Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen Data Kelompok 3 : Siti Indra Laeni11080400 Dian Cahya Utami11080549 Ely Rosnita 11080127 Titin Asih Ariyanti11087788 Siti khoirun Nisak11080186.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen Data Kelompok 3 : Siti Indra Laeni11080400 Dian Cahya Utami11080549 Ely Rosnita 11080127 Titin Asih Ariyanti11087788 Siti khoirun Nisak11080186."— Transcript presentasi:

1

2 Manajemen Data Kelompok 3 : Siti Indra Laeni Dian Cahya Utami Ely Rosnita Titin Asih Ariyanti Siti khoirun Nisak

3 Manajemen Data  Manajemen Data adalah rangkaian kegiatan yang kait-mengkait yang terdiri atas perencanaan/perancangan, penjaringan dan pengorganisasian, penggerakan/pemaknaan dan pencermatan/pengecekan (data penelitian) yang dilakukan untuk mencapai tujuan (penelitian).

4 Perencanaan Data  Manajemen data pada dasarnya merupakan kegiatan penelitian yang berkenaan dengan tahap awal pengolahan data.  Data kualitatif atau kuantitatif yang ditemukan dalam tahap penjaringan data perlu di klasifikasikan secara terencana.  Perencanaan itu menyangkut Bagaimana dan dalam satuan-satuan yang mana data itu di klasifikasikan.  Perencanaan yang tidak disusun secara menyeluruh dan lengkap sangat menyita waktu dalam melakukan analisis.

5 Pengorganisasian Data oSalah satu bentuk nyata dalam klasifikasi data penelitian adalah penomoran satuan- satuan data. oSetiap nomor data perlu mempertimbangkan aspek kebermaknaan setiap komponen kode yang ada dalam nomor satuan data itu. oRevisi yang dilakukan dalam pencatatan data ini juga merupakan tahapan yang tidak boleh lepas dari pencatatan.

6 Identifikasi data  Masalah penting yang berkenaan dengan manajemen data adalah aspek dari kelengkapan data.  Identitas data adalah semua informasi yang menyangkut komponen data.  Tahap analisis/pemaknaan dilakukan dengan lebih cepat jika identitas data telah tersedia secara lngkap.  Tolak ukur kelengkapan data adalah tercakupnya masalah dan tujuan penelitian pada data.

7 Pencermatan dan Pengecekan Data Organisasi data dan kelengkapan identitas data menjadi instrumen koreksi atau validasi secara bersamaan. Kekeliruan atau ketidaksahihan dapat ditemukan dengan sendirinya jika organisasi dan komponen data itu telah diolah sesuai dengan tujuan penelitian.

8 Pencermatan / Validasi Data Pemeriksaan kembali keaslian data (sumber, teknik penjarinagn/pemerolehan, identifikasi, kecermatan pengutipan,dsb) Lakukan reduksi data, yakni proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data “kasar” yang muncul dari catatan-catatan tertulis dilapangan.

9 Kegiatan Manajemen Data : Kegiatan manajemen data mencakup : 1.Pengumpulan Data Data yang diperlukan dikumpulkan dan dicatat dalam suatu formulir yang disebut dokumen sumber yang berfungsi sebagai input bagi system. 2.Integritas dan Pengujian Data tersebut diperiksa untuk meyakinkan konsistensi dan akurasinya berdasarkan suatu peraturan dan kendala yang telah ditentukan sebelumnya.

10 3.Penyimpanan Data disimpan pada suatu medium, seperti pita magnetic atau piringan magnetic. 4.Pemeliharaan Data baru ditambahkan, data yang ada diubah, dan data yang tidak lagi diperlukan dihapus agar sumberdaya data (berkas) tetap mutakhir. 5.Keamanan Data dijaga untuk mencegah penghancuran, kerusakan atau penyalahgunaan. 6.Organisasi Data disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai. 7.Pengambilan Data tersedia bagi pemakai.

11 TUJUAN “MANAJEMEN DATA” 1.Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu. 2.Mengembangkan dan mempertahankan satu sistem yang efisien untuk membuat, menyimpan, memanfaatkan, memelihara dan menempatkan informasi firma. 3.Melindungi kepentingan informasi firma, dan mendesain dan mengontrol standar yang efektif dan metode evaluasi periodik berkaitan dengan manajemen data, peralatan dan prosedur. 4. Membantu mendidik pegawai perusahaan dengan metode yang paling efektif untuk mengontrol dan mengolah data perusahaan

12 FUNGSI “MANAJEMEN DATA” Menciptakan basis data; Memelihara data yang tersimpan dalam basis data; Mengambil data dari basis data.

13 Pemuktahiran, Perubahan & Penambahan data Selenggarakan Database Panggil Dari database Data & informasi Yang dibutuhkan Ciptakan Data Base Tentukan data & nedia penyimpanan Berikan Kode Item data Susunan himpunan data Fungsi Manajemen Data

14 SASARAN “MANAJEMEN DATA” Sasaran yang paling penting adalah memastikan bahwa basis data mengandung data yang memadai dan relevan untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Data yang relevan harus diproses dan dismpan sera efisien, sehingga waktu pemrosesan dan ruang penyimpanan sesedikit mungkin

15 Relevensi Efisiensi Manajemen Data DataInformasi Aksesibilitas KeluwesanKecermatanKeamanan Keekonomisan Sasaran desain menyangkut manajemen data

16 Manfaat “MANAJEMEN DATA” Berdasarkan Komputer Dalam Sistem informasi berdasarakan komputer manajeman data menuntut prosedur formal yang harus secara ketat dipatuhi. Setiap langkah dalam penyimpanan, pemeliharaan dan pengambilan data harus diprogramkan secara cermat. Selain itu, perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan relatif mahal untuk dimiliki dan dirawat. Tetapi, sebagai balasan dari ketidaknyamanan dan biaya mahal ini, Manajemen Data berdasarkan komputer memungkinkan sebagian besar sasaran diatas untuk dicapai.

17 Tata Cara Pengumpulan Data Cara pengumpulan data: i) wawancara (bertanya langsung ke responden) ii) pengukuran (dg alat spt bb, tb, tek.darah) iii) pemeriksaan (dg alat spt serum darah, urine, garam, mata) Persiapan ke lapangan: surat ijin, surat tugas, kuesioner, alat, perlengkapan administrasi dll. Langkah di lapangan: kenali lokasi, pilih waktu yg tepat, hindari pengaruh orang ke-3 saat wawancara

18 Pengendalian Siklus Transaksi Dalam Proses Bisnis Produksi Fungsi-Fungsi umum dalam siklus produksi di perusahaan-perusahaan manufaktur adalah: Pengendalian Produksi Pengendalian Persediaan Akuntansi Biaya Akuntansi Properti / Kepemilikan

19 Pengendalian Produksi Berkas dan laporan Pengendalian produksi mencangkup perencanaan produk mana yang diproduksidan penjadwalan produksi untuk mencapai pemanfaatan sumberdaya secara optimal. Aliran-aliran transaksi Pengendalian persediaan Pengendalian persediaan dapat dicapai melalui sederetan catatan dan laporan persediaan yang menyajikan informasi seperti penggunaan persediaan, saldo prsediaan, tingkat minimal dan maksimal persediaan. Tujuannya adalah untuk meminimalkan total biaya persediaan, keputusan penting yang harus dibuat adalah besarnya kuantitas ekonomis setiap order pembelian yang disebut ekonomic order quantity (EOQ).

20 Produksi Just in Time (JIT) JIT adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sistem produksi dimana barang-barang yang di produksi hanya sesuai dengan kebutuhan operasi mendatang.

21 Sistem Manufaktur Tanggap-Cepat Komponen-komponen Sistem Manufaktur Tanggap-Cepat : Sistem Manufaktur Fisik 1. Computer-Aide Design and Drafting (CADD): merupakan pengggunaan perangkat lunak komputer untuk melaksanaakan fungsi-fungsi perekayasaan, dan secara prinsip ditujukan untuk meningkatkan produktifitas perekayasa rancangan. 2. Computer-Aide Manufacturing (CAM): Mencakup perangkat lunak untuk mengidentifikasikan proses manufactur, alat untuk meningkatkan produktifitas proses, sistem pendukung keputusan untuk membantu pengendalian dan pemonitoran proses. Sistem perencanaan sumberdaya manufaktur Manufacturing Resource Planning (MRP II) Sistem MRP II mencangkup sistem Perencanaan kebutuhan bahan (material requirements planning [MRP]) dan sistem-sistem lain yang berkaitaan, seperti penjualan, penagihan, dan pembelian. Tetapi sistem MRP merupakan pusat dari sistem MRP II.

22 Pemrosesan transaksi dalam sistem manufaktur Tanggap-Cepat  Perencanaan produksi perencanaan produksi mencangkup penetapan produk- produk mana yang akan diproduksi dan penjadwalan produksi untuk mengoptimalkan penggunaan sumberdaya produksi.

23 Produksi Pengendalian Persediaan Tagihan Bahan Pemasaran Daftar Kegiatan Operasi Induk Departemen Produksi Kunci Arus Data: 1.Ramalan Penjualan 2.Status Barang Jadi 3.Status Bahan Mentah 4.Laporan Ketersediaan faktor 5.Jadwal Produksi

24  Akuntansi biaya keluaran program akuntansi biaya mencangkup hal-hal berikut ini: File status produksi mutahir File order produksi selesai File penggunaan sumberdaya Laporan ikhtisar

25 File Status Produksi File Data Produksi Program-Program Akuntansi Biaya File Status Produksi dimutakhirkan File Order Produksi Selesai Ikhtisar Laporan File Penggunaan Sumberdaya Gambar Akuntansi biaya

26  Pelaporan laporan penggunaan sumber daya didistribusikan ke para penyelia departemen untuk membantu fungsi pengendalian produksi keseluruhan.

27 Activity-based Costing Activity-based Costing adalah sistem yang menghitung sejumlah tarif overhaed satu untuk setiap aktivitas manufatur dan menggunakan tarif-tarif untuk membuat biaya produksi dari baiya-biaya aktivitas-aktivitas spesifik yang dilakukan selama produksi. CIM Mengubah Pola Perilaku Biaya CIM secara signifikan, mempengaruhi perilaku biaya pabrik dengan subtitusi peran tenaga kerja langsung dengan peralatan-peralatan (aktiva) modal.

28


Download ppt "Manajemen Data Kelompok 3 : Siti Indra Laeni11080400 Dian Cahya Utami11080549 Ely Rosnita 11080127 Titin Asih Ariyanti11087788 Siti khoirun Nisak11080186."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google