Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-Business 1.Definisi E-Business 2.E-Business Vs E-Government 3.E-Business Vs E-Commerce 4.E-Business Vs E-Learning 5.Dampak Positif E-Business 6.Dampak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-Business 1.Definisi E-Business 2.E-Business Vs E-Government 3.E-Business Vs E-Commerce 4.E-Business Vs E-Learning 5.Dampak Positif E-Business 6.Dampak."— Transcript presentasi:

1 E-Business 1.Definisi E-Business 2.E-Business Vs E-Government 3.E-Business Vs E-Commerce 4.E-Business Vs E-Learning 5.Dampak Positif E-Business 6.Dampak Negatif E-Business

2 Definisi E-Business Begitu banyak definisi tentang E-Business yang terdapat dalam literatur dan internet. Berikut ini adalah beberapa di antaranya: a) E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E- Business. Prentice Hall. 2002)

3 Lanjutan… b) E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk Cases in Electronic Commerce. McGraw- Hill)

4 Lanjutan…. c) E-Business adalah Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi, dan organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall)

5 Lanjutan….. d) E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e- business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. Samantha Shurety E-business with Net.Commerce. Prentice Hall)

6 Lanjutan …… e) Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole E-business – Just What is It?

7 Definisi yang digabungkan Berdasarkan beberapa definisi e-bisnis yang dikemukakan di atas, kita dapat menggabung kannya ke dalam suatu definisi e-business yang utuh, Yaitu: E-Business adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan— dapat berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas dan profit.

8 E-Business Vs E-Government E-Government (EG) mengacu kepada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk bertukar informasi dan pelayanan kepada penduduk, perusahaan-perusahaan, dan pemerintahan lainnya. E- Government adalah e-business yang dilakukan oleh pemerintah untuk menjalankan proses bisnisnya, yaitu pemerintahan dan layanan masyarakat.

9 4 macam bentuk E-Government government-to-citizen (terhadap penduduk) government-to- business (terhadap perusahaan) government-to-employees (terhadap pegawainya) government-to-government (terhadap instansi lain)

10 E-Business Vs E-Commerce E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya E-Commerce adalah bagian dari e-business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama berupa pembelian dan penjualan

11 E-Business Vs E-Learning E-Learning adalah istilah payung yang menggambarkan pembelajaran yang dilakukan menggunakan komputer, biasanya terkoneksidengan jaringan, dan memberikan kita Kesempatan utk belajar hampir setiap waktu, di mana pun. E-Learning dapat menjadi bagian dari e-business jika pembelajaran menjadi salah satu proses bisnis utama dari organisasi. Misalnya, perusahaan yang menyediakan e-learning bagi pembelajaran karyawan pada intranetnya. Contoh yang lain, Cisco Systems yang membuka kelas online.

12 Dampak Positif E-Business a. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. b. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). c. Menurunkan biaya operasional(operating cost). d. Melebarkan jangkauan (global reach). e. Meningkatkan customer loyality. f. Meningkatkan supplier management. g. Memperpendek waktu produksi. h. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

13 Dampak Negatif E-Business a)Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Misalnya seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada. b) Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak- pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban. c) Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.

14 Lanjutan….. d) Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri. e) Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut. f) Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidak jujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.


Download ppt "E-Business 1.Definisi E-Business 2.E-Business Vs E-Government 3.E-Business Vs E-Commerce 4.E-Business Vs E-Learning 5.Dampak Positif E-Business 6.Dampak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google