Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN C++ Part 2 Struktur Program. Bentuk Umum Program C++

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN C++ Part 2 Struktur Program. Bentuk Umum Program C++"— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN C++ Part 2 Struktur Program

2 Bentuk Umum Program C++

3 INCLUDE Adalah salah satu pengarah prepocessor directive yang tersedia pada C++. Preprocessor selalu dijalankan terlebih dahulu pada saat proses kompilasi terjadi. Bentuk umumnya : # include

4 INCLUDE Tidak diakhiri dengan tanda semicolon, karena bentuk tersebut bukanlah suatu bentuk pernyataan, tetapi merupakan prepocessor directive. Baris tersebut menginstrusikan kepada kompiler yang menyisipkan file lain dalam hal ini file yang berakhiran.h(file header) yaitu file yang berisi sebagai deklarasi contohnya:

5 File Header # include : diperlukan pada program yang melibatkan objek cout # include : diperlukan bila melibatkan clrscr(),yaitu perintah untuk membersihkan layar. # include : diperlukan bila melibatkan setw() yang bermanfaat untuk mengatur lebar dari suatu tampilan data. # include : diperlukan pada program yang menggunakan operasi sqrt () yang bermanfaat untuk operasi matematika kuadrat.

6 Fungsi Main( ) Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++. main adalah nama judul fungsi/method (metode)

7 Fungsi Komentar Komentar tidak pernah dicompile oleh compiler. Dalam C++ terdapat 2 jenis komentar, yaitu: Jenis 1 : /* Komentar anda diletakkan di dalam ini Bisa mengapit lebih dari satu baris */ Jenis 2 : // Komentar anda diletakkan disini ( hanya bisa perbaris )

8 Semicolon ; Tanda semicolon “ ; ” digunakan untuk mengakhiri sebuah pernyataan. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan sebuah tanda semicolon.

9 COUT<<“ “; Pernyataan cout merupakan sebuah objek di dalam C++, yang digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar output (cetak pada layar)

10 Latihan 1.Buatlah Program Seperti output berikut. 2.Copy seluruh baris program ke Microsoft Word, beri penjelasan setiap baris program. 3.Copy/Paste dan Capture/Screenshots kedalam Microsoft Word 4.Simpan file dengan Nama Anda.

11 Latihan

12 Referensi : headerclrscr-printf-getch-pada.html headerclrscr-printf-getch-pada.html main-clrscr-cout.html main-clrscr-cout.html INFO KOMPUTER c-part-i/


Download ppt "PENGENALAN C++ Part 2 Struktur Program. Bentuk Umum Program C++"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google