Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FEASIBILITY STUDY (FS) STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB) Disajikan oleh : Tim Dosen SKB, FE, UEU, Jakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FEASIBILITY STUDY (FS) STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB) Disajikan oleh : Tim Dosen SKB, FE, UEU, Jakarta."— Transcript presentasi:

1 FEASIBILITY STUDY (FS) STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB) Disajikan oleh : Tim Dosen SKB, FE, UEU, Jakarta

2 PENGGUNAAN DAN KEGUNAAN STUDI KELAYAKAN PERUSAHAAN Pertemuan III TOPIK 1

3 PENILAIAN BAGI PENCARI LABA DAN BUKAN PENCARI LABA  Pada prinsipnya melakukan studi kelayakan dimaksudkan untuk menghindari dilaksanakannya proyek-proyek baik yang bertujuan mencari laba maupun bukan pencari laba yang tidak memberikan keuntungan dan kemanfaatan

4 PENILAIAN BAGI PENCARI LABA DAN BUKAN PENCARI LABA  Hal tersebut perlu dipertimbangkan mengingat keterbatasan sumber-sumber (input dan pengorbanan) yang dipergunakan bagi pelaksanaan proyek.

5 PENILAIAN BAGI PENCARI LABA DAN BUKAN PENCARI LABA  Usaha pencari laba dan usaha bukan pencari laba memiliki FOCUS atau perbedaan tekanan dalam penilaian proyeknya masing- masing.  Usaha pencari laba yang biasanya ditangani swasta, memiliki tekanan pada besarnya keuntungan yang akan diperoleh oleh proyek yang bersangkutan di masa yang akan datang.

6 PENILAIAN BAGI PENCARI LABA DAN BUKAN PENCARI LABA  Sedangkan usaha bukan pencari laba memiliki focus penekanan penilaian pada besarnya social benefit atau kemanfaatan yang akan diperoleh masyarakat di masa yang akan datang

7 MANFAAT STUDI KELAYAKAN BAGI PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN

8 MANFAAT STUDI KELAYAKAN BAGI PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN  Penilaian proyek oleh lembaga atau perseorangan yaitu pihak- pihak yang berkepentingan ternyata memiliki tujuan dan alasan yang berbeda-beda.

9 MANFAAT STUDI KELAYAKAN BAGI PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN  Pihak-pihak yang berkepentingan dalam hal ini bisa dikelompokkan ke dalam investor, kreditor dan pemerintah.

10 MANFAAT STUDI KELAYAKAN BAGI PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN  Pada prinsipnya tujuan ketiga pihak tersebut di dalam menilai proyek adalah untuk membantu pengambilan keputusan agar tidak terjadi kesalahan di dalam pengambilan keputusan mereka.

11 MANFAAT STUDI KELAYAKAN BAGI PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN  Keputusan yang harus mereka ambil adalah menyangkut masalah penanaman dana yang berupa Equitas (modal sendiri), Debt (pinjaman atau hutang) atau mengadakan keputusan joint-ventures.


Download ppt "FEASIBILITY STUDY (FS) STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB) Disajikan oleh : Tim Dosen SKB, FE, UEU, Jakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google