Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kesusastraan Zaman Pramodern (Zaman Edo)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kesusastraan Zaman Pramodern (Zaman Edo)"— Transcript presentasi:

1 Kesusastraan Zaman Pramodern (Zaman Edo)
Fitriana Puspita Dewi

2 Penyebaran Kesusastraan Rakyat
Ekonomi kuat & stabil Lahir kesusastraan rakyat Meluasnya pendidikan Pembaca bertambah Terbentuk percetakan Ilmu pengetahuan & sastra Menyebar ke seluruh lapisan masy.

3 Pembagian Zaman Kamigata (Kyoto)=> masa awal;
a.Masa pencerahan tahun Keicho s/d tahun kanbun ( ) b. Masa Perkembangan zaman Genroku ( ) b. Masa Kematangan tahun Bunka s/d tahun Bunsei ( ) a. Masa kebangkitan tahun An-Ei s/d tahun Tenmei ( ) Masa akhir ;

4 Sastrawan Terkenal Zaman Edo
Ihara Saikaku Penulis Novel Pertama Chikamatsu Monzaemon Penulis naskah Drama Matsuo Basho Penyair Haiku

5 Masa Perkembangan Sastra
Keicho-Kanbun Pencerahan Kanazooshi Haikai Joruri Perkembangan Genroku Ukiyoozooshi Kabuki Haikai (Bashoo) An Ei - Tenmei Kebangkitan Kusazooshi Sharebon Senryuu Kyooka Bunka-Bunsei Kematangan Yomihon Kokkeibon Ninjoobon Kangaku Kanshibun Kokugaku Waka

6 Jenis Sastra & Penulis Kelompok Sastra Jenis Sastra/Aliran Penulis
Novel Kanazooshi Asai Ryooi Ukiyoozoohi Ihara Saikaku Ejima Kiseki Kusazooshi Koikawa Harumachi Ryuutai Tanehiko Yomihon Ueda Akinari Tanizawa Bakin Sharebon Santoo Kyooden Ninjoobon Tamenaga Shunsui Kokkeibon Jippensha Ituku Shikitei Sanba

7 Kelompok Sastra Jenis Sastra/Aliran Penulis Drama Joruri Chikamatsu Monzaemon Kino Kaion Kabuki Tsuruya Nanboku Kawatake Mokuami Haikai Aliran Teimon Matsunaga Teitoku Aliran Danrin Nishiyama Sooin Aliran Bashoo Matsuo Bashoo Jaman Chuukooki Yosa Buson Jaman Kaseiki Kobayashi Issa Kelompok lain Senryuu & Kyooka Karai Senryuu Yamano Akara Kangaku & Kanshibun Itoo Jinsai Ogyuu Sorai Raisanyoo

8 Kelompok Sastra Jenis Sastra/Aliran Penulis Kokugaku & Waka Kamono Mabuchi Motoori Nobunaga Kagawa Kageki

9 DRAMA NINGYOU JORURI, KABUKI, RAKUGO

10 JORURI 人形浄瑠璃

11 人形 にんぎょう boneka 浄瑠璃 じょうるり Teks drama

12 Definisi Ningyou Joruri adalah drama boneka Jepang diiringi drama musik dari shamisen. Pada awalnya hanya cerita untuk didengar, setelah diberi boneka jadi sandiwara boneka Sejarahnya, pada permulaan tahun Keichoo (1600an) Boneka Joruri berkembang di Kyoto, tahun Kan-ei (1624) di Edo. Dulunya Joruri disebut kojoruri (joruri tua) bahannya diambil dari Koowaka dan Yookyoku (syair drama noh)

13 Penulis Takemoto Gidayu Chikamatsu Monzaemon Kino Kaion

14 Chikamatsu Monzaemon Chikamatsu sering disebut sbg Shakespeare-nya Jepang, ia menulis naskah drama Joruri & Kabuki. Ia telah menulis naskah kabuki sebanyak 40 judul & Joruri 114 judul. Jidaimono Ttg riwayat pahlawan & wanita cantik & sejarah sebenarnya secara romantis Sewamono Tentang masyarakat, kejadian sesungguhnya di kota dimana orang kota sbg tokoh utama

15 Karya Chikamatsu Monzaemon
Jidaimono Shussei Kagekiyo Goban Taiheiki Kokusenya Gassen Sewamono Sonezaki Shinjuu Meido no Hikyaku Shinjuu Ten no Amijima

16 Contoh kutipan Sonezaki Shinjuu (bunuh diri bersama di Sonezaki )
Kedua orang ini tidak lama lagi akan berpisah dengan dunia dan malam sebentar lagi akan berakhir. Nyawa keduanya setapak demi setapak bertambah singkat. Ketika itu terdengar lonceng pemberitahuan pukul tiga dari kuil. Rumput2, pohon2, dan langit tidak dapat dilihat untuk keduakalinya. Di waktu keduanya melihat langit terlihat ada sungai bintang-bintang dan adapula bintang Hokuto. Menurut dongeng, ada cerita ttg bintang laki-laki & bintang perempuan. Kedua bintang itu tidak bisa bertemu karena dihalangi oleh sungai bintang-bintang….

17 Konsep Joruri Bercerita diiringi musik biwa Musik shamisen
Dilengkapi boneka joruri

18 Istilah Joruri 人形 浄瑠璃 大阪 文楽

19 Unsur dalam bunraku - boneka berukuran setengah hingga 2/3 ukuran manusia biasa - seni gerak yang dilakukan para pemainnya - seni suara yang dilakukan oleh tayū - pengantar musik ritmik dengan iringan shamisen

20 Pappeteer/人形遣い Penggerak boneka dibutuhkan 3 pembantu dalang = ayatsurizukai 足を うごかします あしづかい(pembantu dalang bag. Kaki) おもづかい(pembantu dalang utama) あたまや かお、右手を うごかします 左手を うごかします ひだりづかい (pembantu dalang bag. Kiri)

21 Tayuu (narator) 1 orang yang membacakan jalan cerita dan membawakan suara berbagai peran

22 Shamisen 1 orang pemain shamisen, sebagai musik pengiring

23 Tayuu & Shamisen

24 Kepala Boneka (laki-laki)

25 Kepala Boneka (perempuan)

26 Kepala Boneka (yg lain)

27 Panggung Panggung tempat pertunjukan boneka, tempat pemain shamisen dan dalang Luasnya 90m persegi dengan panjang panggung hampir 10 meter Tempat pertunjukan boneka terdiri dari ruang tengah dan tesuri (utk memperlihatkan boneka ketika ditampilkan, seolah di atas tanah, tikar dll) DI bag. Kanan & kiri tempat keluar masuk boneka yang disebut agemaku

28 Panggung

29 KABUKI 歌舞伎

30 Unsur Kabuki 「歌」か うた lagu 「舞」ぶ おどり tarian 「伎」き 演技 narasi

31 Kabuki Kabuki lahir di masa Tokugawa (1603)
Muncul di kalangan pedagang dan orang2 biasa Mulanya pertunjukan tarian oleh seorang wanita, dicetuskan oleh Izumo no Okuni. Tapi karena mengarah ke praktek seksual, kabuki dilarang dan digantikan oleh pemain laki-laki (wakashu kabuki) tapi menjadi praktik homoseksual, lalu dilarang. Tahun 1653 diperbolehkan lagi asal mau memotong poni (maegami) dan dialog jadi unsur utama. Wakashu kabuki (remaja pria)-> yarokabuki(pria dewasa), kabuki akhirnya menjadi drama sesungguhnya dan lahir onnagata (peran wanita) 2 aliran Kabuki; Kamigata Kabuki di Kansai (kyoto, osaka) dan Edo Kabuki di Tokyo

32 Izumo no Okuni

33 Sejarah Onna Kabuki Wanita Wakashu Kabuki Remaja Laki2 Yaro Kabuki
Pria dewasa

34 Aktor terkenal zaman Genroku
Perkembangan kabuki Aktor terkenal zaman Genroku Ichikawa Danjuroo (samurai romantis) Sakata Toojuuroo(ttg realitas kehidupan masyarakat) Penulisnya Chikamatsu Monzaemon Pasca Genroku Penulis terkenal: Tsuruya Nanboku Nanboku mahir menulis ttg yang gaib, kekejaman, kepornoan “Tookaidoo Yotsuya Kaidan”(kisah seram di Tookaido Yotsuya) Akhir Edo Penulis terkenal: 1. Segawa Jookoo 2. Kawatake Shinshichi-> berisi tentang anjuran menjunjung nilai moral dan berlatar belakang kerusakan moral masyarakat zaman Edo akhir

35 Kyakuhon (Teks Lakon) Jidaikyogen : Cerita sebelum zaman Edo, misalnya dari zaman Heian, kamakura Sewakyogen : tentang masyarakat kehidupan rakyat zaman Edo Buyogeki : Tarian yang diiringi melodi gidayu (dalang) Kabuki Juhachiban : tentang tokoh2 samurai, lakon kabuki yang sangat populer Shinsaku Kabuki : Lakon yang ditulis setelah Zaman Meiji

36 Kostum

37 Make-up/Kumadori Digunakan pada peran penjahat atau peran utama, dan sering dilihat pada penampilan aragoto.

38

39 Pemain Kabuki Kabuki hanya dimainkan oleh laki-laki
Peran laki-laki:立ち役(たちやく) Peran wanita:女形(おんながた)

40

41

42 Tipe Cerita 『時代物』(じだいもの) A historical drama 『荒事』(あらごと) A fighting play
『世話物』(せわもの)Realistic, common people dramacc 『荒事』(あらごと) A fighting play 『和事』(わごと) Love play 『丸本』(まるほん) Plays originated in Bunraku

43 Panggung

44 Keterangan Panggung Hanamichi : lorong di antara tempat duduk penonton di sebelah kiri & kanan panggung. Yang permanen sebelah kiri, di sebelah kanan hanya sementara. Ketika aktor kabuki muncul di Hanamichi penonton akan berteriak memanggil aktor tsb dengan nama khusus yang disebut Yago (nama beken). => keunikan panggung kabuki karena ada hubungan istimewa antara penonton dan aktor Suppon adalah lubang segi empat pada hanamichi yang dapat ditarik ke atas dan ke bawah, untuk lakon manusia super seperti ninja, hantu, binatang jadi-jadian dsbnya Mawari Butai : bulatan besar di tengah panggung yang bisa berputar, untuk pertukaran adegan siang & malam Yuka : tempat duduk tayu dan pemetik shamisen Geza : Tempat alat-alat musik

45 歌舞伎舞台

46 引き幕(ひきまく) Layar Panggung Kabuki
歌舞伎座 Teater Kabuki  

47 落語Rakugo (Storytelling )
Rakugo mulai ada di pertengahan Edo. Rakugo berasal dari kata-kata Raku (ochiru, jatuh) dan go (kata). Merupakan humor yang disampaikan mengenai kehidupan sehari-hari orang kota. Rakugo dikategorikan menjadi Kamigata Rakugo (Kansai) dan Edo Rakugo (Tokyo) Kamigata Rakugo biasanya ditampilkan di jalan yang ramai untuk menarik perhatian agar orang-orang berhenti & mendengarkan.

48 Rakugo Salah satu ciri Kamigata Rakugo adalah penggunaan instrumen musik yang disebut Hamemono. Mengiringi keluar – masuknya narator (Debayashi),


Download ppt "Kesusastraan Zaman Pramodern (Zaman Edo)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google