Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengetahuan (Knowledge) : Definisi umum : fakta/ kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena adanya pengalaman.  Kategori Knowledge : Procedural.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengetahuan (Knowledge) : Definisi umum : fakta/ kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena adanya pengalaman.  Kategori Knowledge : Procedural."— Transcript presentasi:

1

2 Pengetahuan (Knowledge) : Definisi umum : fakta/ kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena adanya pengalaman.  Kategori Knowledge : Procedural Knowledge (Bagaimana melakukan sesuatu); Declarative Knowledge(Mengetahui sesuatu itu benar atau salah); Tacit Knowledge (Tidak dapat diungkapkan dengan bahasa)

3 Data yang masih kabur Hal yang paling potensial Data yang telah diproses Informasi yang sangat khusus Knowledge dan keahlian

4 DATA: Data adalah fakta, observasi atau persepsi (yang mungkin benar atau tidak benar). Data sendiri berupa angka mentah atau pernyataan yang mungkin belum memiliki konteks, arti atau maksud. Contoh-contoh yang termasuk data : (1) Seorang Sales meng-order 2 burger ukuran besar dan milkshake vanilla ukuran medium pada suatu restoran adalah data. (2) Pengamatan pelemparan satu mata uang yang menghasilkan angka.

5 Informasi adalah subset dari data, hanya mengandung data konteks, relevan dan mengandung tujuan. Informasi selalu melibatkan barisan data untuk memperoleh beberapa indikasi dari suatu pola/kecenderungan. Contoh : Bagi manajer restoran, kebiasaan sehari-hari penjualan (uang, kuantitas, atau persentasi penjualan harian) dari burger, vanilla milkshake atau produk lainnya. Karena itu manajer menggunakan informasi untuk membuat kesimpulan

6 Kesimpulan: Pengetahuan adalah data dan informasi yang digabung dengan kemampuan(aksi-aksi), intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari sumber yang kompeten. Contoh: menentukan jumlah harga barang yang dibeli customer. Bagaimana hubungan kuantitas barang antara pemesanan dan persediaan. dll

7 VALUE KNOWLEDGE ZEROLOWMEDIUMHIGHVERY HIGH DATA INFORMASI

8

9 Koran Iklan E-artikel Mailling list E-book Kartu Nama Majalah Manusia SUMBER PENGETAHUAN

10

11 Secara Subjektif Knowledge as a state of mind Knowledge as practice Secara Objektif Knowledge as an Object Knowledge as Access to information Knowledge as Capability

12 Finansial, infrastruktur, Teknologi, dll Knowledge GOAL Organisasi Pengetahuan

13 Entitas Organisasi Lokasi Pengetahuan Artifak Orang Kelompok Individu PraktikTeknologi Repositori Antar organisasi Jaringan Organisasi Unit Organisasi

14 Kekayaan intelektual adalah pengetahuan yang dapat dieksploitasi untuk tujuan tertentu. Tiga jenis Kekayaan intelektual : (1) Human capital : pengetahuan, keterampilan dan kapabilitas yang dimiliki masing-masing karyawan (2) Organizational capital : pengetahuan yang melembaga dan pengalaman yang telah dikodifikasi terletak dalam database, panduan, kultur, sistem, struktur dan proses. (3) Social capital : pengetahuan yang muncul dalam hubungan dan interaksi antar individu.

15 Meliputi hal-hal: 1. Kompetensi  keahlian-keahlian yang dibutuhkan untuk mencapai kinerja terbaik 2. Kapabilitas  keahlian strategis dibutuhkan untuk mengintegrasi dan menerapkan kompetensi 3. Teknologi  Kolaborasi perangkat dan metode dibutuhkan untuk menghasilkan habit/kebiasaan fisik tertentu

16 Mengatur suatu pengetahuan adalah suatu kebiasaan (habit). Ketika sebuah proses, keadaan dan aktivitas suatu bisnis para pelaku MP cenderung menggunakan suatu metode dalam menganalisanya. Dalam proses analisa terdapat siklus(aliran) pengetahuan (Knowledge flow).

17 ALAT PENGETAHUAN Dokumen Kertas Buku Percakapan Koran Papan Iklan Lukisan Imajinasi Apapun Yg mempunyai arti

18 Pengetahuan implicit / tacit adalah pengetahuan yang susah dijabarkan dengan kata-kata, apa yang ada di otak manusia susah untuk diucapkan di mulut. Misalnya gagasan,persepsi,wawasan,cara berfikir,keahlian, dll. Menurut Michael Polanyi, “Knowing more than saying” {mengetahui akan lebih dari pada yang diucapkan}. Contoh : apa rasa dari cappuccino Italia ? Bagaimana penampilan orang itu ? bagimana pemandangan gunung alpen ? bagaimana rasanya jatuh cinta?

19  Pengetahuan explicit adalah pengetahuan yang bisa dijabarkan dengan kata-kata, atau rumus dan langsung ditransfer secara lengkap kepada orang lain yang bisa saja didengar, dilihat, dirasa, disentuh. Contoh : buku, laporan, koran, lukisan dan lain-lain.

20 NOTE:  Semakin tacit sebuah pengetahuan, maka semakin berharga/bernilai pengetahuan tersebut.

21  Agent merupakan sebuah program kecil (modul) yang mempunyai kecerdasan buatan (AI) untuk mengambil suatu keputusan dan aksi tertentu.  Memaknai sebuah agent seperti GIGO (Garbage In Garbage Out) -- tanpa ada input yang berguna tidak akan menghasilkan sesuatu yang berguna pula.  Yang mengambil keputusan dan aksi adalah orang, organisasi, dan teknologi.

22 Untuk orang dan organisasi dengan menganalisa suatu pengetahuan, mengambil sisi baiknya, digabungkan dengan ide dan pengalaman masing- masing akan menjadi Pengetahuan Baru. Bagaimana dengan teknologi ? teknologi ini dikenal dengan sebutan agent. Agent terbagi 3 yaitu :  individual agent  automated agent  organizational agent

23  Individual yang dimaksud disini adalah manusia, yang pasti akan selalu ada dalam setiap aliran pengetahuan.  Manusia sudah tentu tidak memerlukan kecerdasan buatan, sebab dia sendiri adalah pusat hampir dari seluruh ilmu pengetahuan.  Agent ini mempunyai keterbatasan, waktu yang sempit, ingatan yang sudah mulai menumpul tetapi mempunyai jangkauan paling luas dalam aliran pengetahuan, selau eksis didalam aliran pengetahuan.

24  Adalah agent yang mempunyai kecerdasan buatan, yang memang sebisa mungkin dibuat semirip kecerdasan manusia.  Agent ini adalah suatu program kecil, contohnya rules atau filter pada yahoo. Program kecil yang mampu memfilter dari mana, siapa yang boleh masuk, siapa yang tidak boleh masuk, kemudian mengambil suatu aksi tertentu.  Contoh lain agent yang mampu mencari harga tiket pesawat terbang termurah dari Jakarta ke singapura dari seluruh tour dan travel di Jakarta. Inti dari agent ini adalah, kecerdasan buatan.

25  Agent ini akan ada jika ilmu yang ada tidak mampu melengkapi invidual agent dan automated agent.  Agent ini membutuhkan pengetahuan tacit, aturan lisan, dan budaya suatu lokasi.  agent ini adalah kumpulan dari individual agent.

26


Download ppt "Pengetahuan (Knowledge) : Definisi umum : fakta/ kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena adanya pengalaman.  Kategori Knowledge : Procedural."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google