Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIGITAL PUBLISHING – III LOGO Ratna Cahaya Rina. DEFINISI LOGO  Logo adalah aplikasi tunggal yang menjadi bagian aplikasi desain brand lainnya.  Logo.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIGITAL PUBLISHING – III LOGO Ratna Cahaya Rina. DEFINISI LOGO  Logo adalah aplikasi tunggal yang menjadi bagian aplikasi desain brand lainnya.  Logo."— Transcript presentasi:

1 DIGITAL PUBLISHING – III LOGO Ratna Cahaya Rina

2 DEFINISI LOGO  Logo adalah aplikasi tunggal yang menjadi bagian aplikasi desain brand lainnya.  Logo adalah signifier. Logo adalah identifier. Sebagai penanda, logo harus unik.

3 KATEGORI LOGO  Logotype (wordmark), logo berupa tipografi unik

4 KATEGORI LOGO  Lettermark, logo berupa inisial nama brand

5 KATEGORI LOGO  Symbol, representasi visual, piktorial, abstrak  Pictorial symbol, logo yang merefer pada orang, tempat, atau obyek

6 KATEGORI LOGO  Simbol abstrak, modifikasi, pengaturan ulang, distorsi tampilan natural

7 KATEGORI LOGO  Simbol non-obyektif, simbol yang tidak berkaitan dengan natural

8 KATEGORI LOGO  Ikon karakter, karakter yang mewakili personalitas brand

9 KATEGORI LOGO  Combination mark, kombinasi kata dan simbol

10 KATEGORI LOGO  Emblem, kombinasi kata dan visual yang tidak pernah terpisah

11 KATEGORI VISUALISASI  Bentuk dasar  penyederhanaan bentuk berupa garis atau bentuk datar, bisa berupa: Geometris, kurva terbuka dan tertutup, siluet

12 KATEGORI VISUALISASI  High-contras  Penggambaran dengan memanfaatkan terang gelap

13 KATEGORI VISUALISASI  Linear  Menggunakan garis sebagai elemen utama

14 KATEGORI VISUALISASI  Volumetric  Menggunakan bayangan untuk menghasilkan ilusi 3D, bisa berupa: Droplets, spiral, bevel, kesan animasi, bayangan, transparan, dll.

15 KATEGORI VISUALISASI  Tekstur atau pola  Menggunakan garis, cahaya, pola, tekstur, tone, arsiran, dot, smudges, dll. untuk membentuk: Kayu, ukiran (metal, kayu, es), cetak timbul, fabrik, kulit binatang, kawat, kesan clay, cap tangan, kulit, potongan kertas, sobekan kertas, goresan kuas. LOGO ZORAN DJINDJIC FUND

16 STRATEGI  Baca brief  Perhatikan kekuatan nama brand  apakah memiliki sinonim visual, apakah susunan hurufnya menarik  Tentukan satu kata yang mewakili mood brand  Buat batasan-batasa agar desain tetap dalam konteks  Buat mind mapping, lanjutkan dengan visual brief collage  Buat sketsa kecil dalam ukuran ± 2,5 x 1,5 cm  Analisis dan eliminasi sketsa yang keluar dari batasan  Refine sketsa yang terpilih dalam BW

17 Visual brief collage

18 PERTIMBANGAN WARNA  Pilih warna yang berbeda dengan kompetitor  Pilih warna yang sesuai dengan makna, konotasi dan simbol antar budaya  Gunakan warna untuk membangun makna  Gunakan variasi warna untuk logo yang berbeda dalam satu perusahaan untuk membedakan unit operasi yang diwakili  Gunakan warna yang konsisten pada antar media dan platform

19 PERTIMBANGAN TIPOGRAFI  Legibilitas  Unik  Berbeda dengan kompetitor  Dapat digunakan dalam warna BW  Mudah diimplementasikan  Relevan dengan yang diwakili

20 TIPS  Logo setidaknya memenuhi kriteria sbb.  Simple  Mudah diingat  Timeless  jangan ikuti tren  Versatile  dapat digunakan di berbagai aplikasi dan media. Karena itu, logo sebaiknya dibuat dalam format vektor Test apakah logo dapat tampil dalam satu warna, reverse color, ukuran kecil dan ukuran sangat besar  Sesuai dengan audiens-nya

21 HINDARI  Mengikuti trend  Menggunakan gambar raster  Menggunakan stock art  Mendesain untuk diri sendiri  Terlalu rumit  Menentukan warna terlalu awal  Pemilihan font yang tidak sesuai  Terlalu banyak menggunakan font  Meniru

22 ANALISIS LOGO INI

23 Aktivitas 1  Buat logo kota Tangerang  Logo harus sesuai dengan potensi dan pencitraan  Logo tidak hanya berupa typeface, tetapi harus memiliki ikon  Mulai proses dengan riset, brainstorming, konsep, sketsa, refine sketsa.

24 referensi

25

26 Terima Kasih!


Download ppt "DIGITAL PUBLISHING – III LOGO Ratna Cahaya Rina. DEFINISI LOGO  Logo adalah aplikasi tunggal yang menjadi bagian aplikasi desain brand lainnya.  Logo."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google