Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANGAN ARSITEKTUR YANG FILOSOFIS TJ. FILSAFAT ARSITEKTUR FILSAFAT ARSITEKTUR PADA JAMAN YUNANI IDE RUANG DARI FILSUF ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT YANG MEMPENGARUHI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANGAN ARSITEKTUR YANG FILOSOFIS TJ. FILSAFAT ARSITEKTUR FILSAFAT ARSITEKTUR PADA JAMAN YUNANI IDE RUANG DARI FILSUF ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT YANG MEMPENGARUHI."— Transcript presentasi:

1 RANCANGAN ARSITEKTUR YANG FILOSOFIS TJ

2 FILSAFAT ARSITEKTUR FILSAFAT ARSITEKTUR PADA JAMAN YUNANI IDE RUANG DARI FILSUF ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT YANG MEMPENGARUHI ARSITEKTUR

3 Filsuf berbicara Arsitektur pada JAMAN YUNANI Phytagoras ( SM) Heraklietos ( SM) Empedokles (± 445 SM) Homeros (pujangga Yunani) Demokritos ( SM) Sokrates ( SM) Aristoteles ( SM)

4 PHYTAGORAS Ahli pikir luar biasa Semua bersumber pada bilangan Bilangan yang menentukan hubungan zat yang satu dengan yang lain. Keselarasan (harmoni) datang dari kesatuan sekian banyak bilangan unsur aneka rupa yang saling menyesuaikan diri.

5 HERAKLEITOS Harmoni justru datang dari perlawanan dan kontras. Hal-hal yang sama malahan tidak mendatangkan harmoni. –Ada yang lahir dan ada yang mati –Sisi kiri akan punya arti jika didampingi sisi kanan –Cara berjalan kita selaras jika kaki satu kita suruh maju dan yang lainnya di belakang. –Gelombang air laut terdiri dari : lengkung gunung air dan lengkung lembah air. Keserasian timbul oleh pancaran dua buah pola dari satu kenyataan yang teratur dan saling berlawanan Inti ajarannya : ayah dari segala ada adalah perselisihan

6 EMPEDOKLES Perselisihan positif tadi harus diartikan perselisihan yang pada hakikatnya tarik-menarik. Jadi perselisihan bukan sembarangan tapi ada unsur yang dari kodratnya satu perkara Harmoni atau keselarasan bukan hanya akibat suatu susunan benda tertentu atau hasil karya seniman, tetapi “suatu daya, kekuasaan, energi yang dari dalam benda atau peristiwa memiliki kemampuan untuk menampakkan benda-benda sehingga menjadi kenyataan” Penghayatan ontologisnya : –Watak, karakter, kepribadian, daya citra

7 HOMEROS Ciri indah menunjuk pada situasi menduduki tingkat sempurna. Arsitektur atau bangunan yang indah pada hakikatnya adalah sesuatu yang suci Keindahan bukan sifat yang ditambahkan pada benda sehingga menjadi benda indah, melainkan pencapaian ke-ada-an tingkat dewata, tahap kesempurnaan

8 DEMOKRITOS Bapak teori atom Semesta terdiri dari bagian-bagian yang paling kecil dan tidak terbelah lagi. Rupa dan sifat atom berlainan karena susunan atomnya juga berbeda. Keserasian atau segala keteraturan yang terdiri dari gugusan unsur-unsur atom yang mempunyai susunan dan yang memiliki struktur, dan struktur itulah yang menjadi sumber keselarasan. Yang terlalu banyak dan terlalu kurang tidak disukai (ekstrem) karena mempunyai struktur yang kurang baik Adanya struktur atau kebaikan hanya karena mereka dibatasi.

9 SOKRATES Semua organisme di dunia ini mempunyai kegunaannya masing- masing Hakikat keindahan adalah kegunaan Bentuk-bentuk yang benar dan jujur serta konsisten itulah yang benar-benar indah.

10 ARISTOTELES Tidak semua yang berguna berbentuk indah dan tidak semua yang indah berguna. Ada tiga hal yang saling melekat : –Yang berguna –Yang enak –Yang indah Enteleki (entelechia): suatu daya kekuatan dari dalam yang bagaikan benih menuju kedewasaannya dengan atau tanpa bantuan atau campur tangan luar, yang meraih ke pemenuhan tujuan dirinya. Aktivitas seni adalah campur tangan dari luar terhadap bahan materi. Jadi perpaduan dan perkembangan enteleki dari dalam segala hal dengan seni yang mengembangkannya dari luar itu yang menciptakan keindahan

11 IDE RUANG DARI FILSUF Filsafat dan ilmu pengetahuan Teori arsitektur perancis dan inggris sebelum lahirnya gerakan modern Teori arsitektur jerman Gerakan modern

12 IDE RUANG DALAM FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN LAO TZU- dari tiada menjadi ada PLATO – geometri terbatas jagad raya ARISTOTELES – teori tempat SUGER, THOMAS AQUINAS, AUGUSTINUS, WITELO – ruang ilahi : cahaya gothic COPERNICUS, GALILEI, DESCARTES, LOCKE, NEWTON, LEIBNIZ – ruang jagad raya yang tak terbatas KANT, HEGEL, SCHOPENHAUER – intuisi metafisik dan isi bentuk WEYL, JAMMER, LORENZ, EINSTEIN – fisika : kontinuum ruang-waktu

13 IDE RUANG ARSITEKTUR PERANCIS & INGGRIS De l’Orme, Blondel, Ledoux, Laugier, Boullée – akademi Perancis I : distribusi dan ide ruang Durand, Guadet, Viollet-le-Duc, Choisi – akademi Perancis II : denah, potongan dan proyeksi isometrik Ruksin : analogi dengan alam = arsitektur yang hidup

14 IDE RUANG ARSITEKTUR JERMAN SEMPERN – materialisme dan ketiga momen spatial VISHER, LIPPS – teori empati = masa HILDEBRAND – visi murni dan visi kinetik SCHMARSOW, RIEGL – pencipta ruang dan hasrat artistik WORRINGER – dari empati ke visi planar SITTE – abstraksi dan ketakutan terhadap ruang BRINCKMANN, SORGEL, SCHUMACHER – konkavitas dan konvektivitas : muka ganda ruang arsitektur FRANKL – morfologi ruang HOVER, KAROW, KLOPFER, ZUCKER, ADLER, FREY, JATZEN- teoritisi – teoritisi arsitektur generasi ketiga tahun 1920-an

15 IDE RUANG ARSITEKTUR MODERN Sullivan, van de Velde, Gropius, Wright – peranan ide-ide genetik materialis Berlage, Endell, Schincler, Scott – hasrat artistik ruang Nietzche, Poelzig, Marinetti, Sant’Elia, Wijdeveld, Steiner, Kohtz, Taut, Scheerbart, Spengler – ekspresionisme dan futurisme 1 = ide ruang faustian Mondelsohn, Taut, Hansen, de Fries, Finsterlin, Häring – ekspresionisme 2 = ruang organik dan geometrik Apollinaire, Glaizes & Metzinger, Ozenfant, Le Corbusier –Après le Cubisme : dari ruang empat dimensional menuju ruang tiga dimensional

16 Mondrian, van Doesburg, Kiesler, Serevini, Poincaré – De Stijl : bidang versus dimensi ke empat Malevich, Gabo, Lissitzky, Stam – Suprematisme rusia : ruang irasonal Gropius, Hilberseimer, van der Rohe, Moholy-NAgy – Sekolah Bauhaus : ilmu pengetahuan tentang ruang Wright – Wright dan dimensi ketiga

17 ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT YANG MEMPENGARUHI ARSITEKTUR DEKONSTRUKSI-nya Jacques Derride MODERNISME- René Descartes POSTMODERN- nya Jean Baudrillard POSTMODERN – Jean Paul Satre

18 RANCANGAN ARSITEKTUR FILOSOFIS Apakah rancangan arsitektur filosofis itu? Apakah semua rancangan yang mempunyai dasar filosofi yang tersirat yang disebut rancaangan arsitektur filosofis ? Apa saja kriteria yang dibutuhkan untuk membuat suatu bangunan yang filosofis Apakah bangunan filosofis mempunyai nilai estetika dan memenuhi kaidah arsitektural seperti dikatakan oleh Vitruvius (keindahan, kekuatan dan fungsi)?

19 Final Paper Presentasi Perbaikan paper Penataan kembali konsep dalam paper


Download ppt "RANCANGAN ARSITEKTUR YANG FILOSOFIS TJ. FILSAFAT ARSITEKTUR FILSAFAT ARSITEKTUR PADA JAMAN YUNANI IDE RUANG DARI FILSUF ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT YANG MEMPENGARUHI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google