Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMULAI DAN MENGAKHIRI UNIX Untuk masuk ke dalam sistem UNIX kita harus melalui proses login,yang akan memeriksa apakah kita diijinkan masuk ke dalam sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMULAI DAN MENGAKHIRI UNIX Untuk masuk ke dalam sistem UNIX kita harus melalui proses login,yang akan memeriksa apakah kita diijinkan masuk ke dalam sistem."— Transcript presentasi:

1 MEMULAI DAN MENGAKHIRI UNIX Untuk masuk ke dalam sistem UNIX kita harus melalui proses login,yang akan memeriksa apakah kita diijinkan masuk ke dalam sistem. Proses pemeriksaan dilakukan oleh sistem dengan cara memeriksa nama pemakai dan password yang kita masukkan ke dalam sistem. Untuk keluar dari sistem, kita juga harus melakukan suatu proses yang disebut dengan proses logout. Ada tiga cara untuk keluar dari sistem UNIX yaitu: XExit X^D XLogout

2 FORMAT UMUM PERINTAH UNIX Format umum yang diterima oleh shell adalah sebagai berikut: nama-program argumen-argumen nama-program argumen-argumen Perintah-perintah tersebut pada umumnya memiliki argumen. Argumen -argumen memiliki bentuk berupa: 2Pilihan (option) Pada umumnya pilihan di awali oleh tanda pilihan,misalnya tanda minus '-'. Beberapa perintah mengijinkan penggabungan pilihan sekaligus dalam sebuah tanda pilihan. Disamping tanda pilihan minus, sering juga digunakan tanda pilihan plus '+' atau bahkan tanpa tanda pilihan. Pilihan dapat memiliki argumen. 2Ekspresi Merupakan kumpulan aturan yang mengatur masukan untuk perintah. 2Namafile Namafile adalah nama dari file yang akan dimanipulasi.Pada umumnya file yang akan dimanipulasi oleh perintah dapat lebih dari satu.

3 KARAKTER DAN TOMBOL KHUSUS UNIX Berikut ini adalah bentuk dari karakter khusus dan fungsinya: “…” Mencegah tindakan karakter khusus dalam untaian karakter yang “…” Mencegah tindakan karakter khusus dalam untaian karakter yang disertakan, tetapi memperbolehkan karakter khusus untuk ekspansi variabel dan perintah bekerja. $ Menyebabkan substitusi variabel shell. $ Menyebabkan substitusi variabel shell. & proses latar belakang. & proses latar belakang. ‘…’ Mencegah karakter khusus yang ada dalam untaian karakter yang disertakan. ‘…’ Mencegah karakter khusus yang ada dalam untaian karakter yang disertakan. () Memberi daftar perintah untuk dikerjakan sebagai proses ter pisah. () Memberi daftar perintah untuk dikerjakan sebagai proses ter pisah. * karakter yang dapat mencocokkan dengan untaian karakter apa saja. * karakter yang dapat mencocokkan dengan untaian karakter apa saja. - menunjukkan tanda pilihan dari perintah yang menyertainya. - menunjukkan tanda pilihan dari perintah yang menyertainya. / memisahkan bagian dari nama jalurnya direktorinya. / memisahkan bagian dari nama jalurnya direktorinya. : memisahkan harga untaian karakterpada saat membuat sebuah variabel shellmenjadi lebih dari satu untaian karakter. : memisahkan harga untaian karakterpada saat membuat sebuah variabel shellmenjadi lebih dari satu untaian karakter. ; memisahkan beberapa perintah dalam satu baris. ; memisahkan beberapa perintah dalam satu baris.

4 ;; delimiter pada perintah case. ;; delimiter pada perintah case. < masukan standar. < masukan standar. > keluaran standar. > keluaran standar. ? karakter yang dapat mencocokkan dengan karakter tunggal apa saja. ? karakter yang dapat mencocokkan dengan karakter tunggal apa saja. […] mengelompokkan karakter untuk pencocokkan. […] mengelompokkan karakter untuk pencocokkan. \ mencegah karakter khusus yang mengikutinya. \ mencegah karakter khusus yang mengikutinya. {} mengelompokkan daftar perintah. {} mengelompokkan daftar perintah. | membentuk pipa antar perintah. | membentuk pipa antar perintah. Disamping karakter khusus, terdapat pula beberapa tombol yang memi liki makna tertentu. Berikut ini adalah tombol khusus dan fungsinya: intr artinya gagalkan operasi tombolnya Del(Delete). intr artinya gagalkan operasi tombolnya Del(Delete). Quit artinya gagalkan dengan core dump tombolnya ^\(Ctrl-\). Quit artinya gagalkan dengan core dump tombolnya ^\(Ctrl-\). Erase artinya hapus dengan backspace tombolnya ^H (Backspace). Erase artinya hapus dengan backspace tombolnya ^H (Backspace). Kill artinya hapus baris tombolnya ^U (Ctrl-U). Kill artinya hapus baris tombolnya ^U (Ctrl-U). Eof artinya bangkitkan end-of-file tombolnya ^D (Ctrl-D). Eof artinya bangkitkan end-of-file tombolnya ^D (Ctrl-D). Eol artinya pilihan end-of-line tombolnya (NULL). Eol artinya pilihan end-of-line tombolnya (NULL). Swtch artinya job-control switch tombolnya (NULL). Swtch artinya job-control switch tombolnya (NULL).

5 PERINTAH - PERINTAH PADA UNIX K PWD GUNANYA MENCETAK DIREKTORI YANG SEDANG BEKERJA. K LS GUNANYA MELIHAT ISI DIREKTORI. K CD GUNANYA MENGUBAH ISI DIRE KTORI. K CAT UNTUK MELIHAT ISI FILE (TEKS SAJA). K MORE UNTUK MENAMPILKAN TEKS HALAMAN PER HALAMAN. K PG MENAMPILKAN ISI FILE KE LAYAR HALAMAN PER HALAMAN. K FILE UNTUK MENENTUKAN JENIS SUATU FILE. K CP UNTUK MENGCOPY FILE. K MV UNTUK MEMINDAHKAN ATAU MENGGANTI NAMA FILE DENGAN. K RM UNTUK MENGHAPUS FILE.

6 K MKDIR UNTUK MEMBUAT DIREKTORI. K RMDIR UNTUK MENGHAPUS DIREKTORI. K CHMOD UNTUK MENGUBAH MODE PERIJINAN


Download ppt "MEMULAI DAN MENGAKHIRI UNIX Untuk masuk ke dalam sistem UNIX kita harus melalui proses login,yang akan memeriksa apakah kita diijinkan masuk ke dalam sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google