Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PARADOX LEONTIEF (WASSILY LEONTIEF) LESSON 6-7. TEORI PARADOX LEONTIEF KEBALIKAN DARI TEORI H – O YANG MENYEBUTKAN BAHWA EKSPORT AS AKAN TERDIRI ATAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PARADOX LEONTIEF (WASSILY LEONTIEF) LESSON 6-7. TEORI PARADOX LEONTIEF KEBALIKAN DARI TEORI H – O YANG MENYEBUTKAN BAHWA EKSPORT AS AKAN TERDIRI ATAS."— Transcript presentasi:

1 PARADOX LEONTIEF (WASSILY LEONTIEF) LESSON 6-7

2 TEORI PARADOX LEONTIEF KEBALIKAN DARI TEORI H – O YANG MENYEBUTKAN BAHWA EKSPORT AS AKAN TERDIRI ATAS BARANG-BARANG YANG PADAT MODAL/KAPITAL (CAPITAL INTENSIVE) SEBALIKNYA IMPOR AKAN TERDIRI ATAS BARANG-BARANG YANG PADAT KARYA/TENAGA KERJA (LABOR INTENSIVE). SEDANGKAN MENURUT TEORI LEONTIEF BAHWA EKSPOR AS JUSTRU TERDIRI ATAS BARANG- BARANG PADAT KARYA (LABOR INTENSIVE) DAN IMPOR TERDIRI ATAS BARANG-BARANG PADAT MODAL (CAPITAL INTENSIVE).

3 SEBAB TERJADINYA PARADOX LEONTIEF 1.TARRIFF AND NON-TARRIF BARRIER 2.INTENSITAS FAKTOR PRODUKSI YANG BERBALIKAN (FACTORS INTENSITY REVERSALS) 3.PERBEDAAN DALAM SKILLS DAN HUMAN CAPITAL 4.PERBEDAAN DALAM FAKTOR SUMBER DAYA ALAM STRUKTUR EKSPOR DAN IMPOR BERDASARKAN KAPITAL DAN TENAGA KERJA TAHUN STRUKTUR EKSPOR - IMPOR KEBUTUHAN FAK. PRODUKSI EKSPOR $IMPOR $RASIO X/M STRUKTUR I – O (INPUT- OUTPUT) KAPITAL LABOR/THN RATIO CAP/LAB

4 TEORI OPPORTUNITY COST (G.HARBERLER) OPPORTUNITY COST DIGAMBARKAN SEBAGAI PRODUCTION POSSIBILITY CURVE (PPC) YANG MENUNJUKKAN KEMUNGKINAN KOMBINASI OUTPUT YANG DIHASILKAN SUATU NEGARA DENGAN SEJUMLAH FAKTOR PRODUKSI SECARA FULL EMPLOYMENT. DALAM HAL INI PPC YANG DIGUNAKAN ADALAH CONSTANT COST DAN INCREASING COST.

5 INDEFFERENCE CURVE (IC) DAN PPC CONSTANT COST NT MRT N/1T PRODUKSI SUATU NEGARA DAPAT MEMPRODUKSI BARANG N DAN T DENGAN KOMBINASI ATAU MRT YANG TETAP YAITU 8N =1T, SEHINGGA MEMPUNYAI PPC CONSTANT COST BERUPA GARIS LURUS NT

6 ANALISIS MANFAAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL (GAIN FROM TRADE) DENGAN PPC CONSTANT COST NEGARA X MEMILIKI PPC CONSTANT COST DENGAN KOMBINASI PRODUKSI 40 N ATAU 5 T ATAU MRT 8N = 1T. POLA KONSUMSI KONSUMEN DI NEGARA X BERADA PADA TITIK SINGGUNG ANTARA IC DAN PPC, YAITU TITIK A DENGAN KONSUMSI 8 UNIT BARANG N DAN 4 UNIT BARANG T. KARENA MRT ATAU DTDN BERLAKU 8N = 1T, MAKA UNTUK MEMPEROLEH 4 UNIT BARANG T HARUS DIKORBANKAN/DITUKAR KAN DENGAN 4 X 8N = 32N GAIN FROM TRADE DICAPAI PADA TITIK B KARENA LEBIH TINGGI DARI TITIK A, SEHINGGA KEPUASAN KONSUMEN DI NEGARA X TERCAPAI DI TITK B

7 INDEFFERENCE CURVE (IC) DAN PPC INCREASING COST 4N/1T 6N/1T 8N/1T 10N/1T 12N/1T MRT TN PRODUKSI

8 ANALISIS MANFAAT GAIN FROM TRADE DENGAN IC DAN PPC INCREASING COST


Download ppt "PARADOX LEONTIEF (WASSILY LEONTIEF) LESSON 6-7. TEORI PARADOX LEONTIEF KEBALIKAN DARI TEORI H – O YANG MENYEBUTKAN BAHWA EKSPORT AS AKAN TERDIRI ATAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google