Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rangkaian Kombinasional COMPARATOR. Rangkaian Komparator Salah satu jenis penerapan rangkaian kombinasional yang mempunyai fungsi utama membandingkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rangkaian Kombinasional COMPARATOR. Rangkaian Komparator Salah satu jenis penerapan rangkaian kombinasional yang mempunyai fungsi utama membandingkan."— Transcript presentasi:

1 Rangkaian Kombinasional COMPARATOR

2 Rangkaian Komparator Salah satu jenis penerapan rangkaian kombinasional yang mempunyai fungsi utama membandingkan dua data digital. Hasil pembandingannya yaitu, sama, lebih kecil, atau lebih besar. Dari dua data digital yang hanya terdiri dari 1 bit yang dibandingkan, kemudian dapat diperluas menjadi dua data digital yang terdiri dari lebih dari 1 bit seperti dua bit, tiga bit, dst. Komparator banyak digunakan misalnya pada mesin penyeleksi surat, baik ukuran dimensinya, berat surat, kode area (berdasarkan bar-code).

3 Gambar Rangkaian Gambar rangkaian komparator 1-bit

4 Komparator untuk Dua Bit Data Sistem pembanding ini mempunyai 2 Input A dan B yang masing-masing terdiri dari 2 bit dan 3 output yang masing-masing terdiri dari 1 bit untuk menunjukkan hasil perbandingan tersebut yaitu, A>B, AB akan bernilai ‘1’ apabila nilai A lebih besar dari B. Demikian juga halnya dengan output A

5 Diagram Blok Komparator 2 Bit

6 Tabel Kebenaran

7 Persamaan Sistem ini akan mempunyai 3 persamaan logika karena adanya 3 output. Perlu adanya penyederhanaan dan persamaan logika yang di peroleh untuk output-output A > B, A < B, dan A = B.

8 Penyederhanaan dengan K-Map Persamaan logika untuk A > B

9 Persamaan logika untuk A < B

10 Persamaan logika untuk A = B


Download ppt "Rangkaian Kombinasional COMPARATOR. Rangkaian Komparator Salah satu jenis penerapan rangkaian kombinasional yang mempunyai fungsi utama membandingkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google