Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DOSEN : AHMAD APANDI, ST PART 6. Memahami apa yang dimaksud dengan algoritma Memahami apa yang dimaksud dengan analisis algoritma Memahami kriteria algoritma.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DOSEN : AHMAD APANDI, ST PART 6. Memahami apa yang dimaksud dengan algoritma Memahami apa yang dimaksud dengan analisis algoritma Memahami kriteria algoritma."— Transcript presentasi:

1 DOSEN : AHMAD APANDI, ST PART 6

2 Memahami apa yang dimaksud dengan algoritma Memahami apa yang dimaksud dengan analisis algoritma Memahami kriteria algoritma yang baik

3 Algoritma adalah urutan langkah yang tepat dan pasti dalam memecahkan suatu masalah secara logis. Cara menyelesaikan suatu proses yang terdiri atas langkah-langkah yang terdefinisi dengan baik. Bisa dihitung (computable) atau bisa diukur(measurable) serta dapat menerima input dan menghasilkan output. Algoritma dapat dianalisis efisiensi dan kompleksitasnya.

4 Sebuah algoritma dikatakan BENAR (correct) jika algoritma tersebut berhasil mengeluarkan output yang benar untuk semua kemungkinan input. Penilaian algoritma didasarkan pada : 1. Waktu eksekusi. 2. Penggunaan memori/sumber daya. 3. Kesederhanaan dan kejelasan algoritma.

5 Langkah-langkah analisis algoritma adalah :  Menentukan jenis/sifat data input.  Mengidentifikasi abstract operation dari data input.  Mengenalisis secara matematis untuk menentukan best case, average case atau worst case-nya.

6 Faktor-faktor yang menyulitkan analisis algoritma adalah :  Implementasi instruksi oleh bahasa pemrograman yang berbeda.  Ketergantungan algoritma terhadap jenis data.  Ketidakjelasan algoritma yang diimplementasikan.

7 Analisis algoritma tidak mudah dilakukan secara pasti, maka hanya diambil :  Kondisi rata-rata (average case).  Kondisi Terbaik (best case).  Kondisi terburuk (worst case). Waktu eksekusi dipengaruhi oleh :  Jenis data input.  Jumlah data input.  Pemilihan instruksi bahasa pemrograman.

8  Besaran yang dipakai untuk menerangkan model abstrak pengukuran waktu/ruang  Ada dua macam kompleksitas algoritma, yaitu: kompleksitas waktu dan kompleksitas ruang.

9  Kompleksitas waktu, T(n), diukur dari jumlah tahapan komputasi yang dibutuhkan untuk menjalankan algoritma sebagai fungsi dari ukuran masukan n.  Kompleksitas ruang, S(n), diukur dari memori yang digunakan oleh struktur data yang terdapat di dalam algoritma sebagai fungsi dari ukuran masukan n.

10


Download ppt "DOSEN : AHMAD APANDI, ST PART 6. Memahami apa yang dimaksud dengan algoritma Memahami apa yang dimaksud dengan analisis algoritma Memahami kriteria algoritma."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google