Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOTIFASI KONSEP KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DIRI Oleh : Frinando ( Ketua Umum HMI Cabang Padang )

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOTIFASI KONSEP KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DIRI Oleh : Frinando ( Ketua Umum HMI Cabang Padang )"— Transcript presentasi:

1 MOTIFASI KONSEP KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DIRI Oleh : Frinando ( Ketua Umum HMI Cabang Padang )

2 Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang.

3  pemimpin publik harus mengenali secara tepat dan utuh baik mengenai dirinya mau pun mengenai kondisi dan aspirasi masyarakat atau orang-orang yang dipimpinnya, perkembangan dan permasalahan lingkungan stratejik yang dihadapi dalam berbagai bidang kehidupan utamanya dalam bidang yang digelutinya, serta paradigma dan sistem organisasi dan manajemen di mana ia berperan. Tanggung jawab pemimpin adalah memberikan jawaban secara arief, efektif, dan produktif atas berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi zamannya, yang dilakukan bersama dengan orang-orang yang dipimpinnya. Untuk itu setiap pemimpin perlu memenuhi kompetensi dan kualifikasi tertentu.

4 Q Leader Kepemimpinan Q dalam hal ini memiliki empat makna. 1. Q berarti kecerdasan atau intelligence (seperti dalam IQ – Kecerdasan Intelektual, EQ – Kecerdasan Emosional, dan SQ – Kecerdasan Spiritual). 2. Q Leader berarti kepemimpinan yang memiliki quality, baik dari aspek visioner maupun aspek manajerial. 3. Q Leader berarti seorang pemimpin yang memiliki qi (dibaca ‘chi’ – bahasa Mandarin yang berarti energi kehidupan). 4. Q Leader seperti yang dipopulerkan oleh KH Abdullah Gymnastiar sebagai qolbu atau inner self.

5 Menjadi seorang pemimpin Q berarti menjadi seorang pemimpin yang selalu belajar dan bertumbuh senantiasa untuk mencapai tingkat atau kadar Q (intelligence – quality – qi — qolbu) yang lebih tinggi dalam upaya pencapaian misi dan tujuan organisasi maupun pencapaian makna kehidupan setiap pribadi seorang pemimpin.

6 Kepemimpinan Q dalam tiga aspek (3C) yaitu: 1.Perubahan karakter dari dalam diri (character change) 2.Visi yang jelas (clear vision) 3.Kemampuan atau kompetensi yang tinggi (competence)

7 Sikap disiplin yang tinggi untuk senantiasa bertumbuh, belajar dan berkembang baik secara internal (pengembangan kemampuan intrapersonal, kemampuan teknis, pengetahuan, dll) maupun dalam hubungannya dengan orang lain (pengembangan kemampuan interpersonal dan metoda kepemimpinan). Sikap disiplin yang tinggi untuk senantiasa bertumbuh, belajar dan berkembang baik secara internal (pengembangan kemampuan intrapersonal, kemampuan teknis, pengetahuan, dll) maupun dalam hubungannya dengan orang lain (pengembangan kemampuan interpersonal dan metoda kepemimpinan).

8 John Maxwell ”The only way that I can keep leading is to keep growing. The day I stop growing, somebody else takes the leadership baton. That is the way it always it.”

9 Satu-satunya cara agar saya tetap menjadi pemimpin adalah saya harus senantiasa bertumbuh. Ketika saya berhenti bertumbuh, orang lain akan mengambil alih kepemimpinan tersebut

10 HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG PADANG TERIMA KASIH


Download ppt "MOTIFASI KONSEP KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DIRI Oleh : Frinando ( Ketua Umum HMI Cabang Padang )"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google