Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Uji 2 Sampel Tidak Berpasangan Bag 4d (Uji Run Wald Wolfowitz) Mugi Wahidin, SKM, M.Epid Prodi Kesehatan Masyarakat Univ Esa Unggul.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Uji 2 Sampel Tidak Berpasangan Bag 4d (Uji Run Wald Wolfowitz) Mugi Wahidin, SKM, M.Epid Prodi Kesehatan Masyarakat Univ Esa Unggul."— Transcript presentasi:

1 Uji 2 Sampel Tidak Berpasangan Bag 4d (Uji Run Wald Wolfowitz) Mugi Wahidin, SKM, M.Epid Prodi Kesehatan Masyarakat Univ Esa Unggul

2 Pokok Bahasan Pengertian dan Penggunaan Uji Run Wald Wolfowitz Contoh Kasus Aplikasi SPSS

3 Macam Stat NPar Data berpasangan Data Tidak berpasangan Komparasi 2 sampel Komparasi > 2 sampel Asosiasi 1 sampel

4 Data ≠ berpasangan Uji X 2 k sampel Komparasi 2 sampel Komparasi > 2 sampel Uji Fisher Exact Uji Kruskall Wallis Nominal Ordinal Uji Mann U Whitney Uji Run Wald Wolfowitz Uji K-S

5 Pengertian dan Penggunaan Uji Run Wald Wolfowitz Untuk menguji apakah kedua sampel berasal dari populasi yang sama ataukah tidak (ada perbedaan rata-rata atau tidak) Data berskala ordinal Sangat sensitif terhadap perbedaan dalam 2 populasi seperti median, mean, varian,dll Uji ini akan mengurutkan nilai observasi secara bersama dari kecil ke besar  untuk menentukan banyaknya run Semakin banyak run  2 sampel berasal dari populasi yang sama

6 HITUNG MANUAL gunakan distribusi Z

7 Contoh Kasus Seorang dokter ingin membandingkan 2 metode yang berbeda dalam menyembuhkan ketergantungan narkoba pada pasiennya. Kelompok pasiennya dibagi menjadi 2. Yang ingin dibandingkan adalah nilai yang diperoleh 9 pasien dengan metode A dengan nilai yang diperoleh 21 pasien yang menggunakan metode B. Ujilah apakah ada perbedaan nilai yang menggunakan metode A dan dengan metode B dengan hasil nilai sebagai berikut: ( α =5%)

8 n1=9 n2 =21

9 BBBBBBAABBBBA BABBBBBABBBAAABBA Urutkan nilai dan hitung Run (r)  Ada 12 run (r)

10  / , 6 - 0, ,9354 z=-1,96 z     Hitung nilai z

11 KESIMPULAN Dengan hitung manual: Z hitung > Z tabel atau di dalam area penerimaan H0 (antara -1,96 sampai +1,96) : H0 gagal ditolak Z Hitung < Z tabel atau di luar area penerimaan z tabel : H0 tolak Dengan nilai p P < α (0,05): Ho ditolak P > < α (0,05): Ho gagal ditolak

12 Z hitung < (nilai Z distribusi normal) -0,935 < 1,96 (diantara -1,96 sampai 1,96)  Ho gagal ditolak (tidak ada perbedaan antara metode A dan metode B pada 2 kelompok pasien tsb)

13 Aplikasi SPSS Pilih Analyze  Nonparametric Tests  2-Independent Samples. pilikpada bagian wald wolfowitz) Test Variable list atau variable yang akan diuji. Karena disini yang akan diuji skor_metode, maka klik variable skor_metode, maka akan berpindah ke Test Variable List. Grouping Variable atau variable group. Karena variable pengelompokkan ada pada variable metode, sehingga variable metode berpindah ke Grouping Variable Klik pada Define Group, tampak di layar : ◦ Untuk Group1, isi dengan 0, yang berarti Grup 1 berisi tanda 0 atau “metode A” ◦ Untuk Group2, isi dengan 1, yang berarti Grup 2 berisi tanda 1 atau “metode B”

14 Pilihan Option diabaikan saja Klik OK untuk mengakhiri pengisian prosedur analisis. Lihat nilai p (p value pada baris Exact. Sig 1- tailed) Jika p value < 0,05  Ho ditolak (ada perbedaan…. atau kedua populasi tidak identik atau berbeda dalam hal...)

15 OUTPUT SPSS Z = -490 x 2 = 0,98 P = 0,301 x 2 = 0,602 H0 gagal ditolak (diterima), tidak ada perbedaan nilai antara metode A dan metode B)

16


Download ppt "Uji 2 Sampel Tidak Berpasangan Bag 4d (Uji Run Wald Wolfowitz) Mugi Wahidin, SKM, M.Epid Prodi Kesehatan Masyarakat Univ Esa Unggul."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google