Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGARUH PENAMBAHAN BIOTROL 120 KE DALAM PRECIPITATED CALCIUM CARBONAT (PCC) 70% TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI AEROBIK Ribu Surbakti Jurusan kimia FMIPA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGARUH PENAMBAHAN BIOTROL 120 KE DALAM PRECIPITATED CALCIUM CARBONAT (PCC) 70% TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI AEROBIK Ribu Surbakti Jurusan kimia FMIPA."— Transcript presentasi:

1 PENGARUH PENAMBAHAN BIOTROL 120 KE DALAM PRECIPITATED CALCIUM CARBONAT (PCC) 70% TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI AEROBIK Ribu Surbakti Jurusan kimia FMIPA UniversitasSumatera Utara

2 Ika Febriana Safitri ( ) Debora Kartikasari ( ) Taslikah ( ) Dwi Lestari ( ) Muhammad Zaki N. ( ) Alfia Dewi Masyitoh ( ) Novicha Imaninsa ( ) Syuaibatul Islamiyah ( ) Muhammad Nur ( ) Ahmad Junaydi ( )

3 PENDAHULUAN

4  Endapan kalsium karbonat atau precipitate calcium carbonate (PCC) sangat penting dalam produksi kertas dalam industri sebagai filler atau coated agent.  Produk yang sangat didambakan oleh mesin pembuat kertas (paling tidak saat ini) adalah suatu produk yang sangat khusus yang disebut MEGAFIL.  Produk PCC ini unjuk kerjanya sangat baik pada mesin kertas karena merupakan suatu filler yang sangat baik. Ini berarti bahwa mesin pembuat kertas dapat lebih banyak lagi menambahkan produk ini ke dalam kertas yang dihasilkan, sehingga memungkinkan mengurangi penggunaan bubur kayu (yang jauh lebih mahal) sementara kualitas kertas tetap dipertahankan baik.

5 Bahan dan Metode 1. Alat Oven, Vorteks, Autoklaf, Coulter Counter, Inkubator, Fermentor, Hot Plate.

6 2. Bahan  PCC 70% (Precipitated Calcium Carbonat) diperoleh dari industri kertas PT. Indah Kiat Pulp and Paper Corporation – Perawang – Pekan Baru  Biotrol 120  PCA (Plate Count Agar)  NA (Nutrien Agent)  Metanol  TSB (Trypticase Soy Broth) diperoleh dari E Merck

7 Persiapan Media Media PCA ditimbang sebanyak 20 g, dilarutkan dalam beaker glass berisi 1 liter aquadest. Dipanaskan di atas hot plate sampai larutan mendidih. Lalu dituang ke dalam tabung reaksi masing-masing 15 ml, ditutup dengan kapas lalu dibungkus dengan kertas. Kemudian disterilkan dalam Autoklaf pada suhu 121 o C, tekanan 1 atm selama 15 menit.

8 Persiapan Sampel Sebanyak 1 liter PCC 70% dimasukkan ke dalam alat fermentor modifikasi, ditambah Biotrol 120 dengan masing- masing konsentrasi 0.25, 0.30, 0.35, 0.40 dan 0.45%. Pada tiap perlakuan diaduk dengan stirer dan diinkubasi selama 7, 14, 21 dan 28 hari.

9 Penentuan Jumlah Bakteri dengan Metode Cawan Tuang Pada hari ke-7, dari setiap sampel diambil 1 ml, lalu dibuat pengenceran 10-1, 10-2, 10-3 dan selanjutnya sesuai keperluan. Kemudian dari tiap pengenceran ditanam ke media PCA dengan metode Cawan Tuang. Diinkubasi dan dihitung jumlah bakteri pada tiap pengenceran dan dicatat sebagai data. Lalu pengamatan diteruskan dan dilakukan penanaman pada media PCA pada hari ke-14, 21 dan 28.

10 Hasil dan Pembahasan

11 Kesimpulan Konsentrasi Biotrol 120 yang optimal untuk ditambahkan ke dalam PCC 70% guna mencegah pertumbuhan bakteri aerobik yang dapat merusak mutu dari PCC 70% tersebut sebagai bahan coating untuk pembuatan art paper adalah pada konsentrasi0.35% dan kombinasi perlakuan ulangan yang paling baik adalah pada Biotrol 120 dengan konsentrasi 0.35% (B3) dengan waktu fermentasi 3 minggu (L3)


Download ppt "PENGARUH PENAMBAHAN BIOTROL 120 KE DALAM PRECIPITATED CALCIUM CARBONAT (PCC) 70% TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI AEROBIK Ribu Surbakti Jurusan kimia FMIPA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google