Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN BAB 2. TUJUAN PEMBELAJARAN Untuk menjelaskan fase-fase yang terlibat dalam siklus manajemen pengetahuan, seperti menangkap,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN BAB 2. TUJUAN PEMBELAJARAN Untuk menjelaskan fase-fase yang terlibat dalam siklus manajemen pengetahuan, seperti menangkap,"— Transcript presentasi:

1 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN BAB 2

2 TUJUAN PEMBELAJARAN Untuk menjelaskan fase-fase yang terlibat dalam siklus manajemen pengetahuan, seperti menangkap, menciptakan, mengkodifikasi, menyebarkan, mengakses, aplikasi dan reuse pengetahuan di dalam dan antar organisasi. Empat pendekatan dalam siklus manajemen pengetahuan di antaranya Meyer dan Zack (1996), Bukowitz dan William (2000), McElroy (2003) dan Wiig (1993).

3 PROSES MANAJEMEN PENGETAHUAN Identifikasi lokasi pengetahuan dan sumber pengetahuan dalam organisasi. Translasi pengetahuan berharga menjadi bentuk eksplisit → kodifikasi pengetahuan, sehingga memudahkan penyebaran. Disimpan dalam “corporate memory”

4 MODEL SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN 1. Model Zack (Meyer dan Zack, 1996) 2. Model Bukowitz dan Williams (2000) 3. Model McElroy (2003) 4. Model Wiig (1993) Kriteria : -Telah diimplementasikan dan divalidasi. -Komprehensif. -Deskripsi detil proses manajemen pengetahuan di setiap langkah.

5 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN ZACK Riset dan pengetahuan mengenai rancangan produk fisik dapat dikembangkan menjadi wilayah intelektual yang difungsikan sebagai landasan dari siklus manajemen pengetahuan.

6 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN MEYER DAN ZACK

7 SIKLUS BUKOWITZ DAN WILLIAMS DASAR PEMIKIRAN Bagaimana organisasi menghasilkan (generate), memelihara (maintain), dan mengatur (deploy) kumpulan pengetahuan yang benar secara strategis untuk menciptakan nilai (value).

8 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN BUKOWITZ DAN WILLIAM

9 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN MCELROY DASAR PEMIKIRAN Siklus manajemen pengetahuan terdiri atas proses produksi pengetahuan dan integrasi pengetahuan, dengan pengulangan umpan-balik (feedback) ke dalam memori organisasi, belief dan klaim, serta lingkungan pemrosesan bisnis (business-processing)

10 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN MCELROY

11 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN WIIG DASAR PEMIKIRAN Tiga kondisi yang harus ada pada perusahaan untuk sukses dalam menjalankan bisnis : 1. Memiliki bisnis (produk/jasa) dan pelanggan. 2. Memiliki sumber daya (manusia, kapital, fasilitas). 3. Memiliki kemampuan untuk bertindak.

12 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN WIIG

13 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN TERINTEGERASI Berdasarkan 4 pendekatan sklus manajemen pengetahuan sebelumnya, dapat dibentuk siklus manajemen pengetahuan terintegerasi. Yang terdapat 3 tahapan utama yaitu : 1. Menangkap dan/atau menciptakan pengetahuan. 2. Membagi dan menyebarkan pengetahuan. 3. Mengakuisisi dan aplikasi pengetahuan.

14 SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN TERINTEGERASI (LANJUTAN)

15 PERBANDINGAN 4 PENDEKATAN SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN SEBELUMNYA DALAM SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN TERINTEGRASI

16 Siklus Zack & Meyer : sudah membahas komponen yang cukup lengkap (ada fase refinement) Siklus Bukowitz & Williams : terdapat learning of knowledge content dan decision, lebih komprehensif karena ada tacit knowledge. Siklus McElroy : bagaimana pengetahuan dievaluasi dan bagaimana pengambilan keputusan. Siklus Wiig : deskripsi jelas dan detail bagaimana memori organisasi diletakkan untuk menciptakan value bagi individu, kelompok dan organisasi itu sendiri.


Download ppt "SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN BAB 2. TUJUAN PEMBELAJARAN Untuk menjelaskan fase-fase yang terlibat dalam siklus manajemen pengetahuan, seperti menangkap,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google