Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Paket Sejumlah kelas yang terkait pada java biasa dikelompokkan dalam sebuah unit yang disebut paket ( package). Salah satu kelebihan paket.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Paket Sejumlah kelas yang terkait pada java biasa dikelompokkan dalam sebuah unit yang disebut paket ( package). Salah satu kelebihan paket."— Transcript presentasi:

1

2 Pengantar Paket Sejumlah kelas yang terkait pada java biasa dikelompokkan dalam sebuah unit yang disebut paket ( package). Salah satu kelebihan paket adalah memungkinkan penentu akses bawaan (tampa penyebutan private, public, atau protected) pada variabel dan metode sehingga variabel dan metode tersebut dapat diakses oleh semua kelas yang terletak pada suatu paket.

3 Mendeklarasikan Paket Untuk mempraktekkan pembuatan paket, buatlah subdirektori dengan nama kelasku di bawah direktori bab 12. selanjutnya pada subdirektori kelasku tersebut buatlah program berikut:

4 Program: Alif.java // Berkas : Alif.java Package kelasku; Public class Alif{ public void info(){ System.out.println ( “Kelas Alif”); }

5 Program : Bata.java // Berkas : Bata.java Package kelasku; Public class Bata{ public void info(){ System.out.println(“Kelas Bata”) }

6 Cont’d Pada kedua contoh diatas, package kelasku; menyatakan bahwa kelas berikutnya (baik Alif maupun Bata) disatukan dalam sebuah paket bernama kelasku. Selanjutnya masing – masing kelas mendeklarasikan secara publik. Perlu diketahui, interpreter java hanya bisa mengenali kelas yang di deklarasikan secara publik. Dan pada java, semua.class yang terletak dalam suatu direktori dengan sendirinya membentuk sebuah paket yang tidak bernama.

7 Gambaran Paket Berkas: Alif.java Package kelasku; Public class Alif{ - } Berlas: Bata.java Package kelasku; Public class Bata{ - } Paket kelasku Berkas: Alif.class Bytecode Berkas: Bata.class Bytecode Kompilasi

8 Menggunakan Import Pernyataan import merupakan mekanisme dalam program untuk mengakses kelas yang terdapat dalam suatu paket. Bentuk pernyataan ini: Sekarang marilah kita mencoba paket yang telah anda buat di depan. Pastikan bahwa anda telah mengkopilasi kedua program java Alif.java dan Bata.java. Program berikut perlu anda simpan pada direktori bab12 dan subdirektori kelasku. Inport nama_paket.nama.berkas;

9 Program: TesPaket.java // Berkas: TesPaket.java Import kelasku.Alif; Import kelasku.Bata; Public class TesPaket{ public static void main(String[]args){ Alif obj1= new Alif(); obj1.info(); Bata obj2= new Bata(); obj2.info(); }

10 Cont’d Pada program di depan, Import kelasku.Alif; Import kelasku.Bata; Memberitahukan bahwa anda hendak menggunakan kelas alif dan kelas bata yang terdapat pada paket kelasku. Tampa pemberitahuan seperti di atas, java tidak bisa menemukan letak kedua kelas tersebut.

11 Jika anda telah menkompilasi program didepan dan kemudian menjalankannya. Akan diperoleh hasil seperti berikut:

12 Cont’d Adakalanya anda menjumpai bentuk pengimport semacam berikut: Import nama_paket.*; Tanda wildcard * menyatakan semua kelas pada paket nama_paket Contoh: Import java.io.*; Berarti semua kelas yang berada pada paket java.io.

13 TERIMA KASIH


Download ppt "Pengantar Paket Sejumlah kelas yang terkait pada java biasa dikelompokkan dalam sebuah unit yang disebut paket ( package). Salah satu kelebihan paket."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google