lead sebagai to influence, yang berarti mempengaruhi. Jadi, pemimpin adalah orang yang bisa mempengaruhi (?). Dalam bahasa Inggris, pemimpin disebut sebagai leader, yang berakar dari kata to lead sebagai to influence, yang berarti mempengaruhi. Jadi, pemimpin adalah orang yang bisa mempengaruhi (?). Sedangkan menurut Al Farabi, pemimpin (rais), dapat diibaratkan seperti hati yang ada pada diri manusia. Dan hati berfungsi sebagai stasion dari segala macam organ tubuh manusia dan menjadi penentu segala aktivitasnya. Sedangkan menurut Al Farabi, pemimpin (rais), dapat diibaratkan seperti hati yang ada pada diri manusia. Dan hati berfungsi sebagai stasion dari segala macam organ tubuh manusia dan menjadi penentu segala aktivitasnya.

8 Dari definisi kepemimpinan diatas menunjukan bahwa kepemimpinan melibatkan unsur : Penggunaan pengaruh dan semua hubungan merupakan upaya kepemimpinan. Penggunaan pengaruh dan semua hubungan merupakan upaya kepemimpinan. Pentingnya proses komunikasi, kejelasan dan tepatnya komunikasi mempengaruhi prestasi pengikutnya Pentingnya proses komunikasi, kejelasan dan tepatnya komunikasi mempengaruhi prestasi pengikutnya Berfokus pada pencapaian tujuan individu, kelompok dan organisasi. Berfokus pada pencapaian tujuan individu, kelompok dan organisasi.

9 BEBERAPA PENDEKATAN YANG MEMBUAT KEPEMIMPINAN EFEKTIF Berusaha mencari ciri kepribadian yang universal sampai suatu derajat yang lebih tinggi yang dimiliki oleh pemimpin dari pada bukan pemimpin. Berusaha mencari ciri kepribadian yang universal sampai suatu derajat yang lebih tinggi yang dimiliki oleh pemimpin dari pada bukan pemimpin. Menggunakan model-model kemungkinan untuk menjelaskan teori-teori kepemimpinan. Menggunakan model-model kemungkinan untuk menjelaskan teori-teori kepemimpinan. Mempelajari Kepemimpinan sebelumnya dengan merujuk dan memadukan aneka ragam penemuan riset. Mempelajari Kepemimpinan sebelumnya dengan merujuk dan memadukan aneka ragam penemuan riset.

10 MANFAAT KEPEMIMPINAN Kepemimpinan menyangkut hal mengatasi perubahan, Kepemimpinan menyangkut hal mengatasi perubahan, Pemimpin menetapkan arah dengan mengembangkan suatu visi terhadap masa depan, Pemimpin menetapkan arah dengan mengembangkan suatu visi terhadap masa depan, kemudian memanage orang dengan mengkomunikasikan untuk mengurai rintangan- rintangan dalam mencapai tujuan kemudian memanage orang dengan mengkomunikasikan untuk mengurai rintangan- rintangan dalam mencapai tujuan Kepemimpinan merupakan hal yang penting dalam mencapai tingkat keefektifan organisasioanal secara optimal. Kepemimpinan merupakan hal yang penting dalam mencapai tingkat keefektifan organisasioanal secara optimal. Kepemimpinan adalah gaya yang menonjolkan penampilan sebagai pemimpin Kepemimpinan adalah gaya yang menonjolkan penampilan sebagai pemimpin


Download ppt "PENGERTIAN Usaha yang positif untuk mempengaruhi/mengerahkan orang lain untuk tetap atau lebih bersemangat melakukan tugas atau mengubah tingkahlaku."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google