Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bunga Anyelir KELOMPOK : HORTUS (horticultura) -Efriolin Fransiska Nova -Siti Juraidah - Bella Monika Friskila - Rizky Nopiandi - Prissilia Solantia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bunga Anyelir KELOMPOK : HORTUS (horticultura) -Efriolin Fransiska Nova -Siti Juraidah - Bella Monika Friskila - Rizky Nopiandi - Prissilia Solantia."— Transcript presentasi:

1 Bunga Anyelir KELOMPOK : HORTUS (horticultura) -Efriolin Fransiska Nova -Siti Juraidah - Bella Monika Friskila - Rizky Nopiandi - Prissilia Solantia

2 TUJUAN PEMBELAJARAN 1.Siswa dapat mendefinisikan apa itu sel hewan 2.Siswa dapat mengetahui struktur sel hewan 3.Siswa dapat mengetahui fungsi dari organel- organel sel hewan

3 Pengertian Sel Hewan Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan biasanya mereka memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada. Karena tidak memiliki dinding sel yang keras, sel hewan bervariasi bentuknya. sel eukariotikjaringansel tumbuhandinding selkloroplasvakuoladinding sel

4 struktur sel hewan sel hewan merupakan sel eukriotik, sel hewan memiliki sifat tipis, elastis dan bentuknya dapat berubah rubah, secara garis besar sel hewan tersusun atas membran plasma, sitoplasma, inti sel, dan sistem endro membran, nah untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat gambar di bawah ini

5 Sel Hewan terdiri atas: Membran Plasma, Retikulum Endoplasma (RE) (RE halus (REH) dan RE kasar (REK)), Badan Golgi, Lisosom, Mitokondria, Sentrosom, Inti atau Nukleus, Mikrotubulus, Mikrofilamen, ribosom, sentriol,, badan mikro( sentrosom)

6 A. Membran sel Membran sel merupakan bagian sel yang terletak pada bagian terluar. Sebagian besar sel ini dimiliki oleh sel organisme eukariotik yaitu sel HEWAN. Bagian khusus membran sel yang berfungsi sebagai reseptor adalah Glikoprotein.Glikoprotein merupakan bagian membran selyang tersusun atas karbohidrat dan protein. Selain itu pada membran plasma terdapat juga Glikolipid yang tersusun atas karbohidrat dan lemak. Membran sel tersusun atas molekul lipoprotein. Lipoprotein merupakan senyawa kimia yang terdiri atas lemak Plospolipid dan protein. Membran ini dinamakan pospolipid lapis ganda dikarenakan oleh letak molekul lemak berada di tengah membran

7 Gambar membran sel.

8 B.Retikulum Endoplasma (RE, atau endoplasmic reticula) Adalah organel yang dapat ditemukan pada semua sel eukariotik. Retikulum Endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri atas sistem membran. Di sekitar Retikulum Endoplasma adalah bagian sitoplasma yang disebut sitosol. Retikulum Endoplasma sendiri terdiri atas ruangan- ruangan kosong yang ditutupi dengan membran dengan ketebalan 4 nm (nanometer, meter). Membran ini berhubungan langsung dengan selimut nukleus atau nuclear envelope. Retikulum Endoplasma terdapat ribuan ribosom atau ribosomeorganel eukariotiksitosol ribosom

9 Jenis-jenis retikulum endoplasma RE kasar Di permukaan RE kasar, terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein. Maka, fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein. RE halus Berbeda dari RE kasar, RE halus tidak memiliki bintik-bintik ribosom di permukaannya. RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel. RE sarkoplasmik RE sarkoplasmik adalah jenis khusus dari RE halus. RE sarkoplasmik ini ditemukan pada otot licin dan otot lurik. Yang membedakan RE sarkoplasmik dari RE halus adalah kandungan proteinnya. RE halus mensintesis molekul, sementara RE sarkoplasmik menyimpan dan memompa ion kalsium. RE sarkoplasmik berperan dalam pemicuan kontraksi otot.

10 Sistem edomembran sel

11 Fungsi Retikulum Endoplasma Jaring-jaring endoplasma adalah jaringan keping kecil-kecil yang tersebar bebas di antara selaput selaput di seluruh sitoplasma dan membentuk saluran pengangkut bahan. Jaring-jaring ini biasanya berhubungan dengan ribosom (titik-titik merah) yang terdiri dari protein dan asam nukleat, atau RNA. Partikel-partikel tadi mensintesis protein serta menerima perintah melalui RNA tersebut (Time Life, 1984). Jadi fungsi RE adalah mendukung sintesis protein dan menyalurkan bahan genetic antara inti sel dengan sitoplasma dan berfungsi sebagai alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri. Menjadi tempat penyimpan Calcium, bila sel berkontraksi maka calcium akan dikeluarkan dari RE dan menuju ke sitosol Memodifikasi protein yang disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel. (RE kasar) Mensintesis lemak dan kolestrol, ini terjadi di hati (RE kasar dan RE halus)lemak Menetralkan racun (detoksifikasi) misalnya RE yang ada di dalam sel-sel hati. Transportasi molekul-molekul dan bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain (RE kasar dan RE halus)

12 C.Badan golgi Struktur dan Fungsi Badan Golgi- Kompleks Golgi dijumpai pada hampir semua sel tumbuhan dan hewan. Pada sel tumbuhan, kompleks Golgi disebut diktiosom. Badan Golgi (ditemukan tahun 1898 oleh Camillio Golgi) tersebar dalam sitoplasma dan merupakan salah satu komponen terbesar dalam sel. Antara badan Golgi satu dengan yang lain berhubungan dan membentuk struktur kompleks seperti jala. Badan Golgi sangat penting pada sel sekresi. Kompleks Golgi dan RE mempunyai hubungan erat dalam sekresi protein sel. Di depan telah dikatakan bahwa RE menampung dan menyalurkan protein ke Golgi. Golgi mereaksikan protein itu dengan glioksilat sehingga terbentuk glikoprotein untuk dibawa ke luar sel. Oleh karena hasilnya disekresikan itulah maka Golgi disebut pula sebagai organel sekretori.

13 Gambar badan golgi pada sel hewan

14 Organela ini ditemukan pertama kali oleh Camilio Golgi, seorang ilmuwan dari Italia. Badan golgi biasa dijumpai pada sel tumbuhan maupun hewan. Pada sel hewan terdapat badan golgi. Lain halnya dengan tumbuhan yang memiliki ratusan badan golgi pada setiap sel. Badan golgi terdiri atas sekelompok kantong pipih yang dibatasi membran yang dinamakan saccula. Di dekat saccula terdapat vesikel sekretori yang berupa gelembung bulat. Badan golgi pada tumbuhan disebut dengan diktiosom. Pada diktiosom terjadi pembuatan polisakarida dalam bentuk selulosa yang digunakan sebagai bahan penyusun dinding sel. Membentuk membran plasma. Membentuk kantong sekresi untuk membungkus zat yang akan dikeluarkan sel, seperti protein, glikoprotein, karbohidrat, dan lemak. Secara umum fungsi dari badan golgi pada sel hewan antara lain: menghasilkan lisosom; membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur.

15 D.Lisosom Lisosom adalah organel yang termasuk dalam sistem endomembran, produk atau hasil ER kasar dan Golgi apratus. Lisosom merupakan kantong terikan membran yang berisi enzim hidrolitik yang digunakan untuk mencerna makromolekul. Nama lisosom berasal dari dua kata latin yang berarti badan pemecahan. Terdapat enzim lisosom yang dapat menghidrolisis protein, polisakarida,lemak, dan asam nukleat.enzim-enzim teraebut bekerja sangat baik pada keadaanasam kira-kira pada pH5.berfungsi sebagai tempat mencerna bahan- bahan dari luar sel dan bahan yang tidak di pakai dari dalam sel.

16 Gambar lisosom

17 E. Mitokondria Mitokondria merupakan organel sel yang berbentuk filament atau granula. Mitokondria merupakan unit penghasil tenaga yang dikenal sebagai power houses (pusat tenaga) dimana 95% ATP yang dibentuk berada di Mitokondria. Mitokondria terletak di sitoplasma. Mitokondria berbentuk tongkat-tongkat kecil yang berfungsi dalam proses katbolisme dan respirasi dalam rangka membentuk energi.

18 Gambar mitokondria

19 F. Sentrosom SENTROSOM hanya dapat ditemui pada sel hewan. Sentrosom adalah lingkaran kecil yang terletak pada salah satu kutub inti. Gunanya untuk membentuk benang-benang spindel.

20 G. Nukleus atau inti sel Nukleus merupakan struktur yang besar dalam sel, dimana hampir disemua sel hanya ada satu nukleus, yang merupakan campuran granula yang kaya DNA dan protein DNA yang lebih dikenal sebagai gen.Nukleus adalah organel sel yang utama di mana di dalamnya terdapat kromatin benang panjang DNA. Berfungsi sebagai tempat pengendalian aktivitas sel tempat DNA yang berfungsi sebagai faktor keturunan H. Sentriol Dalam satu sel hewan terdapat dua sentriol.kedua sel ini terdapat dalam satu tempat yang disebut sentrosom. Sentriol berperan dalam proses pembelahan sel yang terjadi secara mitosis dan miosis. Berfungsi untuk mengontrol pebentukan benang- benang gelondong selama pembelahan sel

21 i. Badan mikro/peroksisom Berisi mengandung enzi katalase dan oksidasi disebut perolisium, yang mengandung u asam glioksiat.Biasanya terdapat di dalam hati dan ginjal untuk merombak lemak menjadi oksigen dan air j. Ribosom Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesa protein k. Mikrofilamen Mikrofilamin atau filamin aktin adalah bagian dari kerangka sel (sitoskeleton) yang berupa batang padat berdiameter 7 nm dan tersusun atas protein aktin yang berfungsi untuk menahan daya tarik/ tegangan.

22 by: Efriolin f.nova


Download ppt "Bunga Anyelir KELOMPOK : HORTUS (horticultura) -Efriolin Fransiska Nova -Siti Juraidah - Bella Monika Friskila - Rizky Nopiandi - Prissilia Solantia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google