Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendidikan zaman Tokugawa. Tujuan pendidikan zaman Edo : Menumbuhkan sikap moral dalam masyarakat Menumbuhkan sikap moral dalam masyarakat Mengembangkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendidikan zaman Tokugawa. Tujuan pendidikan zaman Edo : Menumbuhkan sikap moral dalam masyarakat Menumbuhkan sikap moral dalam masyarakat Mengembangkan."— Transcript presentasi:

1 Pendidikan zaman Tokugawa

2 Tujuan pendidikan zaman Edo : Menumbuhkan sikap moral dalam masyarakat Menumbuhkan sikap moral dalam masyarakat Mengembangkan kemampuan moral, teknik, sikap dan pengetahuan Mengembangkan kemampuan moral, teknik, sikap dan pengetahuan Mengembangkan keahlian dan kemampuan fisik yang memadai Mengembangkan keahlian dan kemampuan fisik yang memadai

3 Kesemuanya bertujuan untuk melahirkan generasi yang: Memiliki bekal khusus untuk masa depannya Memiliki bekal khusus untuk masa depannya Memiliki kualitas yang membuatnya berguna dalam masyarakat Memiliki kualitas yang membuatnya berguna dalam masyarakat memiliki kualitas yang secara non materi berguna baginya sehingga kelak dapat menjadi sosok manusia yang ideal, mengisi hidupnyadengan keaneka ragaman serta memperkaya pengalaman. memiliki kualitas yang secara non materi berguna baginya sehingga kelak dapat menjadi sosok manusia yang ideal, mengisi hidupnyadengan keaneka ragaman serta memperkaya pengalaman.

4 Shitsuke : pendidikan yang diperoleh kaum Bushi di rumah. Meliputi aturan dasar dan latihan militer serta pedoman untuk bertingkah laku yang sesuai dengan status social mereka dalam masyarakat. Shitsuke : pendidikan yang diperoleh kaum Bushi di rumah. Meliputi aturan dasar dan latihan militer serta pedoman untuk bertingkah laku yang sesuai dengan status social mereka dalam masyarakat.

5 Pendidikan bagi wanita Sifat pendidikannya adalah informal atau Shikyoiku Sifat pendidikannya adalah informal atau Shikyoiku Titik berat pendidikannya : Ketrampilan wanita seperti memasak dan menjahit Titik berat pendidikannya : Ketrampilan wanita seperti memasak dan menjahit Tempat penidikannya : Tempat penidikannya :

6 Jenis pendidikan Terakoya : Bagi wanita golongan petani dan pedagang Terakoya : Bagi wanita golongan petani dan pedagang Okiya atau rumah Geisha Okiya atau rumah Geisha Di rumah : Bagi wanita golongan bangsawan Di rumah : Bagi wanita golongan bangsawan

7 Jenis-jenis lembaga pendidikan : Pendidikan bagi kaum bangsawan : Gakushuin Pendidikan bagi kaum bangsawan : Gakushuin Pendidikan bagi kaum samurai : sekolah Bakufu, Hanko (sekolah Han), Shijuku (sekolah swasta) Pendidikan bagi kaum samurai : sekolah Bakufu, Hanko (sekolah Han), Shijuku (sekolah swasta) Pendidikan bagi rakyat biasa : Terakoya dan Gogaku Pendidikan bagi rakyat biasa : Terakoya dan Gogaku

8 Kelahiran rangaku dan Kokugaku Pada masa Sakoku lahir Rangaku yaitu ilmu penegetahuan tentang barat yang dibawa oleh pedagang Belanda serta Kokugaku atau ilmu pengetahuan tentang negara Jepang Pada masa Sakoku lahir Rangaku yaitu ilmu penegetahuan tentang barat yang dibawa oleh pedagang Belanda serta Kokugaku atau ilmu pengetahuan tentang negara Jepang


Download ppt "Pendidikan zaman Tokugawa. Tujuan pendidikan zaman Edo : Menumbuhkan sikap moral dalam masyarakat Menumbuhkan sikap moral dalam masyarakat Mengembangkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google