Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fluktuasi suhu tanah behubunngan dengan waktu, kedalaman tanah, dan perubahan sumber energi. Berkas sinar matahari (radiasi surya) yang diterima permukaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fluktuasi suhu tanah behubunngan dengan waktu, kedalaman tanah, dan perubahan sumber energi. Berkas sinar matahari (radiasi surya) yang diterima permukaan."— Transcript presentasi:

1

2 Fluktuasi suhu tanah behubunngan dengan waktu, kedalaman tanah, dan perubahan sumber energi. Berkas sinar matahari (radiasi surya) yang diterima permukaan tanah --  sebagian direfleksikan kembali ke udara, dan sebagian diabsorbsi oleh tanah. Dari jumlah total radiasi matahari yang tersedia sampai bumi, ± 30 % direfleksikan kembali ke atmosfer, ± 19 % diabsorbsi oleh atmosfer, dan ± 47 % diabsorbsi oleh bumi. Radiasi matahari yang diserap oleh tanah, selanjutnya dirambatkan ke lapisan tanah yang lebih dalam secara konduksi Absorbsi energi surya dipengaruhi oleh : kandungan bahan organik kandungan dan jenis mineral

3 Temperatur tanah --  salah satu sifat fisika tanah yang sangat berpengaruh terhadap proses-proses dalam tanah, seperti pelapukan dan penguraian bahan organik dan bahan induk tanah, reaksi- reaksi kimia, dll. Juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman melalui perubahan kelembaban tanah, aerase, aktiivitas mikroorganisme, ketersediaan unsur hara, dll.

4 Tanah-tanah yang banyak kandungan bahan organik dan berwarna gelap akan mengabsorbsi 80 % radiasi surya yang masuk. Tanah-tanah yang banyak kandungan bahan organik dan berwarna gelap akan mengabsorbsi 80 % radiasi surya yang masuk. Tanah yang banyak mengandung kuarsa -  mengabsorbsi ± 30 5 radiasi surya yang masuk. Tanah yang banyak mengandung kuarsa -  mengabsorbsi ± 30 5 radiasi surya yang masuk.

5 Temperatur tanah lapisan atas selalu berubah- ubah selama 24 jam/hari Temperatur tanah lapisan atas selalu berubah- ubah selama 24 jam/hari Lapisan tanah atas sampai kedalaman 50 cm selalu berubah-ubah atau mengalami fluktuasi Lapisan tanah atas sampai kedalaman 50 cm selalu berubah-ubah atau mengalami fluktuasi Kedalaman > 50 cm sampai 1 meter tidak banyak mengalami perubahan temperatur. Kedalaman > 50 cm sampai 1 meter tidak banyak mengalami perubahan temperatur. Perubahan termperatur tanah -  tergantung pada banyaknya panas yang diterima dari matahari. Hal ni dipengaruhi oleh cuaca, bentuk daerah dan keadaan tanah Perubahan termperatur tanah -  tergantung pada banyaknya panas yang diterima dari matahari. Hal ni dipengaruhi oleh cuaca, bentuk daerah dan keadaan tanah

6 Faktor-faktor yang mempengaruhi suhu tanah : 1. Faktor iklim / cuaca radiasi surya radiasi surya Keawanan Keawanan Hujan Hujan suhu udara suhu udara angin angin kelembaban udara kelembaban udara

7 Faktor-faktor yang mempengaruhi suhu tanah : 2. Keadaan tanah  tekstur tanah  kadar air tanah  kandungan bahan organik  warna tanah  struktur tanah (pengolahan ddan kepadatan tanah)

8 Faktor-faktor yang mempengaruhi suhu tanah : 3. Kondisi topografi kemiringasn lereng arah lerreng tinggi permukaan tanah vegetasi

9 Peranan / pengaruh temperatur tanah 1.Temperatur tanah mempengaruhi aktivitas biologi tanah----  tidak optimal apabila suhu tertentu tidak dapat dipertahankan Tingkat aktivitas optimum dari organisme tanah adalah suhu 18 – 30 0 C Di bawah 10 0 C ---- menghambat perkembangan mikroorganisme dan menghambat pengambilan K oleh tanaman Di atas 40 0 C ---- mikroorganisme tidak aktif, kecuali mikroorganisme tertentu ( mo termophil).

10 Peranan / pengaruh temperatur tanah 2. Tempur tanah juga menentukan reaksi kimia dan aktivitas mikroorganisme yang dapat merombak senyawa tertentu menjadi hara tersedia. Mis : proses nitrifikasi ( temperatur optimum ± 30 0 C ) yaitu pada kondisi agak panas Mis : proses nitrifikasi ( temperatur optimum ± 30 0 C ) yaitu pada kondisi agak panas

11 Peranan / pengaruh temperatur tanah 3.Temperatur tanah juga mempengaruhi pelapukan bahan induk tanah 4.Temperatur tanah mempengaruhi perkembangan akar, karena mempengaruhi kelembaban dan aerase tanah 5.Temperatur tanah mempengaruhi pekecambahan biji dan pertunasan menjadi meningkat

12 Peranan / pengaruh temperatur tanah pertumbuhan tanaman tertentu (jenis berbeda) menghhendaki keadaan temperatur yang cocok.

13 Perubahan / fluktuasi suhu dapat diketahui melalui : Perubahan / fluktuasi suhu dapat diketahui melalui : - pengukuran suhu musiman bulanan - pengukuran suhu musiman bulanan - pengukuran suhu harian - pengukuran suhu harian Untuk penentuan regim temperatur umumnya pengukuran suhu dilakukan pada kedalaman 5, 10, 20, 50 dan 100 cm. Untuk penentuan regim temperatur umumnya pengukuran suhu dilakukan pada kedalaman 5, 10, 20, 50 dan 100 cm. Untuk tujuan pertanian dilakukan pengukuran suhu maksimum dan minimum. Untuk tujuan pertanian dilakukan pengukuran suhu maksimum dan minimum.

14 Regim Temperatur Tanah ---  Regim temperatur tanah RTTTRTTMP-RTTMDRTTMP Pergelik Cryik Frigid Isofrigid Boreal Mesik Isomesik Termik Isotermik Hipertermik Isohipertermik < 0 0 – 8 < 8 8 – – 22 > 22 > 5 < 5 > 5 <5 >5 < 5 > 5 < 5 Rendah > cryic

15 Regim Temperatur Tanah ---   Regim temperatur > penting dalam klasifikasi tanah  Di wilayah tropis, biasanya RTTMP – RTTMD ≤ 5 0 C ≤ 5 0 C  Di wilayah subtropis, RTTMP - RTTMD > 50 C

16 Mengendalikan Temperatur Tanah ==  1.Penambahan atau pengurangan air lebih dari tanah akan membantu mengubah temperatur tanah misal : membuat parit-parit draenase pemulsaan 2. Menutupi tanah dengan tanaman Sehingga mengurangi energi yang masuk, serta menahan temperatur tanah yang dikehendaki 3. Pemulsaan Mulsa organik mereduksi temperatur tanah Mulsa plastik meningkatkan temperatur tanah (iklim sedang)

17 Note : Guna mulsa --  Mengabsorbsi radiasi matahari Mengabsorbsi radiasi matahari mereduksi kehilangan panas dari tanah mereduksi kehilangan panas dari tanah Mereduksi evaporasi air dari permukaan tanah Mereduksi evaporasi air dari permukaan tanah Menjaga kelembaban tanah. Menjaga kelembaban tanah.

18 Hubungan suhu tanah denan suhu udara ==  Suhu udara tinggi  suhu tanah juga tinggi Menurut beberapa ahli ---  suhu tanah dapat diduga dari suhu udara Soil Survey Staff ---  menambah 1 º C terhadap suhu udara Ts = Ta + 1 º C Toy. Kuhaida dan Munson : Ts = ,986 Ta (di daerah tropis Amerika latin) New Hall : Ts = Ta + 2,5 º C ( di daerah tropis Afrika)

19

20

21

22


Download ppt "Fluktuasi suhu tanah behubunngan dengan waktu, kedalaman tanah, dan perubahan sumber energi. Berkas sinar matahari (radiasi surya) yang diterima permukaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google